25 November 2009

sacrifice

Tuesday, November 24, 2009, 9:36 pm

Apa yang tergambar dipikiran kita mendengar kata berkorban or sacrifice ?

Kerelaan untuk melakukan sesuatukah?

Atau bersakit-sakit dahulu kemudian bersenang-senang kemudian (ini dalam konteks berkorban dalam perjuangan kali ya?) ?

Atau yang laennya..


 

Tapi kalo disebut Hari Raya Kurban, apa coba yang terbayang..

Huayooo…ngebayangin makan-makan daging ya?

Atau ngebayangin pulang kampung?


 

C tadi baru membaca hasil karya adek2 09 yang BBMK di FSKI ttg Idul Adha, haji dan berkurban ini, bagus2 tulisan mereka ternyata, good job..good job…lanjutkan! :P

Mereka bilang kalo dulu di bulan Ramadhan kita berpuasa, berlapar-lapar untuk merasakan penderitaan mereka yang kurang beruntung dan kurang semakmur kita, tapi kalo moment berkurban di hari raya Idul Adha ini gantian kita yang mengajak orang2 yang kurang beruntung ini untuk merasakan apa yang biasanya kita rasain,bisa makan makanan yang menurut mereka itu sudah terlalu mewah untuk dikonsumsi walau pun cuma seminggu sekali.



 

Tiap tahun nenek c memang ikut untuk berkurban, dan dulu c belum paham arti sebenernya ngapain orang harus rame2 membantai sapi n ntar bakalan dibagi2in sama bnyk orang, kan bisa aja kita beli di pasar trus bagiin deh sama siapa aja yang kita mau. Tapi seiring waktu berlalu (jailah…), pemahaman itu bertambah sedikit demi sedikit lama2 jadi bukit (hadoh..hadoh..menyimpang kemana ini??), ups… balik lagi, c skrg dah ngerti gimana tata caranya berkurban tu,hukumnya, tujuannya, manfaatnya dan itu(kalo mo tau, tanya pakarnya aja yah…klo c jelasin takut salah) Subhanallah, banyak ibroh ..


 

Sebenernya berkorban itu butuh keikhlasan yang tinggi, sedikit saja jerih payah kita dalam pengorbanan(materil or moril) itu tercemari rasa riya, jengkel, merasa paling berguna n dibutuhin, so dilalap habis deh semua pengorbanan kita tu, ludezzzz… ga ada artinya, no sense!

Sadar ga sadar kita udah sering berkorban dengan hasil sia2 seperti itu

Kita capek2 ngejar waktu supaya bisa on time ngampus, tapi pas nyampe ruang kuliah dosennya belom dateng, atau ada masalah dulu dg bahan kuliah, trus kita ngedumel deh, ya udah deh,..perjuangan kita untuk on time itu ga ada artinya

Kita lagi ngerjain tugas apaaa.. gitu, trus dipanggil sama ibu atau ayah(c ga pernah nih, coz…paling2 dipanggilin sama Ama-Apa, hehehe.. ^_^), sejenak kita menyahuti panggilan itu, tapi ketika diikuti dengan permintaan kita merasa berat untuk memenuhinya, kita sengaja lalai dulu, kita ngeles dulu…nanggung nih Bu, ni bentar lagi kok Yah…, tapi ketika terpaksa juga harus saat itu juga kita dengan berat beranjak juga tuk nurutin mereka, tapi..ya itu tadi .. ga ikhlas..jadi sayang banget dunk…bayanginlah, berapa coba pahalanya kita berkorban untuk membuat orang tua kita senang dg kita, ridho Allah ridho Ortu, senengnya Ortu juga senengnya Allah kan..(renungin baik2 ce….)

Yang sering kejadian juga kalo berkorban itu niatnya ga bener, bukan mengharap ridho Allah, tp mengharap pujian oranglain, kayaknya kita ada deh kalo belajar itu niat paling dominannya itu untuk membuktikan kalo kita tu pinternya bujubuneng, rajinnya ga ketulungan (kalo lagi diliat org apalagi), pontang panting ngelakuin apa aja, ngorbanin apa aja buat ntar kalo ditanyain orang tentang akademik kita, kita akan dengan bangganya menyebutkan hasil kita tu, eh, tapi ga semuanya gitu lho, ada juga kok yang belajar serius, mengorbankan keinginan2nya yang lain yang menghambat keseriusannya itu untuk ridho Allah juga, kan dengan akademik kita yang bagus bisa bikin orang tua bangga dan seneng, trus kita bisa juga nampilin contoh yang baik buat adek2 atau pun temen2 kita, trus itu kan juga bisa jadi sarana da'wah kan, "eh..si itu rajin n pinter bgd deh, gimana bisa sih?" trus kita bisa ngungkapin dunk jika segala sesuatu pengorbanan kita tu dilandasi dengan keiinginan meraih ridho Allah kita bakalan bisa dengan ikhlas dan semangat berkorban itu semakin tinggi lagi, n tuk mencapai hasil terbaik tentunya…


 

Hmm..sebenernya banyak contoh yg laen, coz kita sebenernya udah sering melaluinya , hidup ini ga bisa lepas dari yang namanya pengorbanan, pengorbanan,dan pengorbanan

Hidup kita pun berawal dari pengorbanan ibu, pengorbanan ayah, kita dibesarkan juga dengan pengorbanan yang tak hingga dari mereka, kita dididik juga dengan pengorbanan luar biasa dari guru2 kita, kita jatuh-bangkit dari masalah hidup juga ada saudara dan sahabat yang siap berkorban untuk kita, kita juga dilepas dari dunia ini juga ada pengorbanan dari orang2 yang mengasihi kita, jangan dikira mudah untuk merelakan kepergiaan kita…


 

Well, hari raya kurban ni salah satu bentuk moment kita untuk berkorban juga untuk kebahagiaan orang lain, walau kita ngga kenal mereka itu, walau kita harus merelakan jatah kita hanya sedikit dengan duit sebanyak itu, ikhlaslah…ikhlaslah…


 

ps: sepertinya hari jum'at c bakalan di dapur seharian nih, masak daging dengan berbagai menu sajian, hoalah…berjuang tuk pengorbanan ini c..gambate! (mudah2an aja ngerjaiinnya ga sendirian lagi, niwa help me .. )

2 komentar:

phiijustmuggle mengatakan...

bagus ce tulisan.nya

jadi kenapa kita harus motong kurban ?
ga beli aja gt lngsung ke pasar ?
hehe

hmmm
saya terlalu bnyk makan daging nih
nanti kena gout lg
hahay ..

smg ibadah kita diterima Allah ya ..

met idul kurban ..

oh iya
ewod.ny belum dipajang nih
maav yah lama .
hehe

ice mengatakan...

alhamdulillah...
cuma mo ralat dikit
sbnrnya arti qurban n pengorbanan mnurut bhs indonesia sih agak jauh..
klo qurban bwt mendekatkan diri dg Rabb kita..
klo pengorbanan..ya tau ndirilah....

niwey...
met idul adha juga...

jiah... remaja2 begini dah takut kena gout...hohoho..sikat aja semua...

ewood?it's up 2 u girl... ^_~

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget