30 September 2010

hari ini, setahun yang lalu

Thursday,30 september 2010

pukul 17:15 memang sudah berlalu, dan gempa itu ga memperingati ulang tahunnya dg mengulangnya tahun ini (semoga saja tak pernah)
tapi kita yang memperingati hal yang sangat masih lekat dalam ingatan..
hari dimana ketakutan akan amarah bumi ini.., akan kekhawatiran sanggupkan kita menjalani ujianNya berupa musibah gempa bumi..

banyak hal yang hilang, tpi itu semua memang hanya titipan..
sethun berlalu, banyak hal yang berubah.., banyak hal patut disyukuri juga, kesempatan yang Allah berikan sekarang semoga tak disia2kan.

ya Allah hasbunallah wani'mal wakiil.. ni'mal maula wa ni'mannashiir...
rahmati negri kami ya Allah...

27 September 2010

Terminologi untuk infeksi/inflamasi saluran pencernaan

Capillary refilling : Waktu pengisian kapiler dievaluasi dengan member tekanan pada ujung jari,  setelah tampak kemerahan segera lepaskan tekanan dan lihat apakah ujung jari segera kembali ke kulit normal. Pada beberapa kondisi menurun atau hilangnya denyut nadi,pucat,kulit dingin kulit jari yang tipis dan rambut yg tdk tumbuh mrpkan indikasi askemia (arterial insufficiency) dengan capillary refill lebih dr 40 detik.

Capillary Refill Time (CRT)  :

  • Normal                              :   10 – 15 detik
  • Iskhemia sedang                :   15 – 25 detik
  • Iskhemia berat                   :   25 -  40 detik
  • Iskhemia sangat berat         : > 40 dtk

Hiponatremia : suatu kondisi dimana kadar Sodium atau natrium dalam serum (baca :darah) lebih rendah dari 135 mEq/L. Meskipun sebagian besar pasien dengan hiponatremia memiliki kadar sodium pada level 125-135 mEq/L dan asimptomatik, hiponatremia yang berat dapat menyebabkan pergerakan cairan akibat perubahan tekanan osmotik dari plasma ke dalam sel-sel otak, yang akanmenyebabkan mual, muntah, sakit kepala dan rasa lemah. Hiponatremia yang memburuk akan menyebabkan kebingungan, refleks yang menurun, kejang bahkan koma.

Pasien-pasien dengan hiponatremia berat dan disertai gejala yang khas,biasanya memiliki kadar sodium darah yang kurang dari 120 mEq/L. Penyebab dari hiponatremia yang berat adalah termasuk intoksikasi air (keracunan air) dan sindrom sekresi Anti Diuretik Hormon yang tidak tepat (inapropriate antidiuretic hormone secretion syndrome). Keracunan air dapat bersifat tidak disengaja, sebagai contoh pada pelari maraton yang meminum air secara berlebihan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, namun tidak disertai penggantian elektrolit (sodium dan klorida) yang turut hilang melalui keringat. Contoh lainnya adalah pada penggunaan obat terlarang MDMA (3,4-methylenedioxymethamphetamine) atau yang lebih populer dengan ekstasi, yang akan menyebabkan hidrasi berlebihan. Selain itu, intoksikasi air dapat juga ditemukn pada pasien-pasien psikiatrik dengan keluhan polidipsia.


 

Askariasis : penyakit parasit yang disebabkan oleh Nemathelminthes
Ascaris lumbricoides. Aska
riasis adalah penyakit kedua terbesar yang disebabkan oleh makhluk parasit. Ascaris pathogenic pada manusia. Ketika sejumlah besar larva melewati peradangan paru-paru dimulai dan penyamarataan pneumonia dihasilkan. Cacing dewasa mungkin terdapat pada usus sejumlah besar sebagai gangguan pada usus dan gejala gugup dapat terlihat sebagai hasil dari sekresi zat beracun oleh cacing. Untungnya beberapa obat tersedia untuk dengan mudah menghilangkan cacing; yang terbaik dari hal ini adalah piperazine citrate dan hexyl resorcinol. Ascaris pada dasarnya adalah penyakit pada anak-anak di Amerika Serikat, tetapi persentase yang tinggi dari orang-orang dewasa di beberapa negara lain dapat terinfeksi. Pelajaran di negara ini telah terlihat bahwa gangguan terutama sekali pada keluarga dimana anak-anak dibiarkan mengotori dengan tanah dekat rumah merera. Di bawah kondisi ini tanah banyak mengandung telur embryo yang menemukan jalan menuju ke mulut anak-anakmelalui tangan yang kotor. Infkesi dapat dicegah dengan mudah dengan menjalankan hidup sehat.


 

Trikuriasis : suatu infeksi yang disebabkan oleh Trichuris trichiura (cacing cambuk usus) . Penyakit ini terutama terjadi di daerah subropis dan tropis, dimana kebersihan lingkungannya buruk serta iklim yang hangat dan lembab memungkinkan telur dari parasit ini mengeram di dalam tanah. Hanya infeksi yang berat yang menyebabkan gejala berupa nyeri perut dan diare.
Infeksi yang sangat berat menyebabkan perdarahan usus, anemia, penurunan berat badan dan peradangan usus buntu (apendisitis). Kadang rektum menonjol melewati anus (prolapsus rektum), terutama pada anak-anak atau wanita dalam masa persalinan.


 

25 September 2010

Sahabat, cerita yang pernah usang

Saturday, 25 September 2010, 12:48 am

Menghela napas selarik…

Mencoba untuk kembali merangkai kata.

Setelah sekian lama blog ini terabai oleh pemiliknya yang sok sibuk, ah sebenarnya bukan begitu adanya, but let it be, tak usah ce membela diri dan segalanya, yang jelas lakukan saja dahulu.


 

Well, seperti ucapan klasik seorang teman, yang selalu terpikir jika tak tau harus berkata apa, tak tau harus bercerita apa, maka mulailah dari apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan.

Rasa? ce belum merasa ngantuk sekarang (tadi siang sudah balas dendam, kangen dengan tidur siang ) dan ce ga ngerasa dingin walo hujan terus mengguyur diluar, Alhamdulillah ce berasa dikamar yang hangat, kamar yang nyaman. Ah ya… suasana hati.., sepertinya masih terbawa suasana buku yang baru saja ce tamatkan, "Daun Yang Gugur Tak Pernah Membenci Angin " oleh Tere Liye, suasana haru, tiba2 banyak mengenang masalalu (tertular dengan sukses oleh novel itu) dan perasaan pengen banget nulis (biasalah… sindrom abis baca buku orang, pasti pengen banget baca buku yang kita nulisnya, haha, semoga!).


 

Hari yang indah, dan ce mendapat kado yang indah dari sahabat ce, sahabat yang berani meraup tangan ce dan menggenggamnya erat (ah ya ce pernah menuliskannya setahun yang lalu di sini), meski 11 september sudah jauh tertinggal dipilin hari, namun tak mengapa, ia masih sangat mengerti, bahwa sekecil apapun sesuatu darinya itu sangat berarti untuk hari yang berarti bagi ce itu, walau hanya sekedar ucapan.


 

Hey, ada yang memanas dipelupuk mata, bukan..bukan…bukan saatnya kamu keluar sekarang…


 

Ce terharu sepertinya, terasa buncah di dada, terasa bahagia, terimakasih ya Allah, ce punya banyak sahabat yang menyayangi ce, yang memberikan do'a2 kebaikan untuk ce, yang mengingatkan khilaf-dosa ce, yang bersedia meminjamkan pundaknya jika lelah itu sejenak menyapa, yang .. saling berbagi ucapan "terimakasih sahabat, kamu udah nemenin hariku hari ini ^_^" (ini ga mesti harus langsung, setidaknya harus ada interaksi, bahkan jika itu hanya lewat do'a).


 

Ya Rahman…., Engkau pertemukan kami, Engkau tautkan hati kami, tak putus rasa syukur atas semua itu, semoga persahabatan ini bisa lebih mengakrabkan kami kepadaMu, karuniakanlah hamba sahabat2 yang jika hamba bersamanya menambah keimanan hamba kepadaMu, dan semoga hamba pun mampu untuk menjadi sahabat yang baik. Amin Ya Rahiim..


 


 

18 September 2010

Untitled

Home alone

sendiri itu ga enak

hmm,c jd sgt2 mengerti betapa nelangsanya ma'wo jk ditinggal sendiri di rmh..

Well, sbnrnya tak ada yg bs c tulis dg baik mlm ini,kemaren n kemaren lainnya, writing stuck ,ah ya,tp smg tak berlarut2

banyak yg ingin ditulis,tp entahlah ia menguap bgtu sj ktk kesempatan itu ada

15 September 2010

Terminology Kelainan Anatomi Didapat Saluran Pencernaan Pada Anak Dan Dewasa

Semoga bermanfaat (ice ^_^)

Hydrocele    : Hydrocele adalah penumpukan cairan pada selaput yang melindungi testis atau testes. Hydrocele bisa ada ketika lahir atau terjadi kemudian di dalam hidup. Hal ini paling sering terjadi setelah usia 40 tahun. Biasanya penyebabnya tidak diketahui. Meskipun begitu, keadannya kadangkala diakibatkan oleh sebuah gangguan testicular (misal, luka, epididymitis, atau kanker). Biasanya, hydrocele tidak menyebabkan gejala; hal ini ditemukan sebagai bengkak yang tidak menyakitkan di sekitar testis.

Elephantiasis    : Penyakit Kaki Gajah (Filariasis atau Elephantiasis) adalah golongan penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk. Setelah tergigit nyamuk, parasit (larva) akan menjalar dan ketika sampai pada jaringan sistem lympa maka berkembanglah menjadi penyakit tersebut.

Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Penyakit Kaki Gajah bukanlah penyakit yang mematikan, namun demikian bagi penderita mungkin menjadi sesuatu yang dirasakan memalukan bahkan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Orchitis    :
Orchitis adalah proses inflamasi (peradangan) satu atau kedua biji testis (zakar), paling sering disebabkan/bersamaan dengan virus yang menyebabkan gondongan (mumps). Setidak-tidaknya 1/3 laki-laki yang terkena mumps setelah akil balih akan terkena orchitis. Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri, termasuk didalamnya penyakit menular seksual (PMS = STD), seperti gonorrhea atau chlamydia.

Herniorraphy    : operasi hernia (herniorrhaphy). Pada strangulated hernia, perlu diberi antibiotik (misal: Cefoxitin). Pada inguinal hernia, dilakukan elective herniorrhaphy. Pada anak diberikan acetaminophen selama 1-2 hari setelah operasi. Sedangkan anak yang lebih tua terkadang ditambahkan codeine untuk mengatasi nyeri.

Hernioplasty    : menjahitkan cojoint tendon pada pada ligamentum inguinale agar LMR hilang dan dinding perut menjadi kuat

implant Mesh    : menempatkan sebuah prostesis, mesh yang tidak diserap. Mesh ini dapat memperbaiki defek hernia tanpa menimbulkan tegangan dan ditempatkan disekitar fascia

hernia        : Hernia, atau yang lebih dikenal dengan turun berok, adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak. Kebanyakan penderitanya akan merasakan nyeri, jika terjadi infeksi di dalamnya, misalnya, jika anak-anak penderitanya terlalu aktif.

Berasal dari bahasa Latin, herniae, yaitu menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus.

Hernia yang terjadi pada anak-anak, lebih disebabkan karena kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Sementara pada orang dewasa, karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan karena faktor usia yang menyebabkan lemahnya otot dinding perut.

Penyakit hernia banyak diderita oleh orang yang tinggal didaerah perkotaan yang notabene yang penuh dengan aktivitas maupun kesibukan dimana aktivitas tersebut membutuhkan stamina yang tinggi. Jika stamina kurang bagus dan terus dipaksakan maka, penyakit hernia akan segera menghinggapinya.

Berdasarkan terjadinya, hernia dibagi atas :

  • hernia bawaan (kongenital)
  • hernia yang didapat (akuisita)

Berdasarkan letaknya, hernia dibagi menjadi

  • hernia diafragma yaitu menonjolnya organ perut kedalam rongga dada melalui lubang pada diafragma (sekat yang membatasi rongga dada dan rongga perut).
  • inguinal
  • umbilical yaitu benjolan yang masuk melalui cincin umbilikus (pusar)
  • femoral yaitu benjolan di lipat paha melalui anulus femoralis.

Sedangkan menurut sifatnya, ada hernia

  • reponibel ; bila isi hernia dapat keluar masuk.
  • hernia irreponibel ; bila isi kantung hernia tidak dapat dikembalikan ke dalam rongga
  • hernia akreta ; jika tidak ada keluhan rasa nyeri ataupun tanda sumbatan usus akibat perlekatan tersebut.

Jadwal minggu ke 2 blok 13, pendok 08

Kyknya bmanfaat deh buat yg ga ngopi jadwal spt ce, hehe :P


 

MINGGU KE- 2

SENIN, 20 SEPTEMBER 2010

NO—JAM-----     GRUP----------------KEGIATAN&DOSEN -------------------------------------TEMPAT

1. 08.00-09.50 A, B, C & D - Plenary Discussion Minggu ke-1 -- Nara Sumber Minggu ke-1 ---Ruang G & H    

2. 10.00-10.50 Grup A & B ---Kuliah : "Sakit perut berulang pada anak "---dr. Yusri Diane J,Sp.A----Ruang G & H---Grup C & D Belajar Mandiri

3. 11.00-11.50 Grup C & D Kuliah : "Sakit perut berulang pada anak "----dr. Yusri Diane J,Sp.A----Ruang G & H---Grup A & B Belajar Mandiri

4. 12.00-12.50 Grup C & D Kuliah: "Invaginasi" dr. Asril Zahari, Sp.BKBD----Ruang G & H---Grup A & B Belajar Mandiri

5. 13.00-13.50 Grup A & B Kuliah: "Invaginasi" dr. Asril Zahari, Sp.BKBD---Ruang G & H---Grup C & D Belajar Mandiri

6. 14.00-16.00 Grup A Skills Lab : "Pemeriksaan Fisik Abdomen Umum" Instruktur Ruang Skills Lab


 

SELASA, 21 SEPTEMBER 2010

NO---JAM------GRUP----------------KEGIATAN&DOSEN -------------------------------------------TEMPAT

1. 08.00-08.50 Grup C & D Kuliah : " Perdarahan saluran cerna bagian bawah (Haemoroid),"dr. Asril Zahari,Sp.B-KBD---Ruang G & H

2. 09.00-09.50 Grup A & B Kuliah : " Perdarahan saluran cerna bagian bawah (Haemoroid),"dr. Asril Zahari,Sp.B-KBD --Ruang G & H --Grup C & D Belajar Mandiri

3. 10.00-10.50 Grup A & B Kuliah: "Anatomi dinding perut" Prof. dr. Yanwirasti,PA----Ruang G & H-----Grup C & D Belajar Mandiri

4. 11.00-12.50 A, B, C & D Diskusi Tutorial ke-3 Skenario 2 : "Kantong Kemaluannya Membesar" –Tutor—Ruang Tutorial

5. 13.00-13.50 Grup C & D Kuliah: "Anatomi dinding perut" Prof. dr. Yanwirasti,PA--- Ruang G & H

6. 14.00-16.00 Grup B Skills Lab : "Pemeriksaan Fisik Abdomen Umum" Instruktur Ruang Skills Lab


 

RABU, 22 SEPTEMBER 2010

NO—JAM-------GRUP----------------KEGIATAN&DOSEN --------------------------------------TEMPAT

1. 08.00-08.50 Grup A & B Kuliah : " Hernia" dr. Asril Zahari,Sp.B-KBD---Ruang G & H

2. 09.00-09.50 Grup C & D Kuliah : " Hernia" dr. Asril Zahari,Sp.B-KBD ----Ruang G & H-- Grup A & B Belajar Mandiri

4. 10.00-10.50 Grup C & D Kuliah : " Perdarahan saluran cerna atas pd dewasa" dr. Arnelis, Sp.PD Ruang G & H--Grup A & B Belajar Mandiri

6. 11.00-11.50 Grup A & B Kuliah : " Perdarahan saluran cerna atas pada dewasa" dr. Arnelis, Sp.PD Ruang G & H-- Grup C & D Belajar Mandiri

8. 12.00-12.50 Grup A & B Kuliah : " Perdarahan saluran cerna atas dan bawah pada anak" dr. Yusri Diane J,Sp.A---Ruang G & H---Grup C & D Belajar Mandiri

10. 13.00-13.50 Grup C & D Kuliah : " Perdarahan saluran cerna atas dan bawah pada anak" dr. Yusri Diane J, Sp.A ---Ruang G & H

11. 14.00-16.00 Grup C Skills Lab : "Pemeriksaan Fisik Abdomen Umum" Instruktur Ruang Skills Lab


 

KAMIS, 23 SEPTEMBER 2010

NO—JAM-------GRUP --------------KEGIATAN&DOSEN---------------------------------------TEMPAT

1. 08.00-08.50 Grup C & D Kuliah : " Keracunan makanan" dr. Armen Ahmad, Sp.PD --Ruang G & H----Grup A & B Belajar Mandiri

2. 09.00-09.50 Grup A & B Kuliah : " Keracunan makanan" dr. Armen Ahmad,Sp.PD --Ruang G & H

3. 10.00-10.50 Grup C & D Kuliah: " Pemeriksaan laboratorium pada penyakit saluran pencernaan" Prof. Dr. dr. Eliza Nasrul, Sp.PK---Ruang G & H---Grup A & B Belajar Mandiri

4. 11.00-11.50 Grup A & B Kuliah: " Pemeriksaan laboratorium pada penyakit saluran pencernaan" Prof. Dr. dr. Eliza Nasrul, Sp.PK---Ruang G & H

5. 14.00-16.00 Grup D Skills Lab : "Pemeriksaan Fisik Abdomen Umum" Instruktur Ruang Skills Lab


 

JUMAT, 24 SEPTEMBER 2010

NO—JAM-----GRUP---------------KEGIATAN&DOSEN---------------------------------------TEMPAT

1. 07.30-08.30 Grup A & B Kuliah : " GERD pada anak" dr. Yusri Diane J,Sp.A----Ruang G & H

2. 08.30-09.30 Grup C & D Kuliah : " GERD pada anak" dr. Yusri Diane J,Sp.A----Ruang G & H

3. 09.30-11.20 A,B,C & D Diskusi Tutorial ke-3 Skenario 2 : "Kantong Kemaluannya Membesar" ---Tutor Ruang Tutorial


 


 


 


 


 


 


 

My 20th


LA, Friday, 10 September 2010, 11:35 pm

Bentar lagi…

Yup bentar lagi.. ce bakalan berkepala dua, wew…

Jiah.. ga jadi anak belasan tahun lagi, hukhuk… tapi sikap masi seperti2 ini aja (emangnya org yg udah 20an itu hrs gmn sih?)


 

Alhamdulillahirrabbil 'alamin…

Allah yang Maha Pengasih masih ngasih ce kesempatan tuk menghirup nafas dg leluasa spt skrg..

Alhamdulillah… tak ada nikmatMu yang bisa kami dustai ya Rabb..


 

Sebenarnya ce ga tau mau nulis apa, tapi masih mau juga nulis 'apa2' itu, so…??


 

Well, usia 20, sama berartinya dengan usia2 terdahulu yang udah ce lalui, tapi tentunya ada perubahan lah.. (dan semoga ke arah yang lebih baik)

Ice yang berubah..

Hmm.. berat nih, kalo dari paradigma ce sendiri or ce bercermin terhadap apa yang udah ce lakuin, perubahan itu ga sebegitu cepat, dibanding orang lain yang lihat mungkin ya.., tapi setidaknya memang banyak hal yang berubah dan semestinya memang harus berubah.

Di tahun2 pertama kehidupan ce, sewajarnya ce adalah seorang bayi-balita yang belum mandiri, sering nangis digangguin abang-jo piki-niwa, ice yang sering ngekor kemana niwa pergi tapi selalu dihindari, ice yang pipinya penuh dan matanya sipit tak seperti orang di rumah lainnya.

At least poin terakhir belum berubah, haha, masih punya pipi yang penuh (chubby kali yak? Hehe) dan mata sipit.


 

Di dekade kedua awal, agak berubah, mulai puber, mulai beranjak remaja, out of control dikit, tapi masih tau batas2nya, memang masa2nya yang mengkhawatirkan, tapi tak apa.. semua hal yang pernah ce lalui tak ingin lagi ce sesali (kalo dosa2, ya harus dunk, trus tobat deh). Ice di sini masih disibukkan oleh urusan keduniaannya, pagi sekolah , kerja dari siang ampe malam ( ketika masih ada home industry), asupan ruhiyah tak banyak yang didapat, hanya beberapa hal didapat dari baca2 buku, at least sepertinya hal itu bisa mengontrol sedikit, meski masih belum berefek terlalu jauh.

Perubahan yang masih berasa, terkadang sisa2 kenegatifan seorang ice masih sering menghantui, yah.. semua butuh proses, dan ce ga nyerah utk merubahnya, kemarin ce dah sharing sama niwa ttg diri ce ini, thanks Allah, ce masih punya orang terdekat yang sgt sayang sama ce, hingga mereka ga ingin hal yang jelek2 msh ada pada ce.


 

Di dekade kedua akhir, sepertinya banyak berubah..

Banyak hal sepertinya, dan banyak hal itu sangat ce syukuri..

Alhamdulillah Allah masih berkenan mengetuk pintu hati ce tuk menyadari kalo banyak hal yang salah pada ce, dan ce harus berubah, dan tak boleh lagi menunda2.

Ya Allah semoga rahmat hidayah dan inayahMu selalu bisa kami rasakan ya Rabb..


 

So, that's me..

Banyak hal yang telah ce perbuat, ada salah, ada benar, tapi entahlah.. rasa2nya masih sedikit sekali yang bisa ce persembahkan utk org2 terdekat, utk org2 yang ce cintai, utk masyarakat, utk Negara ce tercinta, utk Agama Islam yang ce banggakan…

Walo gitu, disetiap hal yang kita lakuin, pasti hrs pny harapan, harapanlah yang memberi kita energi hidup, layaknya do'a yang menguatkan kita untuk bertahan-untuk percaya pada kuasaNya.

Maka banyak harapan yang ce gantungan untuk langkah2 ce selanjutnya, banyak.. ya banyak..

Baiklah.. sepertinya malam ini ce akan tidur dg tersenyum, tersenyum memikirkan harapan2 yang menyuntikan semangat baru di dekake ketiga ce menumpang di buminya Allah, dengan langkah2 yang ce rancang realisitis juga tentunya

^_^


 

Ya Allah, dengar do'a ce malam ini ya..

01 September 2010

bubar stupa goldenclass


untuk kesekian kalinya
luv u guys, bcoz of Allah

Safir

Wednesday, September 01, 2010, 12:08 pm

Tahun ni ce ikut safir..

Safari Ramadhan III FK UNAND, bekerjasama dg pemko Padang, di ratusan mesdji/mushola di kota tercinta ini.

So, ce milihnya yang di komplek perumahan kakak ce aja, di mushola Raudatul Jannah, Komplek Permata Air Dingin, Koto Tangah Padang.

Seru deh..

Kita didaulat utk menyampaikan materi di pesantren ramadhan tentang ;

  • Kebersihan diri dan lingkungan > utk anak2 SD
  • Bahaya rokok dan narkoba > utk anak2 SMP
  • Kesehatan reproduksi dan HIV/AIDS > utk anak2 SMA

Jadilah ce nyari2 bahan tentang itu, baik yang disediain oleh panitia safir yg di dunlut dr blog BEM KM FK , maunya bisa di print gambar2 menarik yg menceritakan materi n bisa ditempel di karton yang gede, tapi berhubung printer rusak, jadinya bikin manual aja, bikin di kertas Koran yg gede itu, dg warna-warni, bikin poin2nya trus matengin konsep ttg materi di otak , udah deh…


 

Di sana, anak SMP&SMA di gabung (baguslah, soalnya materi anak SMA agak ga siap ce nyampeinnya, kesehatan reproduksi euy..), mereka pada kritis bgt… kelabakan juga, tapi bisa kok dijawab(dg sesekali ngeyel, hahaha), ada… aja mau ditanyain….

Anak SD? Lumayanlah, tapi karna muridnya dikit, ga ribut2 amat..

Hm.. scr keseluruhan serulah, ce jg ga nervous2 amat, anggap cerita2 biasa aja sama adek2 tu..

Taon depan ikut lagi ah…

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget