28 Juni 2010

perpisahan

Monday, June 28, 2010, 12:39 am

Ya..ya..ya..pendapat itu benar

Terkadang kita bisa begitu cengeng jika berhadapan dengan perpisahan

Apalagi ini, kematian

Hati mana yang tak luluh dengan perpisahan panjang itu?


 

23 juni 2010, 01:25 am, beliau berpulang ke rahmatullah, beliau yang sangat ce cintai, ma'wo


 

Masa berduka sudah terlampau, sudahlah, hidup memang selalu berubah ce, hadapi itu.


 

Ya Allah, hamba tak sempat meminta maaf padanya pada saat2 terakhirnya, hanya mampu menghibur derita sakitnya. Ya Allah mohon ampun hamba atas semua salah yang hamba perbuat terhadap beliau, dan sampaikan permohonan maaf hamba..

25 Juni 2010

My lovely grandma, in memoriam

Thursday, June 24, 2010, 5:31 pm

Sedih ini tak terkatakan, ia menyesak ketika lagi2 teringat akan beliau, almarhumah Hj. Ramlah Binti Abdurrahman tuanku datuak, my lovely grandma.

Kata A. Fuadi di dalam novelnya Negeri 5 Menara, ketika kita kehilangan sesuatu yang selalu berada dikehidupan kita, kita seperti mengalami copot gigi, beberapa waktu selepas gigi itu copot, lidah akan selalu meraba-raba ditempat dimana ia biasa berada, terasa kehilangan kehadirannya, tapi bagi ce ngga sesederhana itu, lebih rasanya, kehilangan orang yang sangat ce cintai(dan mencintai ce juga) terasa separuh jiwa ini ikut pergi bersama kepergiannya (ah ya, sepertinya ce ga sanggup sering2 putus cinta, bikin nelangsa).

Ma'wo (nenek ce) itu, ah… tak cukup sejuta kata untuk mengungkapkan hal tentangnya, saking banyaknya detak kehidupan ce yang ce lalui bersama beliau, dari kecil, hingga kini 19 tahun.

Beliau yang sangat mencintai ce

Membelikan baju lebaran(tanpa ce minta), pernah beliau pergi ke pasar dan membelikan bahan dasar baju tapi ce tak suka,maka beliau balik lagi ke pasar dan menukarkannya dengan yang berwarna biru,kesukaan ce.

Beliau yang menghargai apa pun yang ce lakukan, masakan ce, beliaulah yang sering memuji, nilai 9 di raport, beliau beli satu persatu, pernah di kelas 5 SD ce girang sekali mendapatkan hampir semua nilai di raport ce bernilai 9, maka itu artinya ma'wo akan 'membeli' banyak angka2 tersebut.

Beliau yang menghargai piala juara 1 pertama ce dengan langsung membawanya ke toko sebelah dan memberi kotak kaca untuk piala itu, padahal itu Cuma juara se kota/kabupaten, harga piala itu pun tak sebanding dengan kaca yang dibingkaikan.

Ces..ces..ces.. air mata ce semakin deras mengucur, ketika teringat ucapan-ucapan beliau :

" santiang cucu amak ko, alah pandai mamasak, gulainyo lamak, randangnyo lamak, dendengnyo lamak, bialah panek sudah dari padang, bakuek an jo ka dapua lai, anak urang ndak gai takah iko doh"

"oo.. sayang.., ulang tahun ce? Pai wak ka balakang lah, ka kadai ameh, piliah lah dek ce ma yang katuju" (laptop yang memediasi ce menulis saat ini pun hasil dari tabungan ce dan dilebur dengan cincin yang dibelikan ma'wo, oh, akan ce rawat baik2)

"baa ujian tadi? Lai dapek? Yo.. lai ma'wo do'a an"

"ce…., amak ado sate ko ha, makanlah dulu, tingga an saketek untuak amak"

"iko pak towok tadi maagiah nasi goreng, ado saketek lai untuak ice"

"oo sayang, cucu amak, imaik2 lah iduik tu, sansai wak iduik kalau ndak ado ndak bapacik, ijan baturuik an karandak paruik se, awak indak urang barado"

"puaso senin-kamis ce kini? A bali pabukoan? Ndeh.. amak nio lo subananyo puaso, tapi ndak talok dek badan lai"

"kawananlah amak lalok di bawah, surang se amak lalok" (hari jum'at malam kemaren, itulah malam terakhir ce menemani ma'wo tidur, ya Allah.., sekarang siapa lagi yang bisa menemaninya tidur ditanah sana?hanya binatang2 kecil yang tak bisa diajak ngobrol sebelum tidur… ya Allah, lapangkanlah kuburnya, berilah ia nikmat kubr, bukan azab kubur)


 

Ce rasa, ce ga sanggup tidur lagi di kamar ma'wo tanpa berlinangan air mata. Di sana ce pernah memeluk ia sayang, ketika ia sedang berbagi keluhkesah, cerita sehariannya dengan ce, maka ce peluk ia erat dan bilang ;

"alah tu ma'wo, ijan dipikiaan jo banyak masalah, kini lalok se lah lai, ce ado mangawanan ma'wo di siko", sungguh….ce ingin mengulangi episode itu lagi.

Ma'wo selalu memikirkan banyak masalah, tak hanya masalah pribadinya, tapi juga bagaimana memecahkan masalah orang lain, maka banyak orang yang sayang padanya, karna ia mendedikasikan dirinya untuk orang banyak.


 

Ketika di ambulan, di hadapan jenazah beliau ce sudah melepaskan segala emosi, berusaha untuk mengikhlaskan kepergiannya, baiklah kesedihan harus diakhiri, Allah lebih menyayanginya, waktunya bersama kami sudah habis, dan beliau akan menunggu kami di surga sana, untuk reuni kembali, semoga Allah mengabulkan..

Tapi, Seharian tadi, entah berapa kali mata ini memanas. Ketika pulang kuliah dan sampai di rumah, ngga ada lagi ma'wo yang duduk di depan kedai yang menyambut ce dengan jawaban salam dan ciuman hangat di pipi kiri dan kanan, pun ketika ce melongokkan kepala ke kamarnya, ma'wo juga tak ada…, di cari kemana2 pun ma'wo ngga ada. Lalu ce pun mencari nasi di tempat biasa, namun tak ada sapaan biasa dari ma'wo yang nanyain;

"ndeh… lapa bana cucu amak ko, alun makan ce lai? Itu ado samba saketek di bawah tuduang, makanlah, latak an lah tas tu dulu, barek."

Tsah… baju ce udah basah dengan air mata..


 

Ma'wo, baru sehari kita berpisah, ce udah kangen….

Lagi ngapain ma'wo di sana?

Pasti ma'wo sedang tersenyum senang, ma'wo dapat menjawab semua pertanyaan mungkar-nangkir, lalu ma'wo pun senang karna memikirkan akan bertemu dengan ba'wo, jo piki, uniang, buya, mak uniang, anak2 ma'wo yang telah mendahui ma'wo…

Hmm… baguslah… ^_^, ma'wo udah bahagia kan di keabadian sana

Kami di sini juga harus menyambung hidup, menjalani kehidupan fana ini sebaik-baiknya, ngumpulin bekal, biar ntar bisa juga ngumpul lagi sama ma'wo, di jannahNya sana.. amin..

Kami akan selalu mendo'akanmu… sebab kami mencintaimu karnaNya


 

24 Juni 2010

Run ce, RUN! Life saving!

Wednesday, June 23, 2010, 5:02 pm

Nenek ce senin sore kemaren pingsan atau lebih tepatnya terlumpuhkan oleh stroke.

Entah ce sanggup menuliskannya kejadian yang terasa sangat cepat terjadi itu kembali atau ga, yang jelas ce tetep pengen peristiwa penting dalam hidup ce ni terekam baik, tak hanya tertimpuk oleh serbuan persoalan lainnya dimasa mendatang. So harus ce tulis, walau yah.. akan membuat si sedih itu semakin akrab dengan ce sekarang.


 

Berita yang dibawa oleh kak putri (karna ponsel ce mati, ya..ya..ya disaat yang penting dia begitu) membuat ce sedikit cemas,

"ce, kakak ce nelfon, nenek sakit, cepet pulang"

Ce agak kaget, karna tumben harus di suruh pulang, biasanya ma'wo (nenek) jarang sakit, beliau nenek2 86tahun yang masih kuat berjalan, memasak nasi, belanja ke pasar, masa dengan sakit sedikit aja orang udah cemas semua dan ce harus pulang. Berarti ini hal yang gawat.

Ternyata memang gawat.

Beliau tiba2 pingsan setelah makan dan muntah, trus sakit kepala, dan kejang-kejang. Dokter yang sudah bisa dianggap dokter keluarga langsung di panggil, biasanya beliau mendiagnosis setiap ma'wo memeriksakan dirinya selalu dalam keadaan normal,jantung, paru dan yg lain, tapi kali ini lain, tekanan systole darahnya mencapai 180.

Ce coba telpon siapa pun yang bisa menjelaskan keadaan itu. Telpon kak Dati. Kak dati bilang itu kemungkinan stroke.

Ce langsung lemes.

Ya Allah, selamatkan beliau.

Karna ce lagi di padang, maka ce yang bertugas menanti di IGD RS dan mendaftarkan terlebih dahulu.

Sungguh tak tega melihatnya, kejang-kejang, ada stridor(suara ngorok karna hypoxia), dan tekanan darahnya sangat tinggi.

Lalu ma'wo di resusitasi, pasang NGT, EKG, pernapasan dibantu O2. Pertolongan konservatif katanya, ABC dulu sebelum dipastikan dimana perdarahan otaknya dengan CT Scan, pastinya harus nunggu keputusan dari dokter spesialis bedah syaraf dulu, menunggu itu yang bikin ce senewen, ga tega ngeliat ma'wo masih berupaya bertahan dengan kondisinya yang kritis itu. Pasti sakit sekali ketika pembuluh darah di otaknya pecah, ya Allah gugurkanlah dosa2 beliau dengan sakit yang dideritanya…

Ya, itu stroke, ma'wo jadi lumpuh ekstermitas sebelah kanannya, rahang bawahnya mencong/miring ke kanan, tak bisa ngomong. Hanya erangan tak jelas yang bisa menandakan betapa menderitanya beliau.

Sekian lama menunggu akhirnya keputusan utk CT Scan itu dapat juga dilakukan, dan kemudian di pindahkan ke bangsal syaraf.

Sementara itu ce pontang panting lari untuk menebus resep obat yang diberikan, bukan sekali dua kali, tapi sering(benar2 lebih melelahkan daripada lari keliling lapangan ketika olahraga di sekolahan, karna panic pun ikut serta). Tak ingin kehilangan kesempatan ce harus manfaatkan detik demi detiknya, karna untuk penyelamatan stroke golden time nya 3-6 jam post stroke.

Lari ce, lari! Ini masalah nyawa! Lari!

Dan ketika ce udah mendapatkan obatnya ce masih mendapatkan kondisi ma'wo belum stabil, masik sesak nafas, tekanan darah sistole tak mau turun dari 150-160 mmHg, PO2 nya belum normal. Maka dokter pun meresepkan obat utk menanggulangi keadaan itu, lebih banyak obat lagi, dan gawatnya ada obat yang udah tutup depo penjualan resminya, harus cari ke RS lain. Tapi tak mengapa, jika memang itu yang harus dilakukan maka lakukan.


 

Kakak ce nyeletuk :

"ngapain ce lari2 terus, yang nanganin aja ga segitunya"

Ya… kan emang harus begitu, ce merasa ce harus berpacu dengan waktu, ga mungkin ce jalan nyantai sementara nenek ce lagi butuh obat itu utk menyelamatkan nyawanya. Bukan bermaksud utk terburu-buru yang gegabah, tapi berusaha sekuat tenaga melakukan yang terbaik. insyaAllah, ketika ce diizinkan olehNya utk menjadi dokter kelak, maka akan selalu ce ingat, lakukan yang terbaik yang ce bisa, tak peduli itu sangat melelahkan atau tidak.


 


 

Ps: to niwa, jadi dokter itu menyenangkan kok, jangan pandang dari kelelahan yang kita dapat, tapi hasil dari yang kita dapat itu, life saving J

Happy bday sin_bad

Friday, June 25, 2010


 

Juni masih menyapa

Tapi tak lagi melulu dengan musim panas terik mendidihkan kepala

Kelabu menggelayut tak segan untuk menemani cakrawala juni

Hingga hujan riuh beruntun pun menggigilkan makhluk-makhluk yang tak sempat meneduhkan diri

Tapi tak mengapa

Selalu banyak hal yang patut disyukuri dari semestaNya


 

Pun hari ini

Hari yang entah apa yang terjadi kepadamu

Tapi semoga semuanya kebahagian belaka

Hari yang berharga bagimu, bagiku dan mungkin bagi mereka

Lagi, genap setahun lagi dari kumpulan waktu yang telah kamu ukir

Duka, bahagia, cobaan, kemenangan, pilu, haru, dilemma, kelegaan, amarah, senyum, jatuh, bangkit, dan segalanya

Semoga tak dilalui dengan sia-sia

Ya , tak ada hal yang sia-sia jika selalu mengharapkan ridhoNya

Jika pun pernah khilaf, disanalah proses pembelajarannya


 

Selamat hari jadi sin_bad

Barokallah dengan pertambahan umurmu


 

"So you have to trust that the dots will somehow connect in your future. You have to trust in something — your gut, destiny, life, karma, whatever. This approach has never let me down, and it has made all the difference in my life." Steve Jobs, http://en.wikiquote.org/wiki/Steve_Jobs

18 Juni 2010

Terminologi untuk patologi kehamilan dan persalinan

Teman2, buat mudahnya emang googling aja sih, kalo baca Dorland n buku teks lebih bagus lagi.

Ni hasil googling ce


 

Hiperemesis gravidarum : Nausea (enek) dan emesis (muntah). Enek terjadi umumnya pada bulan-bulan pertama kehamilan, disertai kadang-kadang oleh emesis. Sering terjadi pada pagi hari, tetapi tidak selalu. Keadaan ini lazim disebut morning sickness. Dalam batas-batas tertentu keadaan ini masih fisiologik. Bila terlampau sering, dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dan disebut hiperemesis gravidarum.

MgSO4: Magnesium sulfat pertama kali dicoba untuk pengobatan kejang oleh Meltzer pada tahun 1899 dan bersamaan dengan Auer mencobanya untuk pengobatan kejang pada kera yang sakit tetanus. Khon dan Sraubee sependapat dengan mereka dan mulai mengunakan magnesium sulfat untuk pengobatan penderita tetanus.


Pengunaan magnesium sulfat parenteral untuk pengobatan eklampsia pertama kali dilakukan oleh Horn tahun 1906 dengan penyuntikan secara intrathekal. Rissmann tahun 1916 memberikan secara subkutan, Fisher tahun 1916 memberikan secara infus sebanyak 250 ml larutan 2% dan Von Miltner (1920) memberikan secara gabungan suntikan subkutan dan intramuskuler.


Eastman dan Steptoe melaporkan pada tahun 1945 mengenai pengunaan megnesium sulfat pada eklampsia dengan dosis 10 gram di ikuti tiap 6 jam dengan dosis 5 gram. Setelah mengunakannya untuk 1200 kasus preeklampsia dan eklampsia, Eastman menyatakan bahwa magnesium sulfat merupakan obat tunggal yang paling ampuh pada preeklampsia berat. Selain mencegah kejang obat ini tidak menghambat persalinan.


Sejak tahun 1951, Pritchard mempelajari penggunaan magnesium sulfat sebagai pengobatan tunggal pada preeklampsia. Selama 3 tahun terdapat 211 penderita preeklampsia dan eklampsia yang diobati dengan magnesium sulfat dan dilaporkan hanya 1 kamatian ibu, sedangkan kamatian perinatal sebesar 10%.


Zuspan pada tahun 1966 melaporkan 69 kasus eklampsia yang dirawat sejak tahun 1956 dengan pengobatan magnesium sulfat secara tetes kontinyu dengan dosis 1 gram/jam dilaporkan 2 kematian ibu (2,9%) yang terjadi 4 minggu pasca persalinan yang disebabkan kelainan sebagai akibat eklampsia.


Suplementasi magnesium berupa pemberian oral magnesium aspartate hidrochloride selama kehamilan untuk menurunkan insiden preeklampsia telah diteliti oleh Sibai dkk. Walaupun terjadi peningkatan kadar magnesium dalam plasma darah, hasil analisa menunjukan tidak ada perbedaan bermakna dalam hal insiden preeclampsia


Sampai saat ini magnesium sulfat merupakan obat yang terpakai banyak untuk pengobatan preeklampsia dan eklampsia di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri pengunaan magnesium sulfat pada penderita preeklampsia dan eklampsia sudah cukup lama dan pada saat KOGI VI tahun 1985 di Ujung Pandang oleh Satgas Gestosis POGI ditetapkan magnesium sulfat merupakan satu-satunya obat yang dipakai untuk pengobatan preeklampsia dan eklampsia.

Nifedipin: ada yang bilang ini obat antihipertensi, ada juga yang bilang ini bwt tokolitik, gini katanya :

Pedoman pemberian Nifedipin yang digunakan di Adelaide Women's and Children's Hospital untuk tocolitic adalah:

  1. Initial dose: 20 mg tablet sub-lingual(SL). Kemudian amati dalam 30 menit, jika masih ada kontraksi uterus dapat diulang 20 mg SL, maksimal 40 mg dalam 2 jam pertama. Setelah itu diulang 20 mg SL setiap 3 jam, maksimal 160 mg dalam 24 jam pertama.
  2. Untuk maintenance dose yaitu hari ke-2 dan 3 diberikan Nifedipin sedian OROS (slow release) 30 mg setiap 8 jam.
  3. Setelah itu tidak diberikan lagi tocolitic.

Kriteria gagal: jika kontraksi berlangsung terus dan pembukaan servik uteri 4 cm atau lebih.
Jangan lupa pula diperhatikan efek samping dari Nifedipin saat pemberian.

So, liat farmakologi aja deh


 

Seksio sesaria : seksio sesaria adalah melahirkan janin melalui insisi pada dinding abdomen (laparatomi) dan dinding uterus (histerotomi) (Cunningam, 1995 : 511).

Menurut berbagai kepustakaan, banyak orang percaya istilah ini diambil dari nama Julius Caesar (100 SM-44 SM), yaitu Kaisar Romawi Kuno yang sangat terkenal di era menjelang awal tahun sejarah kuno yang dipercaya, Julius Caesar dilahirkan secara operasi yaitu dengan cara memotong dinding perut sang Ibu. Dari sinilah diduga tindakan operatif melahirkan melalui perut selanjutnya dinamakan….

Meski demikian, belakangan asal usul istilah yang terkait dengan proses kelahiran Julius Caesar semakin diragukan. Pasalnya, jika memang proses kelahiran dilakukan secara memotong dinding perut sang ibu pada saat itu, hamper dapat dipastikan sang ibu dapat meninggal karena infeksi. Perlu diingat bahwa pada era tersebut belum dikenal cara menjahit luka, prosedur pembiusan, antiseptic, dan juga belum ada antibiotic.

Kenyataannya, dikisahkan bahwa sang ibu masih hidup bertahun-tahun kemudian. Berdasarkan pemikiran inilah, banyak ahli yang mulai berfikir bahwa jangan-jangan istilah ini sebenernya berasal dari hal lain, misalnya kata "Caedere" atau "Caesum" yang dalam bahasa latin berarti "memotong".


 

Tindakan seksio sesaria dilakukan bilamana diyakini bahwa penundaan persalinan yang lebih lama akan menimbulkan bahaya yang serius bagi ibu, janin atau keduanya. Sedangkan persalinan per vaginam tidak mungkin dilakukan dengan aman.
Beberapa alasan/indikadi untuk dilakukan seksio sesaria yaitu :
1) Indikasi ibu
a) Cepalo pelvic disproportion / disproporsi kepala panggul yaitu apabila bayi terlalu besar atau pintu atas panggul terlalu kecil sehingga tidak dapat melewati jalan lahir dengan aman, sehingga membawa dampak serius bagi ibu dan janin.
b) Plasenta previa yaitu plasenta melekat pada ujung bawah uterus sehingga menutupi serviks sebagian atau seluruhnya, sehingga ketika serviks membuka selama persalinan ibu dapat kehilangan banyak darah, hal ini sangat berbahaya bagi ibu maupun janin.
c) Tumor pelvis (obstruksi jalan lahir), dapat menghalangi jalan lahir akibatnya bayi tidak dapat dikeluarkan lewat vagina.
d) Kelainan tenaga atau kelainan his, misalnya pada ibu anemia sehingga kurang kekuatan/tenaga ibu untuk mengedan dapat menjadi rintangan pada persalinan, sehingga persalinan mengalami hambatan/kemacetan.
e) Ruptura uteri imminent (mengancam) yaitu adanya ancaman akan terjadi ruptur uteri bila persalinan dilakukan dengan persalinan spontan.
f) Kegagalan persalinan: persalinan tidak maju dan tidak ada pembukaan, disebabkan serviks yang kaku, seringterjadi pada ibu primi tua atau jarak persalian yang lama(lebih dari delapan tahun)
2) Indikasi janin
a. Janin besar yaitu bila berat badan bayi lebih dari 4000 gram, sehingga sulit melahirkannya
b. Kelainan gerak, presentasi atau posisi ideal persalinan pervaginam adalah dengan kepala ke bawah/ sefalik
c. Gawat janin, janin kelelahan dan tidak ada kemajuan dalam persalinan
d. Hidrocepalus dimana terjadi penimbunan cairan serebrospinalis dalam ventrikel otak sehingga kepala menjadi lebih besar serta terjadi peleberan sutura-sutura dan ubun-ubun, kepalka terlalu besar sehingga tidak dapat berakomodasi dengan jalan lahir.
3) Pertimbangan lain yaitu ibu dengan resiko tinggi persalinan, apabila telah mengalami seksio sesaria atau menjalani operasi kandungan sebelumnya "Ruptura uteri bisa terjadi pada rahim yang sudah pernah mengalami operasi seperti seksio sesaria klasik, miomektomi (Muhtar, 1998 :289)" misalnya ibu dengan riwayat mioma sehingga dilakukan miomektomi, sebaiknya persalinan berikutnya dengan seksio sesaria untuk menghindari terjadinya ruptura uteri saat kontraksi uterus pada peresalinan spontan.

Dismatur : Dismatur (IUGR) adalah bayi lahir dengan berat badan kurang dari berat badan seharusnya untuk masa kehamilan dikarenakan mengalami gangguan pertumbuhan dalam kandungan. Menurut Renfield (1975) IUGR dibedakan menjadi dua, yaitu :

a. Proportionate IUGR

Janin yang menderita distress yang lama dimana gangguan pertumbuhan terjadi berminggu-minggu sampai berbulan-bulan sebelum bayi lahir sehingga berat, panjang dada, lingkaran kepala dalam proporsi yang seimbang, akan tetapi keseluruhannya masih dibawah masa gestasi yang sebenarnya. Bayi ini tidak menunjukkan adanya Wasted oleh karena retardasi pada janin terjadi sebelum terbentuknya adipose tissue.

b. Disporpotionate
IUGR

Terjadi karena distress subakut gangguan terjadi beberapa minggu sampai beberapa hari sampai janin lahir. Pada keadaan ini panjang dan lingkar kepala normal akan tetapi berat tidak sesuai dengan masa gestasi. Bayi tampak Wasted dengan tanda-tanda sedikitnya jaringan lemak di bawah kulit, kulit kering keriput dan mudah diangkat bayi kelihatan kurus dan lebih panjang.

A/S 5-6 :apgar score 5-6 (normal, 7-10)

Wharton Jelly: lapisan yang terdapat antara lapisan amnion dan peritoneum yang merupakan selaput dari tali pusar, dia tu licin jadinya bayi ga tercekik walo pun terlilit


 

inkubator : inkubator berfungsi untuk menjaga suhu bayi yang terlahir prematur. Bayi prematur membutuhkan inkubator untuk menjaga suhu badan bayi dan membuat bayi nyaman. Berdasarkan referensi, suhu bayi yang terlahir secara prematur harus dipertahankan pada suhu 36-37°C dan kelembabannya adalah pada rentang 85% - 95% RH

14 Juni 2010

Terminologi untuk fisiologi persalinan

Teman2, buat mudahnya emang googling aja sih, kalo baca Dorland n buku teks lebih bagus lagi.

Ni hasil googling ce, hohoho..skenarionya kayak cerpen berbahasa Dorland, cantiknya …. Ckckckckck… mana pernah terminology sebanyak ini?


 

Antiemetik : obat anti muntah

Ante Natal Care : perawatan dalam kehamilan (tadi udah kuliah kan..)

Khloasma gravidarum : Pigmentasi kulit – Pengaruh hormon kortikosteroid plasenta, sering dijumpai pada muka

Areola & Papilla mamae hiperpigmentasi : penyebabnya sama dg di atas, tempatnya yg di sekitar putting dan pada putting susu

Linea mediana hiperpigmentasi : Garis anatomis adalah suatu garis khayal yang terletak pada tubuh pada posisi tertentu, antara lain :
- linea mediana anterior : merupakan garis potong anatara bidang median dengan permukaan tubuh
- linea mediana posterior : garis potong antara bidang median dengan permukaan belakang tubuh,

So, menghitam di bagian itulah..(ga mudeng2 amat, hehe)

Prosesus xipoideus : bagian ujung dari sternum/tulang dada

Pemeriksaan LEOPOLD : Pemeriksaan (Manuver) Leopold merupakan teknik pemeriksaan pada perut ibu bayi untuk menentukan posisi dan letak janin dengan melakukan palpasi abdomen, namun menjadi sulit dilakukan bila bertemu dengan
ibu hamil yang obes (gemuk) atau dengan ibu hamil yang memiliki jumlah cairan amnion berlebih.

PAP:

His : His (Kontraksi) adalah serangkaian kontraksi rahim yang teratur, yang secara bertahap akan mendorong janin melalui serviks (rahim bagian bawah) dan vagina (jalan lahir), sehingga janin keluar dari rahim ibu.

Kontraksi menyebabkan serviks membuka secara bertahap (mengalami dilatasi), menipis dan tertarik sampai hampir menyatu dengan rahim.
Perubahan ini memungkinkan janin bisa melewati jalan lahir.

BJA :

HPHT : hitng hari pertama haid terakhir

Mempergunakan rumus Naegle.
Rumus naegele terutama untuk menentukan hari perkiraan lahir (HPL, EDC= Expected Date of Confinement). Rumus ini terutama berlaku untuk wanita dengan siklus 28 hari sehingga ovulasi terjadi pada hari ke 14. Rumus Naegle memperhitungkan umur kehamilan berlangsung selama 288 hari. Perhitungan kasarnya dapat dipakai dengan menentukan hari pertama haid dan ditambah 288 hari, sehingga perkiraan kelahiran dapat ditetapkan.
Rumus Naegle dapat dihitung hari haid pertama ditambah 7 (tujuh) dan bulannya dikurang 3 (tiga) dan Tahun ditambah 1 (satu).

a. Contohnya,
haid hari pertama tanggal 11 april 2000, maka penghitungan perkiraan kelahiran adalah 11 + 7 = 18; 4 -3= 1, dan Tahun 2000+1 = 2001, sehingga dugaan persalinan adalah 18 Januari 2001.

b. Seorang ibu hamil memiliki HPHT 15-9-2005 dan diperiksa pada 27-11-2005. Maka umur kehamilan dan hari perkiraan lahir (HPL) adalah:
15-09-2005 = 2 minggu 1hari
31-10-2005 = 4 minggu 3 hari
27-11-2005 = 3 minggu 6 hari
Jumlah 9 minggu 10 hari
Berarti usia kehamilan : 10 minggu 3 hari
Jadi umur kehamilan saat diperiksa adalah 10 minggu 3 hari atau 10 minggu genap.

Cara menghitungnya:
1 minggu terdiri atas 7 hari.
a. Tanggal 15-09-2005, berarti hari ke-15. Ini sama dengan 2 x 7 hari = 14 hari + 1 hari (2 minggu lebih 1 hari)
b. Bulan Oktober (bulan 10) terdiri atas 31 hari. Ini berarti 4 x 7 hari = 28 hari + 3 hari atau sama dengan 4 minggu lebih 3 hari

c. tanggal 27-11-2005 berarti hari ke-27 sama dengan 3 x 7 hari = 21 hari + 6 hari (3 minggu lebih 6 hari). Sementara HPL dihitung dengan rumus Naegel = Hari + 7, Bulan ¬ 3 = 15 + 7, 9 ¬ 3 jadi HPL = 22-06-2005

Bila mempunyai kalender obstetrik maka usia kehamilan dan HPL dapat dilihat di tabel kalender tersebut.

Histrektomi : Histerektomi adalah operasi pengangkatan kandungan (rahim, uterus) seorang wanita. Dengan demikian, setelah menjalani histerektomi seorang wanita tidak mungkin lagi untuk hamil dan mempunyai anak.

Histerektomi biasanya dilakukan karena berbagai alasan. Penyebab yang paling sering dilakukan histerektomi adalah adanya kanker mulut rahim atau kanker rahim.


 

Pemeriksaan VT : Pemeriksaan VT mencakup pemeriksaan derajat pembentukan caput succadenum. Namun adanya caput tidak terlampau bermakna dalam menentukan ada tidaknya CPD(disproporsi sefalopelvik). Terbentuknya caput biasanya disebabkan oleh karena pasien meneran saat dilatasi servik belum lengkap. .

Promomtorium : Vertebra pertama pada tulang sacrum paling besar, mengahadap ke depan. Pinggir atas vertebra ini dikenal sebagai promontorium, merupakan suatu tanda penting dalam penilaian ukuran-ukuran panggul. (rujuk ke sobotta ya)

Linea inominata : Pada os ilium terdapat lajur ialah linea innominata (linea terminalis) yang menjadi batas antara panggul besar dan panggul kecil. (liat sobotta, di tulang panggul, ka nada os ilium tu, nah di bag tengahnya tu….)

DSP :

Spina ischidiaka:

Arkus pubis :

DIT :

Partograf : Partograf merupakan gambaran persalinan yang meliputi semua pencatatan
yang berhubungan dengan penatalaksanaannya. Hasil rekaman ini lebih
efisien daripada catatan panjang dan memberikan gambaran piktogram
terhadap hal-hal yang penting dari persalinan serta tindakan yang
segera harus dilakukan terhadap perkembangan persalinan yang abnormal.
Nilai suatu partograf meliputi :
- Pencatatan yang jelas
- Urutan waktu yang jelas
- Diagnosis suatu kemajuan persalinan yang abnormal
- Memudahkan saat penggantian staf atau gilliran dinas
- Untuk pendidikan
- Untuk penelitian.
Bagian-bagian partograf :
1. Identitas
2. Denyut jantung janin
3. Servikograf
4. Waktu
5. Air ketuban
6. Kontraksi per 10 menit
7. Oksitosin
8. Obat-obatan dan cairan intravena
9. Nadi dan tekanan darah ibu
10. Urin
11. Temperatur ibu
12. Kala III.

Oksitosin :

Oxytocin Challenge Test ( O.C.T) adalah pemberian oksitosin intravena secara hati-hati pada kehamilan yang diperkirakan dimana janin akan meninggal di dalam uterus. Biasanya dilakukan pada kehamilan : telah lewat waktu taksiran partus (postdate), pre-eklampsia, hipertensi, diabetes mellitus, pertumbuhan janin intra uterin yang lambat, adanya riwayat lahir mati, gravida berusia lanjut, adanya penyakit ginjal menahun, anemia dll

Kala 3: waltu antara kelahiran bayi dan pelepasan plasenta

Pada kala tiga persalinan, otot uterus berkontraksi mengikuti berkurangnya ukuran rongga uterus secara tiba2 setelah lahirnya bayi

Penyusutan Þ berkurangnya ukuran tempat implantasi plasenta

Tanda2 lepasnya plasenta mencakup beberapa atau semua hal2 dibawah ini:

* Perubahan bentuk dan tinggi fundus

* Tali pusat memanjang

* Semburan darah tiba2


 

FUT ½ SOP-pusat : ni ngukur tinggi fundus ke simpisis pubis dan pusat (ngaco nih, cari lagi ya)

Methyl ergometrin:

Episiotomy : Episiotomy adalah insisi dari perineum untuk memudahkan persalinan dan mencegah ruptura perinea totalis (sobekan pada perineum dengan pinggiran luka tidak teratur)


 


 

Epilog Blok 11 (Hematolimfopoetik)

Saturday, June 12, 2010, 5:38 pm

Dimulai dengan apa ya?

Rasa2nya shock abis ujian hari ke2 kemaren masih berasa…,

Hah? Inikah ujian yang dibilang senior itu ga susah2 amat? Non sense!

Glek.. apa pun itu, semua dah terjadi, let it be T_T. Tapi mari kita review dikit gimana blok 'Hematolimfopoetik' ini berjalan 7 minggu kemaren.


 

First of all : Kuliah pakar

Kawan2… dah tau kan kalo di Hematolimfopoetik itu kita mempelajari tentang darah (hemato) n system limfatik (limfo). Nah, kuliah pakarnya di dominasi oleh dosen2 yang berkecimpung di ilmu penyakit dalam dan patologi klinik (yang interpretasi sampel darah n biopsy jaringan di labor). Entah kenapa kuliah tentang kanker lebih menarik daripada tentang darah ni (walo ce ga suka ngeliat gambar2nya), sering ngantuk (n selalu ce catet di bahan kuliah yang dah ce print tu setiap kali ce ngantuk, such as : "helep..helep.. saia ngantuk bana haa", ato "mangantuak, membosankan..", ya ampun… ndak lai ko? :P) kalo udah tak tertolong lagi ce bakal pergi ke toilet untuk membasahi mata, n then ketika masuk ruang kuliah lagi maka 15 menit kemudian saia ngantuk lagi, haha makanya ce ga berani ngambil posisi duduk di bagian depan, soalnya ce bakalan ngantuk dengan akselerasi, 5 menit langsung hipoksia otak n nguap deh, mending di belakang, agak berisik dikit tapi ga bikin ngantuk, kuliah tetep bisa didengerin. Kuliahnya ga banyak2 amat, tapi di minggu 5 dan 6, bahannya buanyak banget (pencetak rekor adalah limfadenopathy, 133 slide kalo ga salah, semua dilahap dalam kuliah 2 jam, mantep dah!).

Kita tu belajar :

Anemia ; hemolitik, aplastik, defisiensi Fe – Folat – B12, perdarahan dan anemia pada kehamilan

Hemostasis plus kelainannya, thrombosis

Leukemia n kelainan plasma darah

Limfadenopathy

Transfusi darah dan reaksi yang menyertainya

(tuh…hafal ce kan judul2nya, tapi materinya? Muahahaha… ada juga lah, walo ga semua nyantol di kepala, at least ce dah belajar semua itu dengan semampu ce)

Darah..darah.. setitik darah bisa menyelamatkan tapi bisa membahayakan juga, kok bisa gitu?ya gitu deng.. (haha bukan sebuah jawaban)


 

2nd : diskusi tutorial

Alhamdulillah, kami dapet tutor yang kontributif banget, jadi beliau bisa mandu2 kami ke arah diskusi yang bener, ga sekedar cuap2 aja, ntar juga bisa mancing2 yang kadang2 enggan ngomong(pdhl punya pemikiran yang bisa disampein kok) buat ngejawab permasalahan. Hmm.. tutor yang menurut kami seru lah..makasih bu Selvi

Diskusi nya asyik juga, biar singkat tapi padat.


 

3rd : skills lab

Just so so I think.. (ga se-unforgettable kayak blok kemaren :P)

Ada tes Rumple Leed , tes bendungan vena untuk menilai tahanan vaskuler n jumlah trombosit. N ce ga da harus menderita di Rumple Leed selama 10 menit itu, yay… saia males buka2an lengan selama itu.

Trus flebotomi, ngambil darah vena, lagi2 ce selamat untuk ga diambil darah ce, coz kami pake manekin. Karna udah pernah ngambil darah temen pas praktikum blok 9 kemaren (walo ga 100% berhasil, karna gemetar jadinya terlepas, tapi dah bisa nemuin vena kok) ga terlalu penasaran2 buat nyoba lagi, pengen sih nyoba sama temen tapi kan kita harus main impas, kita nyuntik itu artinya kita juga harus disuntik temen itu, tapi lagi2 ce males di depan orang banyak buka lengan(tu kan aurat juga, bodo deh, orang mikirnya gimana), tapi kalo terpaksa, ya mau gimana lagi (siapa suruh masuk kedokteran neng? Ga bisa se-ideal yang diingini), tapi senior ce di wisma mau kok ambil darahnya n kalo terjadi apa2 beliau kan tau apa yang harus dilakuin (hoho, takut juga sih), I'll try that at home, hehe

Ujiannya Alhamdulillah, berjalan lancar


 

4th : praktikum

Tiap minggu ada praktikum euy, ilmunya banyak juga didapet, kita kan klo mastiin seseorang tu mengalami kelainan darah apaan kita harus ngeliat morfologi sel2 darahnya,ngitung jumlahnya, harus kenal kelainan2nya. Ya walo yang lengkapnya bukan kita sbg dokter umum yang ngelakuin, at least pemeriksaan darah rutin ( ngitung kadar Hb, ngitung jumlah leukosit n hitung jenisnya, ngitung Laju Endap Darah-LED- juga) kita juga yang ngerjain di daerah yang belum ada di RS tsb bisa langsung di sana untuk pemeriksaan yang canggihnya. Trus bisa juga ngebedain bentuk2 kelainan sel2 di sumsum tulang yang terkait leukemia atau anemia lainnya. Walo banyak yang nganggap praktikum itu dengan enteng (kan ga ada ujiannya, kan di sana katanya bisa dijadiin tempat ketawa2 doank) ce nganggep ini berguna bgt kok, kalo kita ga ngerti, alangkah rugi kalo ntar kita jadi dokter ga ngerti dengan hasil lab apalagi cara ngerjainnya. makasih Pak/Bu Dosen, makasih Allah dah ngasih ce kesempatan buat belajar banyak ilmu kayak gini.


 

5th : diskusi pleno

Back to English, ya..ya..ya.. kami yang mbandel kemaren2 ni patuh aturan lagi, kalo kami tu harus presentasi Plenary dengan bahasa inggris, tapi ada juga yang separo2, di awal pake cas-cis-cus, di akhir udah membumi-Indonesia-raya-tanah-air-tercinta lagi, hehe. Bervariasi lah, ada yang presentasinya seru, pake video tentang leukemia segala, tapi banyak juga yang biasa2 aja, kayaknya pleno buat ajang melatih ngomong di depan umum aja deh, tapi emang perlu banget sih skill yang kayak gini, ketika ce ikut symposium bedah vaskuler beberapa bulan yang lalu, pembicara yang dari M. Djamil Padang cuma berdua, lainnya dari RSCM UI, nah harus dilatih dari awal untuk mencetak pembicara2 profesional di symposium2 nasional, kalo dapet mah internasional, dan ce juga harus berlatih keras dengan ngisi otak sebanyak2nya n bisa nyampeinnya dg enak, wew.. buktiin ce! Blok 12 harus berubah! Pleno harus dimanfaatkan seoptimal mungkin.


 

6th : ujian MCQ (Multiple choice question)

Hari pertama (ada 100 soal, materi yang diujiankan kuliah minggu 1-3), aseek banget, persiapan banyak, coz kan belajarnya punya beberapa hari dari jumat ampe selasa, ce coba dengan nyicil materi hari kedua juga sih tapi fokusnya hari 1 dulu. Soalnya banyak berulang dari tahun lalu, tapi banyak juga yang ce ceroboh+pemahaman belum mantep banget, at least dari bahas2 soal ecek2 sama temen2 ce udah terdeteksi salah 5 soal (ga berani bahas soal banyak2, takut ketauan banyak salah, trus ga mood ujian hari 2 deh, huhu dasar penakut). Alhamdulillah, bisa agak tenangan dikit, lumayan optimislah

Hari kedua. .. jeng..jeng…jeng…

Persiapan ngebut ngafalnya ga nanggung2, bukannya sistem kebut semalam lagi, tapi system kebut sepagian (soalnya ampe ½ 4 pagi deng, babahayo yeah..padiah ambo kini, bagak bana, bisuak2 tobaik lai). Pagi2 kortisol udah meningkat, trus untung ga sampe teler gara2 kurang tidur, apa pun itu harus dilakuin daripada nyesel di akhir, selagi bisa ya dilakuin, tapi emang harus ada evaluasi n perbaikan nih, kenapa ce bisa kebobolan untuk keteteran kayak gini, mana pernah setega gini ngafal nonstop ampe pagi, tapi harus tega2in, halah salah sendiri juga :P

Soal-soal di awal…whuz… jantung lansung mencelos …

" penanda yang bisa dilihat pada LMA ini (entahlah ini M1 ato M2) adalah :

  1. CD 5, CD 870-2, blableblo
  2. CD 43, hpy-l; etc…

Ya Allah, ce ga da mencermati yang beginian, huwa…. T_T Masa sih soal di awal aja udah bikin pesimis gini, ya udah, apa daya jawab aja dengan kirologi aja, kiro-kiro iko jaweknyo, mantap! Tu kan, males juga lah ce..

Soal limfadenopathy buanyak banget juga…., tapi setidaknya udah diwanti2 kalo soal slide yang cetak rekor itu bakalan banyak keluar, jadinya ada jugalah yang banyak di jawab, walo mikirnya lamaaaa banget, beda dengan hari 1 kemaren.

Soal tentang kemoterapi juga ce ga yakin2 banget, udah tumpang tindih hafalan2 abal2 yang dipaksain masuk ke kepala ni, paling ngebantu ya… pembahasan ketika diskusi tutorial aja, untuk ada ce baca buku tentang ini sebelumnya.

Keluar ruangan… ekspresi temen2 rata2 pada sama semua… shock dengan soal2 yang susah2 tu, Tania sampe tertegun dulu sejenak di bangkunya, capek ngejawab soalnya ya nia?? hoho, Icha sampe ketawa2 n bilang ujian udah selesai dengan nada yang diceria2in banget, haha iya cha..ujian yang menyeramkan udah selesai. Echi ga mau ngomongin hal yang di singgung2 tentang ujian. Rizki langsung bilang , "all is well, al iz wel… " sambil ngurut dada dg ekspresi yang khas orang ditimpa musibah, haha.

Yap..yap..yap.. all is well, I hope so

Ya Allah, moga kami semua lulus blok ini dengan nilai yang terbaik yang bisa kami usahain, amin.


 

Selesai…….Alhamdulillah

Blok 12, hormon dan reproduksi udah menanti di hari senin, orang2 udah pada libur (anak UI libur 3 bulanan, hiya..hiya.. ngiri), kami masih dengan semangat 45 (semoga) nguli lagi, but, mo gimana lagi, kan kuliah ada vakum bentar abis gempa kemaren, jadi kami telat dikit deh, gapapa…gapapa.

Oia, tanggal 26 Juni ntar ada Seminar Sehari tentang Reproduksi di Universitas Baiturrahmah, mahasiswa bayar Rp 100.000,- aja kok, ikutlah temen2, bermanfaat banget tu buat blok kita sekarang, ce kayaknya ga bisa ikut, tapi kalo ada rejeki ce usahain untuk ikut.


 

Ps: warning! Blok 12 ni lumayan susah loh, cukup banyak senior 07 yang gagal. Moga kita ngga..


 

Ayo hemat…!! Ayo produktif…!!eh..kebalik

Saturday, June 12, 2010, 4:49 pm

Berita kemaren bikin hal yang besar buat ke depannya, ni bukan soal berita di televisi tapi berita yg mengharuskan ce utk mikir keras, gimana cara menghadapi pailit itu.

Berpikir keras bagaimana caranya bisa mendapatkan uang jajan sendiri, mandiri, ga ketergantungan lagi, trus gimana caranya ngebayar SPP yang sebulanan lagi harus di bayar(klo yang ini dah tau caranya kok, beasiswa kemaren masih bisa dicairkan, hah? Kok bisa? Iya, soalnya ce simpen sbg kalung, hehe)

Nah, ada sebuah ide dari kakak ce, gimana kalo berbisnis?

Bisnis apa tu?

MLM kah? Eih… ndak mau saia, trauma masa lalu

Bisnis jadi agen jualan? Yay.. ce ga cukup pede untuk itu


 

Ce mo jualan penganan alias makanan camilan di kampus, rencananya mo jual pisang coklat, kata niwa tu mudah bikinnya n banyak yang suka.

Tapi apa ce berani buat jualan?

Beuh… berat juga, meski ce dah pernah liat temen2 ce enjoy2 aja jualan di sekolahan, kayak widy yang jualan kue putu ayu( yang selalu laris manis, ga da yang tersisa), wheny yang jualan coklat beku berbentuk karakter lucu2 kayak bunga, kodok, dll, trus ade juga yang pakarnya jualan camilan di sekolah, huah..kangen serundeng ade…, trus ada juga anak IA2(gaswat, ce lupa namanya) yang jualan nasi uduk paket kecil, hmm..hmmm kreatif2 yah..produktif lagi. Tapi itu kan sekolah…. Kalo kampus gimana?

Ada sih senior 07(haduh… kok lupa namanya sih, padahal..padahal… bru kmrn ni rasanya ce jadi panitia SU n kerjasama dg kakak tu, dasar! Si ice ni susah kali ngafal nama orang) yang jualan risoles, enak, tapi lumayan mahal klo buat dipesen banyak.

Trus pas jaman2nya DANUS DC 2009 kemaren lagi gencar2nya nyari dana, mereka jualan roti bakery gitu di diskusi pleno, nah.. klo ada dosen yang lewat, disembuyiin tu kardus berjalan. Tapi ini berisiko untuk ketauan. So, amannya di luaran ruang kuliah aja kayaknya.

Alternatifnya ce bikinnya sblm shubuh2 gitu, biar ga mepet mo kuliah, insyaAllah klo ada tekad pasti bisa bagi waktu deh. Kemaren2 tu aja malah ada ide gila lainnya yang bermain di otak ce, selagi ce asik2 masak di dapur di LA ce kepikiran kenapa ce ga nyediain catering-an buat anak2 wisma ya? Kan sekarang mereka lagi nge-trend catering, hmm… mulai ce berspekulasi, bahan2 buat masak mudah di dapat di daerah jati tu kok, klo mau murah tinggal naik sepeda ke pasar raya, masaknya pas sore ato pagi, sejam dua jam beres lah, soal menu mudah tu, menu2 standar ce bisa, asal jangan menu luar negri aja coz harus nyoba dulu n bahannya biasanya susah banget nyari. Tapi… mengingat..menimbang..dan memutuskan, kan klo catering harus dianterin ke masing2 wisma, rutin, klo telat orang2 pada kelaperan, lagipula ce di sore hari agenda kampus ga ketebak, bisa2 udah maghrib nyampe wisma, so.. catering batal deh. Nah, kalo pengangan kecil2an kan ga ribet2 amat, bikinnya juga kapan mau n kapan bisanya, yah.. walo untungnya kecil2an tapi bisalah, toh pengeluaran ce ga banyak banget, paling berat di ongkos aja (apalagi kalo harus ke unand atas, mau ga mau)

Besok, ce mo nyobain bikinnya di rumah niwa, doain moga berhasil ya, pengennya ce serius sih di sini, setidaknya ce bisa memulai sesuatu yang real yang bisa membantu kesulitan keuangan itu. Tadi ketika ce sampein ide ini sama Ama, Ama sedikit khawatir gimana dengan belajar ce, apa ga keganggu? Hmm… insyaAllah ce usahain ngga ngeganggu belajar, lagian ce kan belajarnya malam2, trus klo di perjalanan juga, ce lebih bisa focus buat baca buku teks wajib apa ngga handout kuliah pakar, daripada bengong n sumpek dengan musik angkot yang hingarbingar mending belajar, cuek aja kalo diliat aneh sama orang, biarin aja dibilang sok rajin, kan cara belajar orang beda2.

Last but not least, harus hemat…!! Wajib! Kudu!

Ga boleh tergoda dengan hal2 yang ga penting di kampus, di jalanan ato dimana pun itu. Ga beli susu instan lagi, ga beli minuman manis botolan yang mahal tu lagi, ga beli makanan ga penting di minimarket lagi (kalo mo ngemil, udah, weekend aja, di rumah aja puas2in). ga boleh sering2 ke mini market, tergoda selalu, mikir dg skala prioritas aja.kalo buku2, buat blok depan aman… buku obgyn dah punya, tentang hormon bisa liat di IPD ato patofisiologi aja, ntar bisa ditambah2in searching di internet (yang jelas, no WARNET! Ga boleh ke WARNET! Di hotspot gratisan aja, biarin deh jadi hantu labkom aja sekalian bareng tahul, hoho keseringan nongkrong kami di sana). Kalo pulsa? Huwa… ini yang susah…, baiklah cari alternative lain lah yang provider yang katanya murah itu, coba dulu itu, pengeluaran banyak di sini. Trus apa lagi ya? Pengeluaran2 wajib lainnya ga bisa di cut, ya mo gimana. Yang jelas usahain ga ngutang2, takut jadi kebiasaan. Ayo hemat ce!! Kalo kekumpul duit langsung setor ke bank, jangan banyak mampir di dompet, ntar ga nyadar udah abis aja :P. n harus lihai nih, liat2 peluang tuk dapetin duit, n menahan mata untuk hal yang bisa nguras kantong, hihi…, kayaknya ce alergian dulu deh sama yang namanya toko buku.

Resolusi! Ayo produktif! Ayo hemat! ^__^


 

Ps: banyak jalan menuju Korea Roma

11 Juni 2010

Abang Ody ke Korea, take care cinta…

Wednesday, June 09, 2010, 11:05 pm

Malam ini, ya malam ini beliau ke Korea, Abang ce satu2nya(sekarang, dulu ga) itu dah terbang untuk ke negri ginseng sana, Negara yang sekarang lagi digandrungi remaja putri di Asia karna aktor2nya yang kata temen saya pada cakep2 (hmm.. menurut ce relative kok, dimana2 juga ada orang cakep, di sini juga). ngapain dia disana?

Ooohh.. Cuma bentar doank kok, 1 bulan, tapi ada hal dahsyat yang terjadi gara2 perginya dia penataran ke Korea ini. Apa coba?

Dia nikah.

What? How come?

Nikah yang dramatis! Ups… bukan konsumsi public, hehe, yang jelas emang udah sepatutnya abang ce tu nikah biar jiwanya tenang, godaan jaman sekarang ga main2 euy, iman separuh sulit dipertaruhkan , so lengkapilah deen mu itu ketika memang sudah waktunya (saia, sepertinya belum, yay).

Baraakallahulaka wa baaraka 'alaika wa jama'a baina fii khair… do'a ce buat Abang Ody dan kakak baru ce, kak Nur'aini ^_^,

Moga pernikahan ini menjadi bahtera kehidupan yang tegar ketika menghadapi badai, menjadi madrasah akhlak mulia terbaik untuk jundullah2 kecil (huhuy.. saia pengen punya ponakan :P, banget!), menjadi ladang di dunia yang hasilnya akan di tuai di syurga kelak, amin…


 

Weeww.. banyak hal yang terjadi beberapa hari yang lalu dibalik pernikahan itu, untuk beberapa hari ke depan juga, mungkin, dan aktornya masih sama, meski ce cuma figuran tapi ce tetep usaha kok supaya cerita ini happy story, maunya sih happily ever after kayak di ending fairy tale gitu, tapi apa daya, inilah kehidupan, kita tetap wajib berusaha, scenario terbaik sudah dipilihkan oleh Allah, yup… inilah yang terbaik.



 

Dadah abang ce sayang..

Jangan nakal2 di sana

Banyak makan

Ntar harus rajin bales e-mail ce

Ntar beliin oleh2 buat ce(dasar! Mupeng bgt nih)

Jangan terputus do'a utk kami yang di rumah ni supaya 'baek2' aja


 


 

Ya Allah, lindungi ia Ya Hafidz, moga tiap langkahnya selalu ditujukan untuk meraih ridhoMu, amin..


 

Ps:hiks..hiks… ga bisa nelpon Abang sebelum take off, ga punya pulsa

Huhu..ga ada lagi yang nelponin ce qabla shubuh lagi.., entahlah kalo sebulan abis ini ya? Tapi dia kan udah punya istri… ntar udah lupa sama Cecelia T.T (mulai deh.., cemburu… huhu dasar anak kecil :P)

07 Juni 2010

ce lagi jatuh cinta

senin, 7 juni 2010

cinta itu membuat rindu
mencandu juga

tapi tak hanya itu
ia harus di jaga agar tak layu


bermula ketika menyadari, akan rugi sekali bila tak mencintainya
akan kosong, tak berarti
lalu cemburu, melihat orang terdekat ce juga mencintainya..
(huhu..tak mau ketinggalan :P)

baiklah..
ce akan berusaha untuk selalu mencintainya, menjadikannya sesuatu hal yang tak bisa lepas dari hidup ce, mulai dari detik ini, with Allah will


ok, ce lagi jatuh cinta pada Al qur'an, lebih tepatnya utk menghafalnya (meski berasa sulit bgt, tapi kalo biasa pasti bisa), moga cinta ini terus tumbuh subur.. amin


ps:
thx to Allah, akhirnya keinginan itu mengkristal
thx to stella, saia tak mau kalah denganmu
thx to abdul aziz, my little nephew, ketika aziz nyetor hafalan surat an-naba nya (40 ayat euy) pada ce, salut n malu banget sama aziz..., dia masih 3 tahun! udah bisa segitu, masa ce kalah?! (hehe baru nyadar neng?)
maka ce bakal bikin resolusi!hafal al qur'an sebanyak yg ce mampu, coz i'm falling in love with that thing now ^_^

04 Juni 2010

Soal hematolimfopoetik (hari 2)

Friday, June 04, 2010, 2:04 am

  1. Anak golongan darah A, ibu AB, kemungkinan ayah gol drh..
    1. A
    2. B
    3. AB
    4. O
    5. Benar semua


       

  2. Organ limfoid primer adalah..
    1. Limfe
    2. SST


       

  3. Sel plasmid terdapat pada kelenjar limfe..
    1. Koteks
    2. Parakorteks
    3. Medulla
    4. SST


       

  4. Pernyataan yg benar mengenai hyperplasia reaktif adalah


     

  5. Pernyataan yang benar mengenai sinus histiosit adalah


     


     

  6. Penyakit cat-scratch disebabkan oleh

    Bartonela henseloe


     

  7. Penyakit Hodgkin dhubungka dg infeksi virus

    EBV


     

  8. Pernyataan yg benar mengenai reed sterenberg klasik kecuali
    1. Inti 2
    2. Berlobus 2
    3. Dikelilingi daerah halo
    4. Inti multiple


       

  9. Scenario ; anak umur 6 th pucat, perdarahan, pemeriksaan darah tepi terlihat sel blast,kemungkinan terkena
    1. Anemia
    2. Leukemia
    3. Limfoma


       

  10. Leukemia yang mungkin pada scenario di atas
    1. LLA
    2. LLK
    3. LMA
    4. LMK


       

  11. Baca tentang ciri2 L1


     

  12. Diagnostic pasti leukemia adalah


     

    SST > 30%


     

  13. Prognosis buruk utk leukemia kecuali
    1. Umur 1-10 tahun
    2. Hiperleukositosis > 50.000
    3. L3
    4. Pembesaran KGB mediastinum
    5. Sel leukemia pd LCS


       

  14. Yg termasuk keluhan mieloproliperatif
    1. LMK
    2. Polisetemia vera
    3. Mielofibrosis
    4. LLA
    5. Mielid


       

  15. Yg termasuk kelainan limfoproliperatif, kecuali
    1. LLA&LLK
    2. Limfoma
    3. Polisitemia vera
    4. Myeloma multiple
    5. Makroglobulinemia walderstrom


       

  16. Auer rod terdapat di

    LLA/ leukemia akut


     

  17. Untuk menentukan asal sel blast pada leukemia dilakukan pemeriksaan
    1. SST
    2. Sitokimia
    3. Sudan black B
    4. Peroksidase


       

  18. Pada leukemia simfositik kronik ditemukan
    1. Sel blast
    2. Sel matang


       

  19. Pada pem. Lab ditemukan mieloblas dan monoblas, termasuk leukemia?
    1. M2
    2. M3
    3. M4
    4. M5


       

  20. Criteria dr remisi lengkap , kecuali
    1. Keadaan umum baik
    2. Keluhan dan gejala hilang
    3. Sel blast pada SST < 5%


       

  21. Pemeriksaan utk penentuan stadium
    1. foto thorak
    2. BNO /IVP
    3. SST


       

  22. Scenario; KGB di supraklavikular dan inguinal, stadiumnya
    1. IIA
    2. IIB
    3. III
    4. IV


       

  23. Klo sudah pembesaran di ekstalimfatik yg difus, kemungkinan stadium
    1. IIA
    2. IIB
    3. III
    4. IV


       

  24. Pengobatan utk std. di atas adalah
    1. Radioterapi
    2. Kemo
    3. Radio +kemo


       

  25. Scenario; seseorang kecelakaan, kekurangan darah, baiknya ditransfusi
    1. Darah segar
    2. PRC
    3. Washed red cell
    4. FFP
    5. Trombosit


       

  26. Baca tentang perbedaan IgG dan IgM


     

  27. Kesalahan pd penggolongan darah, kecuali


     

    1. Adanya sub grup gol.A
    2. Perubahan reaksi antigen antibody krn penyakit
    3. Titer zat anti yg terlalu rendah atau tinggi


       

  28. Scenario; seorang anak laki2,18thn, BB>60kg, bbrp minggu yg lalu baru operasi amandel, ingin transfusi, tp PMI tdk mau melakukan tranfusi krn anak tsb
    1. Umur 18 thn
    2. Bb >60kg
    3. Pasca operasi


       

  29. Anak tsb hrs menunggu utk tranfusi selama
    1. 4mgu
    2. 6bln


       

  30. Keuntungan dari darah simpan


     

  31. Penderita defisiensi F VIII diberi transfusi


     

    Cryopresipitat


     

  32. Pem. Lab sblm transfusi, kecuali


     

  33. HDN terjadi, kecuali


     

    1. Ibu Rh -, ayah +
    2. Ibu Rh -, ayah –
    3. Ibu gol drh O, anak A
    4. Ibu gol A, anak B
    5. Ibu gol O, anak AB


       

  34. Indikasi PRC adalah
    1. Anemia kronik
    2. Anemia sblm operasi
    3. Perdarahan akut


       

  35. Pengobatan utk tidak cocok tranfusi adlh
    1. Analgetik
    2. Kortikosteroid


       

  36. Reaksi transfusi plasma yg menimbulkan urtikaria bereaksi dg
    1. igM
    2. IgG
    3. igA
    4. igE


       

  37. Reaksi transfusi plasma yg menimulkan anafilaktik bereaksi dg
    1. igM
    2. igG
    3. igA
    4. igE


       

  38. Pd transfusi massif mengakibatkan
    1. Hiperkalsemia
    2. hipokaternia
    3. Hipokalsemia

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget