31 Agustus 2009

Maanta pabukoan

Saturday, August 29, 2009 4:48 pm

Sebenernya bukan c yang maanta pabukoan (ataw bahasa jadulnya nganterin makanan buat buka puasa), tapi Niwa c, buat keluarga suaminya. Jadinya kami 2 hari ini masak buanyaakkk banged, gimana ngga?, bakalan nganter pabukoan buat 5 rumah, so pasti bikinnya banyak. Asli cape' banget dah.


 



bikin rendang 2 kg daging, mana di tungku lagi(kalo di kompor bakalan selese taon depan), huhuhu repotnya minta ampun, panas asapnya aja dah bikin wajah c memerah, apalagi 'mangincah randang' tu ga bisa sejam dua jam, tapi kemaren tu dari zuhur ampe menjelang maghrib baru kering kuahnya…fiuh….cuapekkk. trus kemaren juga bikin gulai 'sampadeh' ikan tongkol yang gede2 itu

(ni ga terlalu susah, tinggal kasih bumbu, ntar ditinggal aja di atas kompor dg api sedang juga mateng sendiri)

hmm.. apa lagi ya? Oia, soup buntut+ kaki ayam juga

dan goreng ikan tongkol (ni buat di rumah aja). Hari itu tuk pabukoan di rumah hanya es cendol sagu+beras aja


 

Hari kedua, tadi, masih banyak yang mo dibuat ternyata, bikin goreng ayam (yang potongan gede2 dg cabe goreng yg buat dendeng, wuih menggoda iman ding)



, bikin gulai kuning ayam (ngeliatnya ga nahan)
,
bikin agar-agar 6 cetakan besar
,
dan yang paling repot nih, bikin 'lapek bugis'
,
ribet banget, dari adonannya yang kurang kaliks lah, daun buat bungkusannya yang mudah sobeklah, awalnya juga kami ga ngerti banget2 gimana cara membungkus lapek bugis tu (c baru sekali ni ikutan bikin lapek, huhu..), ya sudahlah, kami berguru pada tetangga sebelah, Elok namanya, hix..hix… c abis2an di ejekin, coz bungkusnya ga cakep mulu, udah kecil, kempis pula..hahaha.. maklum, amatiran, tapi pada akhirnya beliau muji juga, pada bungkusan c yang udak kesekian kalinya udah baguslah…hohoho…senengnya ^_^. Sebelum ashar tadi, Apa, Ama dan Niwa udah berangkat ke Limau Hantu (wuih serem banget nama daerahnya :P).


 

hmm… kalo c pikir2 enak banget kalo orang minang ni punya banyak anak laki-laki, coz nantinya bakalan banyak menantu yang bakal nganterin makanan rantangan, ada malahan bisa 3 kali setaon, yang maanta(mengantar) sambareh (serabi) pas bulan maulid lah, maanta
Lamang pas mau puasa lah, maanta
pitah mo lebaran lah, maanta juadah waktu baralek lah…. aduh… panjang daftar maantanya, apalagi kalo kelurganya keluarga besar( di samping ortu juga mamak2nya, kakak2nya, mandeh2nya…blablabla-nya), wuih… ga nanggung2 dah (nenek c pernah nganterin ke 18 rumah, oh no!…. seberapa banyak masak nya itu???). ya mau gimana lagi, adatnya udah segitunya, susah di tawar2…


 

ps: bagusnya Abang C ntar nikahnya sama orang minang juga kali ya, biar kami dapet hantaran balik, guahahaha.. siapa tau… (tapi Abang udah bikin warning duluan, ga mau 'di beli' sama orang Pariaman :P, but just wait n see)


ps[lagi] :fotonya bukan yang hasil karya c tuh, ambil dr mbah google aja, coz ribed bgd dah..

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget