30 Desember 2011

see, saw, seen






kedua novel diatas bukan serial, tapi IMO itu setipe, kisah menginspirasi ceritanya.
sudut pandang saya berbeda sebenarnya ;
"kenapa selalu pemeran utama wanitanya selalu meninggal??"
jawab : ya karna takdirnya.
ya..ya.. kalo ngga mikir ini kisah nyata maka saya bakalan protes sama yang bikin cerita, ngehehe #nakal

"tapi, kok penyakitnya dua-duanya sama akutnya? tiba-tiba aja? ngga ada angin, ngga ada hujan (dan memang mereka bukan karena demam dan masuk angin juga sih), sakit, masuk rumah sakit, lalu meninggal dengan damai, proses penyakitnya begitu cepat dan sepertinya pengobatan ngga ngefek deh"

hahai, protes yg ga penting juga sih sebenernya, mungkin yg menceritakan kembali tidak mau mendetailkan cerita sedihnya, hmm..hmm..

frankly speaking, ce suka sekali covernya, seperti suka ce sama cover buku dibawah ini (tau persamaannya dimana?)

26 Desember 2011

sirkumsisi

sirkumsisi atau khitan atau sunatan
alhamdulillah sudah ketiga kalinya berkesempatan untuk mencoba operasi minor ini; nyunat.
pada awalnya jadi co-op (co -operator) bareng kak nisa emilia, waktu itu baksos BSMI yg pake electric cauter (istilahnya pake pisau listrik, hehe ngasal).
takut2 sih sebenernya, takut salah, takut melakukan kecerobohan (padahal cuma ngambil-ngambil alat aja) sampe ganggu operatornya kerja, tapi alhamdulillah lancar ^^
nyunat kedua jadi runner dan operator tapi udah nyoba menjahit kulit penis dan mukosanya walau sambil grogi (hadeh.. kasian ya yang di sirkumsisi masal kayak gini ^^')

setahun kemudian (atau hari minggu kmrn) baru deh jadi operator. sirkumsisi manual.
saya lagi-lagi grogi, tapi modal nekat jadi juga ... (berdo'alah banyak2 dek, semoga tidak terjadi apa-apa ;3 )
anaknya umur 8 tahun, paginya udah masuk ruang sirkumsisi tapi keluar lagi karna ga berani kalau ngga ditemani keluarganya. sore , masuk lagi, dan ternyata sebenernya dia kooperatif.


saya didampingi supervisor (senior 05 juga sih, hehe) yang instruksiin ini itu (maklum si OP juga banyak lupa step-stepnya) 2 co-op dan 1 runner.
here we go
- mulai cuci tangan dg alkohol dkk, pasang hand schoen, dan eng..ing..eng..

- anamnesis pasien, tanyain pipisnya biasanya gimana (bediri atau duduk, lancar/ga), ada pernah jatuh dan berdarah2 lama ngga, ada punya sakit lain ato ngga, dll

- baca do'a dulu :)

- kasih betadin dulu disekitar pubis (kemaluan si anak)

- mulai bius si anak dengan loratadin 1 ampul di bagian pangkal penis, rasakan saja ada cekungan disana. bilang aja sakitnya pas gini aja, abis tu ngga lagi. hebatnya si anak ga histeris kayak yang lainnya (lagian juga dia direkam sama abangnya yang pada akhirnya ikutan masuk)

- suntik juga di bagian bawah penis, dikiri dan kanan pembuluh darah yang ditengah itu. massage.
- coba saja klem ujung penis si anak, kalo ngga ada ekspresi apa2 (teriak, mengaduh, dll) berarti biusnya udah jalan

- bersihkan gland penis si anak, disini preputium yang lengket itu di lepaskan dengan klem bengkok, perlahan tapi pasti aja, nanti sampe keliatan lengkungan/ leher/frenulum dibawah gland tsb dan kita akan menemukan smegma (kotoran putih-putih) yang biasanya akan bikin infeksi kalau ngga dibersihin atau kalau orang yang ga sunat, itulah yang jadi sumber infeksi dikemudian hari. bersihin pake kasa dg betadin, jangan dg kapas.

- abis itu pasang klem lurus di arah jarum 10 dan jarum 2 (ada yang bilang juga jam 11 dan jam 2), klem bengkok di arah jarum 6. ga usah jauh2, yang penting bisa megang aja.

- mulai gunting secara melingkar (sirkum) di sisi kanan dan kiri klem lurus tadi, yang klem bengkok di bawah biarkan aja (itu arteri, harus diikat dulu). fufufu ini bagian yang seram, kalo ngga hati2, bisa lewat tu gland penis, atau terlalu bersemangat memotong hingga atas dan menyisakan kulit yang sedikit dan sulit untuk dijahit kembali. maka lakukan dg gentle, bagian gunting yang tebal menghadap ke dalam (mukosa) dan runcing diluar.

- setelah itu biasanya akan banyak darah, segera cari sumber perdarahan (biasanya diantara kulit dan mukosa yang preputiumnya kita gunting tadi), serap darah dg kasa, tekan agak lama lalu lepaskan, lihat ada perdarahan aktifnya atau tidak. jika ada, cubit dengan klem lurus jaringan kulit-mukosa disana (dengan asumsi yang di jepit adalah nadi/vena yang keluar darahnya), lalu ikat (ligasi) dengan benang, cukup ikat simpul mati biasa saja (tapi ikatnya dibantu nail holder, saya masih bingung simpul-simpulnya). ada 3 perdarahan waktu itu, bikin lama sih dan ternyata bius di anak sudah mulai hilang dan dia mulai histeris, maka dengan agak susah payah saya injeksikan (suntikkan) kembali lidokain tadi.

- kemudian kita mengikat arteri (arteri profunda kah??) dengan 'jahit 8', dari mukosa preputium berarteri tadi yang kanan (kanan anak) hingga menembus belakang, lalu jarum menuju bagian kiri yang menembus kulit saja, lalu menuju kulit sebelah kanan, benag lewat melingkar diatasnya, tusuk trus nyampe mukosa di seberangnya[ ini hanya berdasarkan apa yang diajarkan on the spot, teori aslinya entahlah, wkwkwk). kemudian bikin simpulnya,potong bagian ujung yang tidak terikat.

- step selanjutnya tentu memperbaiki bentuk yang koyak itu dengan di- hecting (jahit). karna belum mahir menjahit dengan simpul di dalam mukosa dan kulit (katanya kalo udah ko-ass di siklus bedah bakal diajarin yang beginian nih) jadi masih jahit kulit-mukosa dengan simpul benang diluar. caranya jinjit kulit penis tsb dan tusuk dg jarum berbenang, lalu kira2 1cm jinjit juga mukosa yang sejajar dan tusukkan juga, tarik benang, bikin simpul (simpul pertama jgn terlalu kuat, kedua dan sterusnya boleh kuat).

- setelah dijahit ; kiri, kanan, atas, bawah kiri-kanan maka observasi terus, ada perdarahan atau ngga.

- kasih salep antibiotik didaerah bekas luka dan tahan posisi menggantungnya penis si anak dg kasa yang digulung dan ditempelkan ke kulit perut dg plester.

- sudaaah...

total ce 2 jam ngerjain 1 pasien tu aja..
lama banget kan?
dan menghabiskan 6-7 ampul lidokain, sampe2 di anak jadi ngantuk banget gitu.

alhamdulillah lancar(takjub bgt ce rasanya), ga terlalu ada kendala berarti.
hmm..hmm... semoga sampe dirumah pun sianak ga kenapa2, ^^



24 Desember 2011

menunda

tak pernah kapok.
aduh.

ilmu

Niscaya Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Qur’an Al mujadalah 11)

Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)

Seseorang yang keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu niscaya Allah akan mudahkan baginya jalan menuju Syurga (Shahih Al jami)

Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke syorga. (HR. Muslim).

“Barangsiapa melalui suatu jalan untuk mencari suatu pengetahuan (agama), Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.”(Bukhari)

Siapa yang keluar untuk menuntut ilmu maka dia berada di jalan Alloh sampai dia kembali (Shahih Tirmidzi)

Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu. (HR. Ath-Thabrani)

Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Qur’an dan yang mengajarkannya (HR bukhari )

Kelebihan seorang alim (ilmuwan) terhadap seorang ‘abid (ahli ibadah) ibarat bulan purnama terhadap seluruh bintang. (HR. Abu Dawud )

Siapa yang Alloh kehendaki menjadi baik maka Alloh akan memberikannya pemahaman terhadap Agama (Sahih Ibnu Majah)

Duduk bersama para ulama adalah ibadah. (HR. Ad-Dailami)

Hadis riwayat Abdullah bin Masud ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Tidak ada hasad (iri) yang dibenarkan kecuali terhadap dua orang, yaitu terhadap orang yang Allah berikan harta, ia menghabiskannya dalam kebaikan dan terhadap orang yang Allah berikan ilmu, ia memutuskan dengan ilmu itu dan mengajarkannya kepada orang lain. (Shahih Muslim No.1352)

Abdullah bin Mas’ud berkata, “Nabi saw bersabda, Tidak boleh iri hati kecuali pada dua hal, yaitu seorang laki-laki yang diberi harta oleh Allah lalu harta itu dikuasakan penggunaannya dalam kebenaran, dan seorang laki-laki diberi hikmah oleh Allah di mana ia memutuskan perkara dan mengajar dengannya.(Bukhari)

Termasuk mengagungkan Allah ialah menghormati (memuliakan) ilmu, para ulama, orang tua yang muslim dan para pengemban Al Qur’an dan ahlinya, serta penguasa yang adil. (HR. Abu Dawud dan Aththusi)

Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan aka dilipat gandakan sepuluh, saya tidak mengatakan ,”Alif,lam,mim” satu huruf , tetapi alif satu huruf , lam satu huruf , dan mim satu huruf,(HR Bukhori)

Janganlah kalian menuntut ilmu untuk membanggakannya terhadap para ulama dan untuk diperdebatkan di kalangan orang-orang bodoh dan buruk perangainya. Jangan pula menuntut ilmu untuk penampilan dalam majelis (pertemuan atau rapat) dan untuk menarik perhatian orang-orang kepadamu. Barangsiapa seperti itu maka baginya neraka … neraka. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Hadis riwayat Abu Musa ra.: Dari Nabi saw. bahwa beliau bersabda: Perumpamaan Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung dalam mengutusku untuk menyampaikan petunjuk dan ilmu adalah seperti hujan yang membasahi bumi. Sebagian tanah bumi tersebut ada yang subur sehingga dapat menyerap air serta menumbuhkan rerumputan dan sebagian lagi berupa tanah-tanah tandus yang tidak dapat menyerap air lalu Allah memberikan manfaatnya kepada manusia sehingga mereka dapat meminum darinya, memberi minum dan menggembalakan ternaknya di tempat itu. Yang lain menimpa tanah datar yang gundul yang tidak dapat menyerap air dan menumbuhkan rumput. Itulah perumpamaan orang yang mendalami ilmu agama Allah dan memanfaatkannya sesuai ajaran yang Allah utus kepadaku di mana dia tahu dan mau mengajarkannya. Dan juga perumpamaan orang yang keras kepala yang tidak mau menerima petunjuk Allah yang karenanya aku diutus. (Shahih Muslim No.4232)

Abu Musa mengatakan bahwa Nabi saw bersabda, “Perumpamaan apa yang diutuskan Allah kepadaku yakni petunjuk dan ilmu adalah seperti hujan lebat yang mengenai tanah. Dari tanah itu ada yang gembur yang dapat menerima air (dan dalam riwayat yang mu’allaq disebutkan bahwa di antaranya ada bagian yang dapat menerima air), lalu tumbuhlah rerumputan yang banyak. Daripadanya ada yang keras dapat menahan air dan dengannya Allah memberi kemanfaatan kepada manusia lalu mereka minum, menyiram, dan bertani. Air hujan itu mengenai kelompok lain yaitu tanah licin, tidak dapat menahan air dan tidak dapat menumbuhkan rumput. Demikian itu perumpamaan orang yang pandai tentang agama Allah dan apa yang diutuskan kepadaku bermanfaat baginya. Ia pandai dan mengajar. Juga perumpamaan orang yang tidak menghiraukan hal itu, dan ia tidak mau menerima petunjuk Allah yang saya diutus dengannya.” (Bukhari)

Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu lalu dirahasiakannya maka dia akan datang pada hari kiamat dengan kendali (di mulutnya) dari api neraka. (HR. Abu Dawud)

Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat. (HR. Al-Baihaqi)

Apabila kamu melihat seorang ulama bergaul erat dengan penguasa maka ketahuilah bahwa dia adalah pencuri. (HR. Ad-Dailami)

Sesungguhnya Allah tidak menahan ilmu dari manusia dengan cara merenggut tetapi dengan mewafatkan para ulama sehingga tidak lagi tersisa seorang alim. Dengan demikian orang-orang mengangkat pemimpin-pemimpin yang dungu lalu ditanya dan dia memberi fatwa tanpa ilmu pengetahuan. Mereka sesat dan menyesatkan. (Mutafaq’alaih)

Saling berlakulah jujur dalam ilmu dan jangan saling merahasiakannya. Sesungguhnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebih berat hukumannya daripada berkhianat dalam harta. (HR. Abu Na’im)

Sedikit ilmu lebih baik dari banyak ibadah. Cukup bagi seorang pengetahuan fiqihnya jika dia mampu beribadah kepada Allah (dengan baik) dan cukup bodoh bila seorang merasa bangga (ujub) dengan pendapatnya sendiri. (HR. Ath-Thabrani)


ps: bukan dari catatan sendiri, hanya berbagi file dari teman
credit to ires

akar rumput

kroni-kroni
akar rumput
partisipan

ya..ya..ya..
oh tidak..tidak..tidak..

sejak kapan bisa menyepelekan hal yang kecil?
sejak kapan kita bisa mengklaim bahwa ia tak punya peran?
sejak kapan kita bisa memastikan yang besar itu lebih benar dan bisa menguasai apa maunya si akar rumput?

*
umm ..bicara apa kita?
oh, tidak, tidak bicara apa-apa

20 Desember 2011

pada apa aku mengaca
pada apa aku membaca
pada apa aku mewujudkan

segala cinta itu!

ibu

ibu

ibu

bayi merah itu sudah bisa memelukmu

ibu

ibu

ibu

ingin mengatakan cinta padamu
setiap hari
setiap kali
setiap cinta

allahummaghfirli wali wali dayya warhamhuma kaama rabbayana saghiraa

16 Desember 2011

patah hati mambaok karam

Nyampang biduak karam ditangah
Denai usah adiak salahkan
Eloklah kini bapaik dahulu
Sabalun biduak kito balayia

Biduak den oleang , cadiak pun tido
Namun adiak kareh juo
Tapi kini apo nan tasuo
Lah baduo mangkony seso
Lah baduo mangkonyo seso

patah hati mambaok karam
Mambaok badan sansai jadinyo
Dek manuruikkan kandak dihati
Lah di tapi mangkonyo karam

14 Desember 2011

angry bird dan anak-anak

once upon a time
ah bukan,
pada akhirnya...
micelia memutuskan untuk memandikan si blacksweet ( a.k.a motor bebek hitam kumal yang telah melanglangbuana di ketaping city dan padang city)

diantara jeda kuliah dan skills lab, saya membawa dia ke ahlinya ;
"cuci motor"
hahaha, utk mencucinya sendirian sekarang, saya nyerah,dia benar2 parah, maklum saja sebelumnya motor ini berprofesi dari rumah LA menuju ladang Apa di ketaping, sering dipinjam oleh pekerja ladang, dan tentu tidak pernah dicuci. saya menyerah untuk itu.

dan si abang tukang cuci motor pun mengatakan hal yang sama, untunglah dia tidak menyerah seperti saya :P

wah, bukan cerita ini intinya
di tempat pencucian tersebut saya dihampiri gadis kecil yang berseragam putih merah;
"ini siapa ya?"
wah, kalimat sapaan yang sopan ya dek..
"oh, cuma mau nunggu cuci motor" jawab si-siapa tadi
dia masuk ke dalam rumah, tapi kembali lagi
"kakak kuliah dimana?"
"di jati, fk unand" si siapa belum dapat feel ngomong
"oh, bukan bung hatta ya?" tanya nya lagi
si-siapa menggeleng, lalu si gadis berlalu lagi

tuing..tuing... dia muncul lagi
"kakak, hape kakak layar sentuh ya?"
"Iya.." mengangguk dengan patuh
"apa merk nya kak?"
"samsung" aduh, sebenarnya saya cuci motor atau interview sama anak ini sih?

"oo.. boleh liat kak?"
wew, speechless dan tanpa curiga memberikan hape dan membukakan kuci layarnya
jeng..jeng..jeng, datanglah adiknya..
"apa tu kak?" dia berjinjit melihat apa yang dipegang kakaknya
" ee... ima jangan megang2, rusak hape kakak ni nanti haa" cegah si kakak yang masih berkutat dengan layar depan hape si-siapa

"siapa namanya tadi? ima ya?" saya gemas melihat senyumnya
"iyaaa, irma noer ... " suara cempreng lantangnya menjawab
"udah teka?"
"udaaaah " senyum bangga memperlihatkan deretan giginya yang rapi."apa tu kak?"
"kak, nama kakak siapa kak?" well, pada akhirnya si gadis berbaju putih merah itu menanyakan nama saya setelah dengan sukses meminjam hape saya.

"ice"
"oo.. kak ice" memandang sejenak dan kemudian kembali berkutat dengan hape saya.
"kak, ini ada permainannya ga?" tanya di gadis
"ada,ini nih" memilihkan angry bird, karna saya masih ragu dia bisa memainkan table challenge atau ngga.
"ooh.. rama punya nih pena nya" excited
"yaa..ya.."
"kak, ima juga mau" di adek lompat-lompat berusaha menjangkau tangan kakaknya.
"ee.. ima jangan, nanti rusak hape kak ice" lagi2, si kakak melarang.
"aaa....." si adek merajuk
"ganti2an aja rahma, irma " saran saya
ya, pada akhirnya mereka berdamai dan ganti-gantian main angry bird, meski pun ga pernah lolos satu level pun.
dan saya bermain dengan si kecil lainnya saja, si khalil.

sebelum saya pulang si irma bertanya;
"besok kakak kesini lagi kan?"
" hehe, ya ngga lah, kan motornya belum kotor .."
berpikir sejenak " oo... "
dia pasti kecewa, dia pasti merindukan saya, oh bukan, hape saya :p


ps: ketika membuka galeri saya, mereka bilang ; "wah, kakak imut2 disini"
saya jawab ;"hehe" -darimana kalian pandai merayu seperti itu?

yang dirasa

bicara kata
bicara luahan hati

kata yang baik, setidaknya perlu hati yang baik

jika hati sedang dalam kondisi yang tak baik
berhati-hatilah dalam berkata-kata

namun, seburuk apapun suasana hatimu
berusahalah menghadirkan kata-kata yang terbaik
berusahalah meredam kecamuknya
berusahalah...
berusahalah...
la taghdob
la tahzan

*jangan sering-sering galau,
buat apa galau
buat apa galau
galau itu tak ada gunanya...
hehe

obgyn

junior clerckship di obgyn (kebidanan-kandungan) itu asik.
bener deh.
bisa lihat bayi-bayi merah yang lucu dan mungil :3
bisa lihat partus, hehe

#JC terakhir, insyaAllah ^^

episode tantrum

anak tetangga, selalu ngamuk kalau lewat jam 12 malam
kenapa?

04 Desember 2011

another story of HIV-Aids

Ini sebenarnya cerita sedih, denger dari temen;
Ada seorang lelaki yang benar-benar preman, benar-benar preman.
Tapi Allah masih sayang dia, Allah masih mau negur dia, dengan sebuah ujian yang berat, HIV.
Dia pun tobat.
Benar-benar tobat, mengikuti kajian, beribadah mulai dilakukan.
Dia masih seorang pemuda, masa depan ? ah entahlah, usah dibayangkan, tapi ia punya keinginan untuk melengkapi separuh agamanya lagi. Tapi siapa sudi? Siapa mau berbagi hidup dengan ODHA?
Adalah seorang akhwat yang punya simpati, luarbiasa baik hatinya hingga mau menerima si lelaki, sanggup menanggung tentangan keluarga dan masyarakat.
Mereka dikucilkan.
Anak mereka pun sekarang dikucilkan, hanya beberapa tetangga yang masih peduli memberi ia makan.
Ya, anak mereka sekarang sebatang kara. Si pemuda, sudah meninggal karena Aids-nya, si istri juga menyusul kemudian. Anak itu kurus sekali, penyakit itu tak kenal ampun padanya, tumbuh kembangnya terhambat, mudah sekali terserang penyakit lain.

Huff…
Seharusnya mereka masih punya harapan
Bagaimana pula si pemuda bisa mendapatkan pengobatan secara terus menerus jika dikucilkan?
Seharusnya si anak masih bisa mengenal ibunya
Karena pengucilan itu maka si istri terhambat untuk memeriksakan kandungannya yang seharusnya di usia 3 bulan harus diberi ARV(anti retro viral), dan ia bagaimana pula bisa melahirkan secara sectio caesaria (melahirkan secara operasi laparatomi, cara melahirkan ini bisa menghindarkan si anak terkena virus HIV) jika hidup dalam kemiskinan?
Bagaimana pula si ibu bisa menghindarkan pemberian ASI nya yang mengandung HIV ke bayinya, sedang mereka tak punya apa-apa.

Ya Allah..
Kalau ada yang bilang si pemuda itu jahat, ya dia jahat dulunya, tapi untuk menularkan kepada istrinya, siapa yang tau itu memang keinginanya, siapa yang tau jika dia memang minim informasi tentang penyakitnya, tentang pencegahan penularannya?
Kalau ada yang bilang si istri tolol,mendzolimi diri sendiri, tanyalah pada diri, andai saya sebagai dia?
Ya, mungkin saja si istri semalang sang suami, tak tahu apa-apa, hanya taat pada suami yang sudah baik memperlakukannya. Malang lagi semua mengucilkan, apatah yang mau diperbuat.
Kalau ada yang bilang; “kasian sekali si anak”. Ya, memang kasihan, dia tak berdosa apa pun, dia pun tak memilih untuk dilahirkan dari ibu penderita HIV. Tapi ya gitu, ia masih disia-siakan hingga sekarang.

*ini kisah nyata. Jangan sampai terulang lagi.

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget