12 Agustus 2009

Let’s talk about da’wah

In d name of Allah d most gracious most merciful

Ehem.. klo ada yg kebetulan baca postingan ini, n langsung alergi baca judulnya, mendingan sabar dulu deh, ni mudah2n bkn cerita yg bikin ngantuk,yg serius bin jadul kok.. :D

Well, sbnrnya dah lama c pengen nyampein hal ni, tp krn kesibukan menyambut ujian yg selalu datang tak dijemput pulang tak diantar (emang jelangkung???hihihi), I mean , ujian tu tdk diharapkan(hohoho dasar!), jadinya pas mo nulis ini jd nya diendapkan dulu di memori, ga tau lah ya ni bakal keluar dg lancar tanpa mengurangi esensialnya hal yg c dpt.

To be honest, dulunya c agak2 asing dg kata2 "da'wah" ini(ada yg setuju ga sih?), mikirnya dulu tu, kok jadinya ngerepot2in diri ngambil jatah lahan si ustadz n ustazah aja, urusin diri sendiri aja dulu, gitu pemikiran sebagian org, termasuk c dulu(astaghfirullah..). n guess what, ternyata pemikiran itu salah, knp salah? Coba kita recall hafaln surat pendek kita (yg udah pernah es-de, kayaknya msh bs inget dey) al-ashr (surat wal ashri) ayat 1-3 yg artinya :

"Demi masa. Seseungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali orang2 yg beriman dan beramal shaleh, serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menetapi dalam kesabaran " .

tuh kan…. mnasehat2i itu dah kewajiban kita, Sang Pencipta malah udah bersumpah klo kita kan merugi klo ga ngelakuinnya, masih berani gengsi2 dg hal2 beginian??? Banyak yang beralasan berdak'wah or mengajak pd kebaikan tu susah, takut ditolak, takut dimusuhin (ni dah pasti, coz kita bakalan dimusuhin setan,hehehe..tp ga berani jg kan temenan ma dia,ntar kita ditemenin di tempet2 serem lg, wakakka..ga nyambung euy). So, kesimpulannya harus ngelakuin apa yg kita bs tuk da'wah itu, ga cuma jd penonton yg pasif aja, klo kita ngakunya umat beragama islam, ya udah… kita sebisa mungkin membuktikan kalo islam tu rahmatanlil'alamin, lakukan jg hal2 yg baik2 bwt bs di contoh sm tmn2 yg laen, kalo bisa sih setelah dg perbuatan, kita saling mengingatkan jg dg lisan, memang berat tuk hal yg satu ini, terkadang kita mengingatkan seseorang ttg sesuatu kebaikan, tapi malah kita belum melakukannya, but ambil postifnya aja, dengan ngingetin orang lain, otomatis kita juga ngingetin diri sendiri, ketika terkadang kita terlupa melakukannya, like this ;

"A, hmm.. bagusnya kamu makannya sambil duduk aja, ga baek klo bediri " kita ngingetin temen bwt makan sambil duduk, n dilaen kesempatan kita terlupa tuk duduk ketika makan, eng-ing-eng… keinget deh klo kita pernah bilang gitu sama temen, ya kita malu ndiri dunk, masa yg bilangin malah ga ngelakuin?n then, kita perbaiki kesalahan kita dg kesadaran sendiri.

Tu contoh yg ringannya

Atttttawwww……

"eh, menurut kamu kalo aku deket dg cowo itu gmn?"sorang sobat bertanya padamu, dan saat itu kamu bilangnya gini "bagusnya kamu mikir2 dulu deh, coz ntar takutnya kedeketan itu menjerumus ke hal2 yg ga diinginkan", trus dia nanya lg "emang knp klo deket?kan temenan aja","ya… kamu yakin bakalan bisa nahan buat ga merasakan 'rasa' yg laen?semua orang itu punya potensi tuk bikin kamu terjerat(wadow..ni bahasa tajem banget yak?)"kamu masih bisa berdalih begitu, tapi…. Sepandai-pandai tupai melompat, sekali2 toh pernah jatoh juga, nah parahnya kamu yang di lain waktu berada dalam posisi temanmu itu, ada pergumulan dalam hati dunk, heuheuheu… ni susahnya berdebat dg kata hati, ada yang bilang bener ada yang bilang salah, jadi bingung sendiri, tp pd dasarnya kita bisa ngerasain dg hati nurani itu sendiri klo ni tu salah, ya udah.. kita berusaha tuk ngontrol hati kita tu, tapi praktek emang dimana2 lebih sulit dari teorinya euy…….


 

Wah sedari td c cuap2 apaan sih?hehehe.. ni tausiyah dari seorang ukhty jg kok, paling penting sih bwt ngingetin diri c pribadi dulu, yang sering lupa dg hakikat da'wah itu sendiri, mungkin dg seiring bjlnnya waktu ilmu c mkn btambah n c bs mengaplikasikannya, with Allah will…

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget