16 Oktober 2009

constitusional delay of growth and puberty ( jawaban skenario bu Rini)

friday, 16th oct 2009

kami ada dapet soal latihan (atau pe-er yah?) dari dr. Eka A.Rini , SpA(K), tentang evaluasi seorang anak, skenarionya kayak gini :
ada seorang anak laki2, pada usia 7 tahun 4 bulan tingginya 110 cm, bone age 5 tahun

pada usia 8 tahun tingginya 114 cm, bone age 6 tahun

pada usia 9 tahun 6 bulan (bisa digenapkan menjadi 10 tahun), tingginya 122 cm, bone age 7 tahun

tinggi ayahnya 172 cm, tinggi ibu 166 cm, ibu menarche umur 15 tahun.

coba evaluasi pertumbuhan anak itu?dia berada di fase apa? faktor apa yang berperan?


well, sebenernya soal ini harus udah dijawab/dipresentasikan secara acak oleh kami pada kuliah kemarin (kuliah perdana pasca gempa) tapi mungkin ibunya lupa, jadinya beliau udah nerangin lanjut tentang permasalahan ini, dan kami udah tau jawabannya, tapi anehnya ibu itu memberikan soal yang sama lagi, katanya juga bakal di suruh acak mahasiswa untuk menerangkannya pas kuliah pubertas (semoga aja bukan ice....)

sedikit c analisis masalah di atas,
si anak memiliki growth velocity yang masih bisa dikategorikan normal, karna anak umur 8-10 tahun GV nya 4-6 cm/thn, nah dia dari umur 7-8 tahun bertambah 4cm, dari umur 8-10(pembulatan tadi) bertambah 8 cm, so that's it..

kalo dilihat dari potensi tinggi dewasa secara genetik dengan rumus :
TB ayah + (tinggi ibu +13 cm )/ 2 ---> ini untuk anak laki2, maka tinggi akhirnya berkisar 167 cm- 184 cm, itu normal, so ga ada masalah dengan itu.

tapi.... kenapa bone age nya terlambat???

itu yang mo di cari penyebabnya... (ya iyalah......hehehe)

kalo data2 tadi dicocokkan dengan teori, maka kelainan yang mungkin menjurus pada keadaan si anak laki2 cakep (eh, emang datanya begitu??) tadi adalah constitutional delay of growth and puberty, sign nya antara lain :

pertumbuhan linier normal (ga ada penurunan kan?) atau hampir normal, pada saat prapubertas selalu berada di bawah persentil 3 (coba cek di growth chart kalo mo detailn-nya)


bone age (di ukur secara radiologik) nya terlambat, tapi sesuai height age (coba liat growth chart lagi, tinggi segitu sama dengan bone age yang terlambat itu, anak dengan tinggi 110, untuk persentil 50 di capai oleh anak umur 5 tahun)

tinggi akhir umumnya normal (udah dihitung tadi kan?cukup tinggi kan?)

pada umumnya terdapat riwayat pubertas dalam keluarga (ibunya telat menarche, normalnya 11-13 thn)


so, anak ini sebenernya ga perlu treatment lebih anjut seperti terapi hormon pertumbuhan misalnya, coz emang dia pada masa prapubertas lebih lambat pertumbuhannya itu, tapi nanti dia bisa ngejar (catch uP) ketertinggalannya itu untuk mencapai potensi tinggi akhirnya tadi, hanya saja asupan gizi juga harus dikontrol.

trus pertanyaan lainnya, faktor apa yang berperan?
genetik? iya deh menurut c, kan emang ada riwayat kalo ibunya juga puberty delayed, trus dia juga, cuma kalo laki2 kan ga nyata kapan mulai pubertasnya itu, yang jelas bakalan tampak di pertumbuhannya itu

hormon? well, karna skenarionya ga detail2 amat, ga dibilang juga dia ada IQ rendah atau ngga, perawakan yang disproporsional atau ngga, dismorfik atau ngga, hasil pemeriksaan growth hormon nya berapa (eh, tapi di CDGP ini emang ga perlu pemeriksaan hormon kok). so, ga da landasan tuk nyimpulin ini karna hormon

lingkungankah? lebih2 lagi, ga ada yang gambaran tentang itu diskenario


ps :oia, tadi pas tutorial kami terbentur untuk menjelaskan hubungan atas hormon terkait dipertumbuhan itu, sama pusingnya c ngeliat bagan di bawah ini(kalo liat jelasnya klik aja gambar itu)...argghhh ada yang mo ngejelasin ga???

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget