09 November 2009

Minum susu nyokkk…

Wednesday, November 04, 2009, 8:42 pm

Dulu, mendengar kata "susu" c tak terlalu berminat, apalagi kalo ngeliat susu putih itu, udah eneg duluan, c suka susu coklat aja, tapi ngga tiap hari minum susu, hanya kalo lagi mood, n biasanya dicampur es..wuih… tu baru sedep…maknyusss…


 

    Eh, kenapa tiba2 bicara soal susu ya?

    Iya nih, tadi pagi barusan belajar ttg nutrisi pada remaja (c kan masih remaja, eh remaja coret deh..udah 19 taon gini, masih remajakah? Hahaha rasa2nya iya), salah satunya tu tentang kalsium, buat pertumbuhan tulang dan gigi nih, banyak yang bermasalah dengan ini, apalagi wanita, untuk di kemudian hari ni perlu banged lah..kan wanita mengalami osteoporosis , nah… mekanismenya gimana tuh?

    Di tulang itu kan terjadi yang namanya kalsifikasi, well.. kalsium yang didapet dari nutrisi yang masuk ke tubuh ni bakalan dideposit di tulang untuk kepadatan(densitas ) tulang yang optimal, dimulai dari sedari dini hingga puncaknya waktu kita lagi pubertas (peak bone mass pun tercapai), tapi bedanya pada wanita tu ada masanya tabungan itu perlahan-lahan bakalan menurun kadarnya, dimulai dari umur 25 tahun sampe 40 tahun dan ngga nambah2 lagi pas klimakterium or menopause malah hilang sedikit demi sedikit n bikin densitas tulang berkurang n tulang jadi rapuh deh..

    Hmmm ngerti kan?? Ngerti aja lah ya… :P

    Tulang itu jaringan hidup dengan matrix protein kolagen yang telah diresapi oleh garam-garam mineral, khusunya folat(vit B complex dari dedaunan) dan kalsium . remaja kayak kita ini nih (huaaa.. ngaku2) butuh banget tabungan kalsium itu tuh… sampe tua juga perlu banged, tapi pas masa2nya bisa nambah deposit banyak2 mending ditabung banyak2 aja, daripada nanti2 kalo udah tua aja minum susu, eh.. yang diserap n digunain Cuma dikit, buang2 duit deh rasanya (aih..ngga juga ding), kita tuh butuh kalsium 1500 mg/ hari , bisa dengan minum susu 1 atau 2 gelas sehari, jadinya kalsium yang banyak itu bisa disimpan di tulang, tapi kalo kita udah tua nanti kan estrogen menurun tuh ….ga da lagi yang sebaik estrogen untuk pengabsorbsian kalsium untuk pembentukan sel-sel tulang yang baru, lagian tubuh kadang-kadang juga butuh kalsium, kayak otak, dia bakal nyuruh si PTH (parathyroid hormone ) buat ngambilin tabungan kalsium ditulang n usus buat di oper ke organ2 yang ngebutuhin, kalo tabungan kalsium kita banyak so ngga masalah banged dunk… berabenya kalo kita minim kalsium… nah..mo nagih sama siapa lagi tu otak buat kebutuhannya?

    So, jangan males2 minum susu yah..(menasehati diri sendiri…. Ngangguk2 mode :ON)…. Buat yang lagi diet…. cari alternatif susu yang rendah lemak, susu yang sehat banyak kok, kayak susu kedelai (yang coklat pasti paling uenaaakk… hahaha teteeeep..) or yang ada embel2 low fat-nya..

    Ayo minum susu!!


 

Ps: kalo susu kuda liar ga mau nyobain ah…. Ntar ngikik-ngikik kayak kuda lagi…kikikikikikix….(tuh kan.. :P)

.. nah lho..kalo minum susu sapi bakalan mengeluh??eh melenguh??

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget