06 Agustus 2009

Yang tertutup yang terabaikan

What is it?

Orang pemalu n introvert ?hooo bukan….

C mo bicara ttg rambut, yup makhota perempuan dan laki2, tp c mo explore ttg rambut yg tertutup deh atau rambut yg dijilbabin,pemakainya namaya apa dunk?hmm…jilbaber..hehehe ya iyalah..

Sbnrnya tulisan ni kynya basi deh, kan dah bnyk yg ngupas ttg ini, tp c pengen aja gitu, nguliknya dg paradigma c sndiri sbg s'org jilbaber, ehem..ehem.. :P

Ga dipungkiri, setelah banyak wanita2 yg memenuhi kewajibannya tuk menutupi auratnya yg satu itu, terkadang ada yg tdk lagi memperhatikan kondisi rambutnya, dg asumsi "ah biar ajalah begini, kan ga da yg liat juga, ngapain harus pny rambut yg cantik segala?", tp ada juga yg ttp memelihara spy ttp sehat dan indah.

Rambut ni juga salah satu bagian dari tubuh kita yg sensitive loh, kalo kondisi kulit kepala kita lagi jelek, dia dg mudah bakalan rapuh or rontok, walo kita notabenenya pny hormone estrogen yg bnyk hingga lbh lama tuk mengalami kebotakan drpd laki2(mrka lbh cpt botak kan…) tp klo ga di rawat, dia kan berguguran jg dg sukses.

Banyak yg ngeluh, stlh jilbaban rambutnya jd berketombe, rontok dan minyak berlebihan. Emang bener sih, kondisi tertutup yg bikin kulit kepala kita jd banyak ngeluarin keringat,trus bisa2 aja apek gitu klo kita jarang keramas (hii.. jgn sampe y). tapi kalo kita tau cara2 bwt mensiasatinya, insyAllah kejadian tu bs dihindari kok..stlh c searching di google, banyak saran2 tuk perawatan rambut ni :

  • Keramas yg teratur itu penting banged , kita harus ngilangin tumpukan kotoran yg nempel di kepala, apalagi yg dah bercampur dg keringat seharian, bwt yg jilbaber yg msh sekolah atau ngantornya pagi, keramasnya sore2 aja, coz kalo pagi2 rambutnya bisa2 belum kering pas mo pake jilbab,ga baik bgt tuh. Nah, jgn males2 bwt keramas, paling ngga 2kali sehari, bahkan udah ada shampoo yg bs dipake tiap hari, ga jd ngurangin kelembaban alami rambut loh..
  • Jangan nyisir rambut ketika masih basah, knp? Coz tu bisa bikin rambut tambah rontok, kondisi basah bikin rambut makin mudah terlepas dr folikelnya, kondisi rambut setengah basah cocoknya utk di kasih nutrisi rambut atau hair tonic (sebaiknya 2kali seminggu nih)
  • Jangan nguncir dg ikatan terlalu keras n pilih yg bukan dr karet, tp dr yg kain,coz tu ga akan terlalu menarik kuat akar2 rambut kita. Oh iya bwt yg jilbaber lg,setelah di kuncir, rambutnya boleh jg masukin ke baju(tp usahain ga nyentuh kulit punggung, dlm artian di atas daleman), coz banyak juga kejadian rambut para jilbaber yg masih menerawang keluar, masih bs diliat seberapa panjangnya tu rambut(gaswat nee), kan jdnya rambut kita belum tertutupi jg namanya,kalo masukin rambut jd bikin geli, iy jg sih, tp klo dah biasa ntar ga berasa aja tu, n kalo ngga pake jilbab yg 2 lapis aja, biar tebel, ga menerawang, tapi resikonya kulit kepala jadi tambah lemes, susah sirkulasi udaranya.
  • Ketika tidur, sebaiknya rambutnya di urai, kan kasian udah sesiangan dibekap lemes, pas tidur jg masih 'terbelenggu', hehehe tp tu rambut ga bakalan nangis kok( tapi pastikan dulu rambut kita ga lagi kondisi yg jelek, lepek, berminyaks, coz kalo ntar nyentuh wajah, yg jadi korban malah wajah kita yg jerawatan karna kesentuh rambut yg kotor itu)
  • Jangan sering garuk2 kepala! Ntar di sangkain monyet…hohoho bukan…kutuan?…hohoho bukan juga, ketombe yg bikin sering kepala gatel ni, jd dia hrs disingkirin dulu, trus knp kt ga boleh garuk2 kepala?kan bikin kulit kepala terkelupas, bisa berdarah trus 'bakada' deh, n then rambut jg bakal gugur dg mengenaskan
  • Jangan males nyisir… aduh ni penyakitnya yg jilbaban nih, pagi2 males nyisir, kan mau di tutup juga, kawan… rambut awut2an itu ga terjadi begitu aja, itu tu akumulasi dr kita yg males nyisir(kalo keseringan jg ga bole, bakal bikin rambut bercabang,krn kebanyakan gesekan). Bahkan rambut kita yg aslinya lurus, bakalan jd keriting ga jelas n mencuat kemana2 kalo jarang nyisir…ga mau kan?
  • Rambut juga perlu nutrisi, perlu masker juga, kalo kita ada waktu, sempetin jg hal yg satu ni, tp yg dari bahan alami akan lebih bagus, dan inget loh, nutrisi dr bahan alami ga Cuma dr lidah buaya aja, masih banyak yg laen, kamu bisa intip di sini. Kalo bwt para aktivis yg sibuk, mo make yg instan jg boleh, kan udah banyak yg jual, makenya abis keramas, selagi masih lemab, ntar hasilnya kita bakalan enak ngelus2nya, udah halus n wangi sih…

C rasa segitu aja deh bwt perawatannya, intinya kita ga boleh ngabaian kesehatan rambut kita, sebisanya ngeluangin waktu dikiiiit aja tuk rutin keramas n ngasih nutrisinya,toh ntar yg bakalan nyaman jg kita. Trus ada lagi nih, kan udah bikin rambut yg sehat, bikin rambut cantik perlu juga ga sih? Hummm.. ada yg bilang ga perlu, kan katanya ketutupan, tp bagi c rambut indah jg perlu lah,Allah itu indah dan mencintai keindahan,trus kan ga 24jam kita nutupin tu rambut, ntar ngeliat rambut yg modelnya ga jelas juntrungannya trus ujung2 bercabang kita bisa bikin bad mood jg

Ga ada salahnya kita bereksperimen ngegaya2in rambut, biar enak di liat aja sih, asal ga ngerubah fitrahnya aja, misal di warnain atau di rebonding atau di wave (dikeriting), jangan deh. Paling2 kita bisa ngatur dg selera kita, ga harus ke salon kok, contohnya bikin poni, kita bisa bikin sendiri, emangnya bagus pake poni tu? Kalo tipikal rambut lurus, bagus kok, bwt nutupin jidat yg gede(hahaha :D), bwt nutupin jerawat yg kadang timbul-tenggelam di jidat(ntar kalo lg ngaca kita jd ga keki lagi dg si jerawat yg dah ketutupan tu), buat ngurangi n efek chubby jg bisa loh, pake aja poni lempar ke kanan ato kiri,tepinya panjangin dikit(jangan coba2 pake poni tengah depan, bikin kamu tambah bulet!) tapi bagusnya mengguntingnya jgn dg gunting, coz nantinya jadi poni melon deh(ngerti kan…poni yg melendung itu loh), bagusnya dg silet (hah?? Kok bisa) bisa dunk, siletnya di arahin kebawah secara terarah, ntar hasilnya jd ada efek runcing2 gitu, cakep kok, tp bwt yg pake poni, harus rajin motong secara berkala, biar ga ngeganggu pandangan mata. Terus bwt rambutnya sendiri, ada yg bilang, perempuan tu sunnah klo rambutnya di panjangin, tp jgn sampe panjang2 banget, coz bakalan mudah rontok, percaya deh, kan bebannya makin bertambah trus nutrisinya harus ekstra tuk nyampe ujung, standar aja, kira2 60 cm lah, ntar bole jg di potong sesuai selera, mau segi atau petak jg terserah. Ntar tiap bulan harus ngontrol ujung2nya, kalo ada yg bercabang di potong aja dikit, bahasa minangnya 'dipapek', he3 kalo ga salah sih. Nah, bagi yg ga nahan gerah dg rambut panjang, potong pendek jg oke kayaknya, bisa dg mode petak biasa, atau petak box(yg depannya lebih panjang itu loh),bob asimetris jg cakep, asal jgn kependekan aja ya, ntar di sangkain cowok.. :P

Well, klo mau info2 yg lbh bgusnya ttg perawatan rambut, mending Tanya ke expert deh, coz jg ga punya basic ilmu ttg ini, he3…coba aja jalan-jalan ke page ini:

http://www.syahadat.com/artikel/1087-perawatan-rambut-berjilbab

http://perempuan.kompas.com/read/xml/2009/07/15/15183297/kesalahan-kesalahan.yang.merusak.rambut

http://perempuan.kompas.com/read/xml/2009/06/19/12152078/mitos-mitos.seputar.perawatan.rambut

http://perempuan.kompas.com/read/xml/2009/07/28/09590195/membersihkan.minyak.berlebih.pada.rambut.

so kalo rambut mu udah sehat dan indah, mahkota itu bakalan jd istimewa bgt apalagi jika ga di pamerin sembarangan, sesuatu mjd lbh ekslusif klo di jaga di tempat yang special..

2 komentar:

agen sbobet mengatakan...

cerita yang menarik,,,,mantap gan,,,,,,sukses buat blog nya ya gan

Gilbas Baba mengatakan...


Pertolongan Pertama Yang Benar Bagi Penderita Ayan

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget