06 Agustus 2009

Apa sih arti merdeka bagi kita?


Wed, 5th august 2009

Bentar lagi peringatan hari kemerdekaan Indonesia, Negara kita tercinta (ku jaga dan ku bela…ups..salah y? :P), aura2 penyambutannya udah berasa dari bulan juli lalu, mulai dari banyaknya yg jualan atribut 17agustusan di jalanan, trus spanduk2 di jalanan dan gedung2 pemerintahan jg. Meski seremonial ni udah kita jalanin saban tahunnya, tp ttp kita hrs turut andil, ga boleh ada kata bosan utk ini, ini juga bentuk penghargaan kita atas perjuangan para pejuang demi kemerdekaan itu.

Lalu, bicara tentang merdeka, apa yang langsung terlintas di benak kita?

Bebas-sebebasnya kah?

Atau, suatu tiket tuk kehidupan yang lebih baik drpd keadaan yg terbelenggu dahulu?

Setiap orang berhak tuk hidup merdeka, ya itu sebuah hak asasi , hak dasar kita, begitu juga dg sebuah Negara(yg pastinya banyak individu di sana), semestinya ga ada lagi Negara di dunia ini yang masih terkungkung geraknya oleh otoriter pihak luar, semestinya sih gitu, tapi masih banyak ternyata negara yg belum bisa lepas dari cengkraman pihak luar(banyak bgt contohnya, spt palestina yg masih di rongrong oleh israel, korea utara yg terkucilkan, aganistan yg selalu dicampurtangani,Indonesia juga barangkali?budayanya mulai di jajah barat). Tapi sejatinya Negara kita sudah merdeka scr de facto dan de jure , >64 tahun yang lalu, lepas dr penjajahan jepang dan belanda, tapi sekarang apakah kita masih merdeka? Dan sudahkah kita bisa menikmati kemerdekaan itu? Hmm… sulit juga menjawab pertanyaan ini..

Jadi, sudah cukupkah kita memaknai kemerdekaan itu hanya dg upacara bendera tiap senin dan hari2 tertentu spt 17agustusan ini?sudah cukupkah dg pawai dan parade yg terkadang minim penghayatannya thdp perjuangan kemerdekaan?trus apakah cukup jg pemaknaan itu dg lomba2, makan kerupuk, balap karung, panjat pinang dkk itu? Sepertinya belum.

Idealnya kita memaknainya dg penghargaan setinggi2nya tuk para pahlawan bangsa(dulu maupun sekarang…orang 'besar' hingga orang 'kecil') dan terus melanjutkan perjuangan itu, melanjutkan cita luhur Negara kita(kawan2 masih hafal tujuan Negara Indonesia yg di UUD itu ga sih?), ga hanya berkutat dg pikiran kalo kita hidup hanya utk diri sendiri loh, tp jg tuk org lain, bahkan utk Negara, jadi, apa yang udah kita berikan utk Negara kita ?( jd inget kata2nya John F Kennedy nih), beruntunglah orang2 yg dapat mempersembahkan usaha dan karya terbaik mereka utk Negara( kyk, pejabat fungsional dan structural Negara yang bener2 ngejalanin tugasnya dg sebaik2nya, para putra2 terbaik bangsa yg bisa mengharumkan nama Negara baik itu guru/dosen berprestasi,pelajar,peneliti,atlet, seniman, trus para TNI AD/AL dan Polisi yg bnr2 professional ngejalanin amanah yg dibebankan kpdnya, juga masyarakat yg mendukung perekonomian Negara , entah itu pengusaha besar atau pun pedagang asongan atau pun pahlawan devisa kita, para TKI, walah…klo disebutin ga bakal selesei2 deh), dan bener2 ga tau di untung bwt yg udah mencoreng nama Negara (halah…ini juga banyak bgd, para koruptor yg bener2 bebal, para pengedar narkoba yg ga Cuma menjerumuskan hidupnya sendiri tp jg org laen,para pejabat+TNI+polisi yg ga amanah,para kriminalis +teroris yg seneng bgd ngeliat hidup org lain damai,para pemuda yg menyia2kan hidup mereka dg hidup foya2 ga jelas, free sex, ngeboat, ga bener sekolahnya).

Udah seharusnya kita mengisi kemerdekaan ini dg berjuta2 hal2 positif, apa pun profesi yg kita jalani sekarang, krn kita udah tau kan gimana sulitnya perjuangan meraih kemerdekaan itu? Kemerdekaan kita bukan hadiah cuma2, bukan bonus tambahan dari Jepang, tapi perjuangan bermodal jiwa raga ribuan, puluh ribu, ratusan ribu bahkan jutaan para pahlawan, yang mungkin kalo kejadiaannya kita yg ngejalani mungkin kita bakalan teriak ga sanggup…


 

Ukir prestasimu kawan, jalanin peranan kita dg sebaik2nya, karna kesempatan tuk hidup merdeka yg di anugrahkan Allah lwt perjuangan para pejuang pada dasarnya ga gratis, kita harus membayarnya dg kemampuan terbaik kita juga, esensinya perjuangan itu ga hanya terhenti setelah kemerdekaan itu diproklamirkan, tapi masih berlanjut hingga sekarang……. Tunjukkan kebanggaanmu thdp negaramu…dan juga buat Negara bangga padamu……..Merdeka!!!


 

Indonesia tanah airku

Tanah tumpah darahku

Disanalah aku berdiri

Jadi pandu ibuku


 

Indonesia kebangsaanku

Bangsa dan tanah airku

Marilah kita berseru

Indonesia bersatu


 

Hiduplah tanahku

Hiduplah negriku

Bangsaku rakyatku

Semuanya


 

Bangunlah jiwanya

Bangunlah badannya

Untuk Indonesia raya


 

Indonesia raya

Merdeka merdeka

Tanahku negriku

Yang kucinta


 

Indonesia raya

Merdeka merdeka

Hiduplah Indonesia raya….

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget