31 Juli 2012

mari menghafal (2)

memulai kebiasaan baik itu memang sulit
first step... urggghhh...
ya, tapi ngefek jugalah keterpaksaan itu dirubah jadi kebiasaan.

otak micelia ini bebal sekali untuk mengingat bahasa asing, kosa kata mungkin bisa, namun berupa kalimat panjang... hmm hanya bertahan sebentar dikepala.
berdampak juga nih terhadap hafalan qur'an, kalo ngafal dalam waktu yang singkat itu susahnya minta ampun, ilangnya bentar banget. huks

long term memory kita seperti yang diterangkan oleh Prof. Rahmatina ketika seminar keajaiban al qur'an dulu memang seperti meretas jalan setapak, jika semakin sering kita menginjak jalur  rerumputan yang sama, dia akan terbentuk jejak perjalanan itu, namun jika dalam waktu yang lama dia dibiarkan, maka rumput itu akan tumbuh kembali, mengaburkan jalan setapak tadi, ini dianologikan pada sambungan-sambungan sel syaraf kita yang ditimbulkan dari sampaian memori disekitarnya sebelumnya.

long term memory kita beda2, tergantung kita mengelolanya bagaimana, tergantung nutrisi penunjangnya juga apa.

lancar kaji karna diulang.
sekarang saya sedang merintis menghafal 3 ayat sehari yang harus diulang ditiap bacaan sholat(sunat dan wajib), kalo shubuh2 masih semangat, dapat tambahan 3 ayat yang baru, kalo udah sore atau malam, setan mulai membisiki "uh..udahlah tukar aja bacaannya, itu2 mulu, monoton"
well, saya harus melawan malas dan bosan itu.

oi micelia, semangat!

Published with Blogger-droid v2.0.6

mari menghafal :)

catcil seminar Keajaiban Al Qur'an
desember 2011

#1 dari segi kesehatan
by. Prof. DR. dr. H. Rahmatina B Herman, PhD

definisi:
intellect ; kecerdasan/akal
pngmbgn;
1.komunikasi
2.memori
3.proses bljr
4.proses bpikir
Olah} wernickle >di temporal
Broca}mnyampaikan.

Aspek komunikasi:
1 aspek sensorik
2 motorik

Looking at word
Listening to word (klo ada klainan- disleksia)
Prossesing -wernickle
Sampaikan

Klo org dewasa bljr bahasa kedua, maka yg bkembang adalah di titik samping yg awal td, para wernickle.
Klo anak2 bilingual: bkmbang ditmpat yg sama

Bila kita mbaca dg paham: disimpan di memori,klo ngga,susah.

Pngenalan pertama bahasa adalah melalui pendengaran.

Long term memory: tbntuk krn prubhn kmampuan transmisi sinaps dr satu neuron ke neuron lain akibat kejadian dr neuron sblmnya.
Analogi jalan setapak.

Jejak memori ; sekali tbentuk,dmn pun tempatnya,bs diaktifkan kembali melalui proses bfikir.

Mengafal - stimulasi meningkatkan level memori.

Hipokampus > reward n punishment. . Lbh cpt mhafal. Jd ada ngaruhnya mood dan motivasi.
Hub dg maksiat dlm menghafal al qur'an tuh ini.

Konsolidasi memori.
1. Coding di para hipocampal
2.memori lama dan baru dicarikan kesamaannya
3. .. (ketinggalan nyatet :p)

Use it or LOSE IT

#2 dari segi hafidz
by Azzam ( alumni PI Ar Risalah gen 1 )
Keajaiban alqur'an :
Mukjizat >
- amrun khariqun lil'adah (perkara yg diluar kbiasaan)
-maqruunun bittahaddi ( diiringi dg tantangan)
-salima minal mu'aradhah (selamat dr tntangan)

Mukjizat yg dikandung oleh al qur'an
- keindahan bahasa
- ilmu pngetahuan
- cerita2 masa lalu dan yg akan dtg
- berita2 ghaib
- kmurnian yg tjaga
- obat
- kmudahan dlm mhflknnya tmsuk bg non arab
- khidupan pd shbt al qur'an tjamin dunia dan akhirat

Langkah sukses dlm mhafal al qur'an ;
-tahsiinun niyah (pbaiki niat)
-syiddatul 'azimah (kekuatan tekad)> hrs ada target
-ash subhah war rifqah (ptmanan)
-ad du'ak ( do'a)

5 thn : 30 juz
1 thn > 30 : 5 = 6 juz
6 bln > 3 juz
2 bln > 1 juz ( 1 bln mhafal 1 bln murajaah)
1 bln > 20 hal
1 mgu > 5 hal
1 hr > 1 hal ( jum'at - sabtu murja'ah)

wew... subhanallah >_<
ya Allah bantulah hamba yang pemalas dan sotoy ini.... T.T

Published with Blogger-droid v2.0.6
Published with Blogger-droid v2.0.6

belajar nyetir

list keinginan saya yang kesekian ;
# bisa bawa mobil
well, ini keinginan yang memalukan jika mengingat sudah berapa lama usaha ini dirintis.
sejak SD saya sudah diajarkan, setidaknya untuk mengendalikan stir mobil (karna kaki belum nyampe nginjak kopling dkk), yang ngajarin Apa(ayah) saya.
ketika SMP masih stagnan itu2 juga, padahal niwa udah jauh lebih pesat belajarnya, dia bisa duduk sendiri di kursi sopir.
saya mengalah dengan belajar motor saja (?).
ketika SMA, ehm, sok sibuk, males belajar nyetir.

nah barrru.. dewasa2 ini tergerak hati saya untuk belajar lagi (its too late ce!)
awalnya Apa dengan kewaspadaan penuh menuntun saja mengendalikan stir,
"takan kopling, masuak an gigi, takan gas saketek, lapehan kopling lambek2, tambah gas saketek..." sambil tangan kanan ikutan megang stir,tangan kiri pegangan yg lain jaga2 kalo nabrak, haha.
yah, biasalah ya kalo newbie, jalannya kayak kodok dulu, mobilnya lompat2, saking ga selarasnya melepas kopling dan nambah gas :p
jadi ga usah numpang dlu kalo saya lagi belajar.
ah ya, belajar mobil ni ganti2an, murid Apa tu ;
Niwa, Ajo dan Ice.
pakai timing segala buat ganti2annya.
kami gila2an di lapangan bola, muter2, ganti2 gigi, ngegas2 sok gaya dsb dst.

singkat cerita;
Ajo udah berani bawa mobil dari Padang ke Pariaman, walaupun penumpangnya teriak2 takut.
Niwa...yah gitu deh, beraninya di jalanan Ketaping aja :p
saya? haha, kemarin baru bisa parkir dan mundur, walaupun masih nyeruduk dikit.
tuh kan.. malu2in o_O

Published with Blogger-droid v2.0.6

28 Juli 2012

episode temper tantrum gadis kecil

masih ingat si gadis kecil
yup; dia.
episode temper tantrum(emosi memuncak) nya kemarin malam
berawal dari tak diluluskannya keinginannya utk beli sate.
alasannya ;
1. sore nya dia mencret2, ga menutup kemungkinan sate itu bikin kambuh lagi
2. seharian sudah berbagai macam makanan masuk ke perutnya, termasuk paska tarawih makan batagor, siang makan mie instan, magrib makan nasi
3. kemarin malamnya sudah beli sate juga, ga mgkn beli sate tiap hari.

sudah dijelaskan padanya baik-baik, dia ga mau tau, tetap bersikeras mau sate, bahkan membanting kursi dan menarik penanda Qur'an yang saya pegang, berusaha memutusnya.
kala itu jam di dinding sudah terlihat di angka 10 malam, Ama dan Apa belum juga pulang dari mengantar buah naga dari padang.
saya sampaikan kepadanya, bahwa tak mudah mencari uang, jam segini kakek nenek belum pulang, ngumpulin duit sedikit2.
dia menggeleng kuat2, "pitih kakek banyak"
ah, dia semacam dulunya bisa saja semua keinginannya terwujud; lah badannya saja kurus begitu.

saya tinggalkan dia
biar dia mereda
saya menyisih ke kamar
..
pukul 12 mlm, dia datang, harusnya untuk bilang selamat tidur
tapi dia tertarik sekali dg laptop saya.
wohoo sinyal tak baik
segera saya tutup layar laptop
dia memaksa, tarik menarik
lalu kamu bersitatap lama
entah apa yang ada dibenak kecilnya
yang jelas saya sudah punya pengalaman buruk antara dia dan laptop saya pada malam sebelumnya.
tidak untuk sekarang
ini pun sudah larut.

15 menit setelah perang tatap2an
ia pun (sepertinya) nyerah, beranjak ke kamarnya.
saya bantu menyiapkan kasurnya yang dijemur paska diompolinya kemarin pagi.
lalu kembali ke kamar dan mengunci kamar saya.
and here we go...
dia datang lagi, marah ketika tau pintu kamar saya terkunci
dia bilang mau main laptop
dia bilang mau masuk
lalu menggedor2 pintu dengan ganasnya
saya bikin pertahanan
saya matikan lampu
ternyata makin mengganas
pintu dipukul dengan tongkat kayu sekeras2nya berkali2, lamaaa sekali
masya Allah, emosi macam apa yang dia punya
sekitaran setengah jam dalam heningnya malam kami(maksud saya; dia dominan) heboh2an, Ama dan Apa yang udah kecapean ga respon dengan keributan di lantai atas

fiuuh...
saya capek juga diteror anak kecil yang lagi ngamuk

*sumpah, saya ga pernah main fisik, ga pernah ngancam main fisik(kecuali ancaman gelitik), kemarin dia sudah berani ngancam saya;
"lapia aa..." (semacam menampar, tapi tujuannya ke badan)
hanya untuk memaksa saya meminjamkan hape saya.

Published with Blogger-droid v2.0.6

25 Juli 2012

un titelet

Separuh hati pergi
Sisakan saja sedikit ruang untuk dendam
Ambil hikmahnya
Hadapi dg pikiran jernih
Jangan berulang kali menjadi manusia bodoh

Published with Blogger-droid v2.0.6

musibah

Ucap innalillahi wainnalillahi wainna ilaihi roji'un
Lalu bangkit!
Sabar itu diawal, bukan pertengahan, diakhir apalagi cuma dibibir

Published with Blogger-droid v2.0.6

gadis kecil

umurnya mungkin baru 5 th.
nama aslinya Diral, tp entah obsesi apa yang membuat Ama ngasih nama baru Khairunnisa Qoyyima (ndeh bingik wak), jadi dia sudah nyaman saja dipanggil nisa.

dia datang kerumah ini karena berbagai hal yang terjadi dikeluarganya,singkatnya dia akan menetap disini sampai waktu yang tidak ditentukan.
kepada Mama dan Papa saya dia memanggin nenek kakek
kepada kakak saya dan suaminya dia manggil Ammah dan Ammu [tante dan om]
kepada saya dia manggil kak ce [oh, family tree yang aneh]

dia gadis yang manis, walaupun rambut pendeknya sering mengecoh kami (kayak cowok bgt).
dia punya senyuman dan binar mata yg membuat luluh
dia punya pelukan manja pada siapapun
dia punya tawa khas anak-anak yang menggemaskan

dia selalu berciloteh ini itu
dia harus diperbolehkan membantu apapun yang kita kerjakan walaupun pada akhirnya mengacaukan saja
dia benar-benar haus perhatian, lebih daripada kanak-kanak lainnya yang saya kenal
masa tenggang fokusnya hanya sebentar, jika sudah bosan ia akan membuat ulah yang tidak kita inginkan, dan itu ga bisa ditegur, akan smakin menjadi ulahnya walaupun akan melukai diri kita ataupun dirinya
ya, seharusnya kita mahfum, dia masih anak-anak, bahkan apa yang dialaminya sebelum ini lebih berat dari apa yg kita bayangkan. tapi ini benar-benar menguji kesabaran.
dia ga takut dengan ancaman apapun
mata kecilnya akan membulat dan menantang siapapun yang melarangnya
semacam pertahanan diri

entah fase kehidupan mana yang tak terlewati dg baik olehnya sehingga pribadinya seperti itu.
saya mau belajar psikologi anak.

# treatment gadis ini seabrek:
- pengobatan psoriasisnya yang parah, seumur-umur baru kali ini liat koreng anak2 yg memenuhi tungkai bawah kiri dan kanan
- pembasmian kutu dg peditox
- pembasmian cacing2 perutnya

semoga ia bisa menjadi lebih baik, sebaik namanya.
finaly, saya punya adik :)

Published with Blogger-droid v2.0.6

15 Juli 2012

titik

26 juni, keponakan saya meninggal, Yusuf Habbiburrahman
menyusul 1 juli, keponakan fivi, Aqil meninggal setelah perjuangannya yang berat pada awal-awal minggu kehidupannya
11 juli, istri abang angkat saya, istri Da Wana meninggal dunia setelah 15 hr pendarahan berat ssudah melahirkan bayinya yang preterm (bayinya masih dirawat dlm inkubator).

tgl 7 Juli, anaknya Nek Kalek jg meninggal, tiba2 saja, semalam saja sakitnya.

ah ce;
ambillah pelajaran dari kematian
ambillah pelajaran dari kematian
ambillah pelajaran dari kematian

quote patch adam : dokter itu bukan menghalangi kematian, tetapi meningkatkan kualitas hidup pasien.

hidup mati, Ia yang Maha Tahu

Published with Blogger-droid v2.0.6

12 Juli 2012

kisruh

perang dingin haaa
ndak lamak suasana rumah gadang ko kini
ngeng!

betewe ini hari-hari terakhir

Published with Blogger-droid v2.0.6

11 Juli 2012

malu

niwa said :
Sadari sepenuhnya,  kalo Allah Maha Melihat apa yang ce perbuat, Allah Maha Mendengar walau itu hanya bisikan hati ce, jadi jika ce sudah merasa mulai jengah dengan hal yang salah ini berarti ce sadar kalo kayak itu ga bener dan ce merasa malu sama Allah....astaghfirullahal'adzim..

repost sms 21 des 2009

kamu belum lulus ujian ce, sama sekali belum!

Published with Blogger-droid v2.0.6

10 Juli 2012

dokter kecil

alhamdulillah program dokter kecil ce udah mulai jalan tadi siang
well, telat banget yaa, minggu terakhir kkn nih.
ya, karna kemaren keburu anak2 ujian dan  classmeeting, jadinya sekalian aja TA baru
ada 12 murid + bonus 1 orang.
masih rada2 takut2 mereka untuk merespon, tp ada jugalah ketertarikan mereka.

waktu kelas 4 SD dulu ce jg pernah jadi peserta dokcil, tapi bedanya ce dan kwan2 yg datang ke puskesmas Sungai Abang LA untuk dilatih, beda2 perjuangan2lah, hehe.
waktu itu ce rasa baru bermanfaat utk diri pribadi, soalnya ga ada UKS di sekolah ce, tp semoga yg dokcil disini bisa menggerakkan UKS mereka. amin ^^

semangaaat ^^/
terimakasih untuk pihak2 yang telah membantu, semoga bisa lancar sampe acara ini selesai

Published with Blogger-droid v2.0.6

09 Juli 2012

kasih sayang

Tidak ada orang tua yang sempurna.
Tetapi setiap malam, saat kita sudah
tertidur, mereka selalu memperbarui
janji untuk menjadi orang tua yg lebih
baik esok harinya--tanpa kita tahu,
sambil menangis malah.
--Amelia, penutup serial anak2 Mamak.
Tere Liye

rindu sekali momen ketika sengaja(atau pura2) tertidur di depan TV untuk kemudian digendong Apa ke kamar
:)

allahumaghfirli wali wali dayya warhamhuma kamaa rabbayana saghira

Published with Blogger-droid v2.0.6

prognosis

dubia ad malam
*sigh

Published with Blogger-droid v2.0.6

03 Juli 2012

just don't give up

jika engkau melakukan dosa setelah berulangkali bertaubat, janganlah dosa itu menjadikan dirimu putus asa dari kemampuanmu melakukan keistiqomahan dan terlepas dari kemaksiatan. Betapapun engkau mengulang-ulang dosa, seseungguhnya engkau tetap tidak tahu bila dosa yang engkau ulang-ulang itu kemudian menjadi akhir dosa yang engkau lakukan.
-ibnu athaillah-

sebab banyak sekali orang2 yg taubat tapi ia sulit konsisten meninggalkan dosa yang dia taubati itu.
tapi setelah berulangkali mengalami kondisi itu, ia sampai pada titik mampu meninggalkan dosa itu dan mendekat pd Allah ta'ala

semangat micelia!

Allah, kuatkan hamba...

Published with Blogger-droid v2.0.6

dokter gonna be. surgeon wanna be :)

dokter

kenapa saya mau masuk kedokteran?
kenapa mau jadi dokter?

ga tau lah
waktu SD cita-cita saya mau jadi astronot, kayaknya asik aja mental mental di bulan.
kandas ditengah jalan karena di 2001 entah kenapa WTC harus hancur di hari ultah saya,
Papa bilang ; "ga mungkin NASA mau nerima ice, ntar dibilang teroris pas liat ID Card"
ouh ok. .. saya mengalah

ketika SMP, demi mengisi biodata di kertas binder teman2, saya dengan berat hati menukar isian Cita-Cita dengan : 'Dokter'
aissh.. itu pun karna teman2 banyak yg bikin itu, dan kayaknya keren.

ketika SMA, saya direcoki segala internet oleh kakak saya, bikin e-mail, bikin friendster, chatting di y messenger, blogspot. yah, sepertinya asik sekali bermain2 dg komputer.
pun pelajaran TIK itu seperti sesi main2 yang menyenangkan.
baiklah, saya dengan sigap menjawab "programmer" ketika ditanya cita-citanya apa dan "fasilkom UI" jika ditanya mau kuliah dimana.

dari jamannya merica sampe sekarang ketumbar (kapankah itu), cita-cita memang milik pribadi masing-masing, tapi keputusan kuliah dimana dan membulatkan pilihan SNMPTN itu lain cerita, intervensi ortu sangat berpengaruh disini.
singkat cerita saya disuruh ambil pilihan FK, alasannya;
kakak saya kan udah di jurusan TI, ga perlu ada dua programmer di keluarga ini.
oh, ok. saya anak baik, hanya mampu memberontak sedikit di awal, nangis2 bombay dikit trus nurut juga.

yah, terjerumus disini.
ok.

asik, pas ditanya,  kenapa mau masuk fk?
ga tau. ohoho dasar!

Published with Blogger-droid v2.0.6

02 Juli 2012

from heka

Kepastian untuk melangkahi hari esok yang penuh

misteri, melakukan yang terbaik yang mampu

dilakukan. Kepastian bahwa Sang Pencipta

senantiasa mengamati langkah kita, dan tidak akan

membiarkan kita terjatuh tanpa pertolongan

dariNya. Setiap detik waktu yang terlewat tidak akan

pernah kembali. Beruntung manusia yang bijak

memanfaatkannya untuk sesuatu yang berguna

bagi kehidupan saat ini maupun nanti. Karena

kebaikan sekecil apapun pasti ada balasannya kelak.


Please listen to me, my sisters…A Woman once

asked her mother,

“Mother, how will I ever find the right Man?”

Her mother replied,

“Forget finding the ‘right’ Man, dear…

focus on being the right Woman.”

And we read in the Qur’an:

“Good women are for good men and good men

are for good women.”(QS.24:26)


Published with Blogger-droid v2.0.4

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget