30 September 2009

Lamo jadi dokter lae ko???

Tuesday, September 29, 2009, 9:16 pm

Tadi c siang baru blogwalking lagi, ketemu artikel ini lagi, tapi waktu itu c baca langsung dari blog orang yang bikin, wahahaha parah2 deh, itu kan yang sering dialami calon-calon dokter, tapi c belom sering2 banget sih ngalamin yang begituan, tapi ngga tau ya besok2nya gimana (hehehe, ngga ngerti c ngomongin apa ya?, nah, open on new tab aja tu link, ok?). trus mana yang lebih parah n nakut2in tu artikel yang ini, katanya jadi dokter tu ngga ngenakin banged…baca ndiri ya..

Jadi dokter itu enak!?! Eit tunggu dulu…..

jadi istri dokter enak!?! Eit baca dulu yang di bawah ini…

punya pacar dokter enak!?! Eit coba rasakan dulu (jangan percaya sebelum merasakan)…

jadi anak dokter itu enak!?! Eit kalau bisa mending orangtuaku bukan seorang dokter……

Tapi dari kesemua itu belum ada kedengaran di telingaku, ada dokter yang mati kelaparan, mati kehausan, ataupun mati kepanasan (karena tidak punya rumah).. Paling yang pernah kudengar dan kubaca..

Dokter dibunuh pasiennya!

Dokter mati bunuh diri karena tidak kuat mental waktu pendidikan!

Dokter mati karena kecelakaan karena pengen cepet-cepet ke tempat praktek!!!

Dokter mati kena AIDS atau hepatitis akibat salah suntik waktu ngambil darah/operasi (ini yg paling siallll)!!!

Ternyata masih banyak sisi lain di balik dunia kedokteran.. Kucoba bahas satu persatu.

Sisi lain dunia kedokteran!!!

Langkah pertama di RS… berbaju putih… berlingkarkan stetoskop di bahu.. Seolah olah tidak menginjak bumi. Kami para dokter muda melangkah yakin, sedikit sombong (pakai baju putih itu lho) bertekad menyelamatkan pasien.. Setelah masuk lebih jauh.. Kepala tertunduk seolah olah dak mau dilihat orang lagi kalau kami koas dokter muda.. (makanya, jadi orang jangan sombong)

Semua manusia di bumi percaya kalau dokter itu mahluk yang jujur, rapi, berwibawa, berkharisama, pintar, setia, tampan (nah ini yang agak belebe).. Jadi yakinlah wahai para pengacara niat kami tulus untuk menyelamatkan pasien, biarpun ada kesalahan itu pasti diluar kehendak kami… ilmu yang kami dapatkan selama 4 tahun di kuliah, 2 tahun di RS, dan 4 tahun di spesialisasi bisa kalian kuasai dalam 6 minggu itu mustahil (ada pengacara yang bisa menyimpulkan ttg malpraktiknya satu dokter berdasar pada satu buku yang dibacanya, itupun pasti bukan buku textbook) pokoknya percayalah pada kami. Bersama kita Bisa!!!

Baru mau nelpon cewek, eh teringet besok maw ujian!!! Baru mau ngajak jalan, eh teringet pasien jerit jerit (gak tega), mau pegi nonton, eh ada panggilan mendadak. Mau romantis, teringet tadi pagi abis kena bentak perawat senior, dokter senior ato anak pasien!!

Biarpun susah dengan waktunya…kami para dokter tanpa susah2 kok kalau mau cari pacar, cukup meggerlingkan mata, menyipitkan lesung pipi, menjulurkan lidah, merentangkan tangan (ngajak kenalan ceritanya) , senyum sedikit, dan dengan tidak lupa memakai jas dokter kami . Dijamin dah cewek/cowok bakal tergoda dengan kami. Tapi tenang kami para dokter 90% bukan tipe buaya darat, kami type setia semua (halah!!)..

Mau pacaran!?! Mesti cari cewek/cowok yang cinta mati nian, sayang nian, punya hobi unik seperti menunggu, menemani di perpustakaan, ngetik tugas, translate bahan, cari bahan di inet!!! Kalau belum nemuke type yang seperti itu…gak berani deh pacarannnn. Terus kalau pacaran siap siap mencium bau feses, darah, air ketuban, formalin, mayat…(wah nambah sereeeem!!)

Nah ini masalahnya!!! Pacaran dengan dokter itu jarang nian langgeng… Satu bulan udah ribut, 2 bulan dicuekin, 3 bulan putus, terus bulan keempat dapet yang baru.. Itu lingkaran setannya. Mending kenal, nikah, langsung punya anak! Itu jalan yang terbaik.

Mau nikah!?! PTT belum, klinik dak ada, ortu maseh berharap banyak, keinginan ngambil spesialis tertanam di hati. Kayaknya sekitar umur 40 an deh baru nikah…mungkin yang dokter cewek nyari suami yang kaya raya aja biar umur 30 an bisa nikah..

Kalau nikah sesama dokter!? Udah terbayang suasana di meja makan, kamar tidur, kamar mandi (lho kok,,?)! Ngomongi TBC, AIDS, feses, darah, pasien meninggal.. Nambah pening kalau nikah dengan non dokter! Diajak ngomong TBC dsangka kita ngatain dia kena TBC.. Kalo diajak ngomong AIDS, langsung nangis dan bilang "sumpah!! Aku bukan OIDA", …diajak ngomong darah/feses, langsung melayang piring ke wajah kita.. Diajak ngomong orang meninggal tidak bisa tidur pula.. jd Buah simalakama deh..

Punya anak pertama laki-laki, umur sudah 45 tahun…Kaki udah gak kuat lagi maen dengan anak, pinggang lah sakit gendong anak (kena LBP). Anak umur 10 tahun udah keno penyakit degeneratif (kanker payudara, kanker usus, kanker prostat), anak umur 13 tahun sudah mesti check up dan kemoterapi terus, anak belum nikah kita udah tergolek lemas di kursi roda. Sehari sebelum anak kita nikah….kita dipanggil yang diatas! (ampunnnn!!! Serem!!)


 

Nah gimana kawand2, yang mo jadi dokter khususnya? Hahay… gaswat juga sih, tapi tergantung individu yang ngejalaninnya..

Karna c sering ngedengerin curhatan senior2 yang udah jadi dokter muda(h), yang mulai dari yang udah gaek-gaek(mo akhir co-ass) mpe yang baru seumur jagung co-ass nya.

Co-ass 1(yang mo tamat)     : whuaa… capek… tadi baru dinas IGD, pasien masuk banyak banget, residen marah2, ga bisa tidur, capek bediri, mana besok ada case, referat belon selese…huwaaaa…… capek….. kapankah selesenya ni??? Lama banged sih jadi dokternya T.T (padahal tinggal beberapa bulan lagi)

Co-ass2(yang baru 2 hari ngo-ass)    : kakak…. Aku juga, ga sanggup….capek banged…. Trus juga takut2 mulu, takut salah…, ni mana kasusnya aneh2 lagi, teori2 yang dipelajari dulu udah samar2, huwaaa… harus belajar ampe jungkir balik ni malam…T.T, kakak… harus berapa hari lagi ngejalaninnya nih? (kalo 2 tahun dikurangin 2 hari ada berapa yak?)

ice (mahasiswi tahun 2 yang masih cengar-cengir ngeliat co-ass_ers pada ngeluh)    : whuaduh… kakak2 ku yang cakep, jangan gitulah…., kakak2 bentar lagi juga bakal make jas putih dokter itu, kami masih jaooooouuuuh banged… masih beratus bahkan beribu hari lagi yang harus di tempuh… kasian juga ma junior kita yang baru 2 hari kuliah nih (hohoho…anak2 tahun 1,masih…. 6 tahun dikurang 2 hari, ada berapa hari lagi ya?)


 

profesi dokter emang mulia, manusia yang paling ideal kan yang paling berguna buat banyak orang, yah walo semua orang juga pasti bisa bermanfaat buat orang lain,tapi profesi ini kentara bangetlah gimana pertolongannya, kita dengan segala daya upaya dan juga izin dari Allah harus bisa optimal dalam menyelamatkan nyawa n merawat kesehatan banyak orang, apalagi dokter2 yang mengabdi untuk kemanusiaan (wah… jadi inget senior yang dulu sekamar yang sekarang udah PTT di Papua sana, bener2 ngeluarin pengorbanan yang banyak tuk membantu orang2 di pedalaman sana). So, untuk ngedapetin profesi ni juga ga mudah, ngejalaninnya apalagi, berattttt sekali, banyak halangan dan rintangan, n kita juga ga boleh give up di tengah jalan, coz segala yang kita perjuangkan akan sia2…


 

di tahun pertama c kuliah kemaren c udah nonton beberapa film yang bercerita ttg kedokteran..

team medical dragon (dorama jepang), ni tentang bedah batista(pada jantung), wuih…keren….. apalagi Asada Ryotaru-nya, so perfecto!, tapi itu berlebihan juga kayaknya, soalnya dia selalu bisa nyelamatin nyawa orang, walo itu kelihatannya mustahil


 

bong dal hee surgeon (dorama korea), ni tentang dokter umum yang ngambil PPDS( nempuh spesialis) di bedah thorac, hemm..hmm…geleng2 kepala c liat jatuh-bangunnya dia, bener2 super deh, walo udah trauma coz pasien yang meninggal karna dia, tapi dia tetep tegar, masih belum give up, walo kondisinya pun menyedihkan (pernah operasi jantung 2 kali),


 

new heart(dorama korea), ga selese nontonnya (ada yang mo minjemin DVDnya ga?hehehe), jg tentang bedah jantung (huah..laris banget ni jantung), keren sih, apalagi konsulennya, tapi bumbu2 percintaan di film-nya kentara banged


 

dr. koto's clinic (dorama jepang)…gyaaaa… I love it(not him), kereeeeennnnnnnn, two thumbs up deh, pengabdian yang keren, caranya mengatasi masalah juga keren, hohoho yang paling keren itu… dia naik sepeda..huahahahah (halah…paling2 karna ini nih mau naek sepeda, ngehehehe), tapi setelah niwa nonton film ini, dia jadi bersyukur ga jadi masuk kedokteran, karna dia liat masalah yang dihadapi dr. koto tu berat2 semua…ya iyalah…


 

batista (dorama jepang), ni ceritanya lebih ke cerita detective , soalnya dia nyari siapa yang merekayasa pasien yang meninggal di meja operasi pas operasi batista, tapi anesthesiologist-nya keren …ups… don't judge book by it's cover ya?


 

Grey anatomy (American serial), ga ngerti2 banget, coz pake bahasa inggris, mana ga ada translate dlm bahasa indonesianya lagi (wahahaha…kesian banged…)


 

Ah…. Jadi dokter itu ga mudah…bener2 butuh perjuangan yang lama, masalahnya pun banyak banget, but walo gimana pun, inilah jihad kita, so don't give up c!


 


 

Ps: cita-cita masa kecil c mo jadi astronot (hmm… soalnya keren sih)

Cita-cita masa remaja . mo jadi orang yang berguna buat apa aja (coz udah fracture hepar sama masa depan sbg astronot)

Cita-cita ketika SMA, mo jadi programmer (Cuma selangkah lagi. Tapi Allah berkehendak lain)

Cita-cita sekarang. Apaan ya???

6 komentar:

~Cinta Cukulet~ mengatakan...

hehehe..kesimpulannya, yang mahu jadi doktor itu harus punya jiwa yang cukup kental. Semangat harus kuat sebab dugaannya cukup hebat, bermula dari saat hari pertama mendaftar sebab pelajar sampailah ke akhirnya tamat pekhidmatan..

Apapun, doktor itu tugas yang mulia..sedia berkhidmat untuk agama, bangsa dan negara hehehee...

~Cinta Cukulet~ mengatakan...

oh ya..jangan lupa nonton Patch Adam..hehe

ice mengatakan...

ya lah...
harus kuat mental, salah2 sedikit nyawa orang tak bisa re-install, hohoho

iya, nak jadi doktor pun terinspirasi dari patch adam itu... it's so cool..

Anonim mengatakan...

Hello everyone!
I would like to burn a theme at here. There is such a nicey, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of financial piramyde, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

For quite a long time, I earn money with the help of these programs.
I don't have problems with money now, but there are heights that must be conquered . I make 2G daily, and I started with funny 500 bucks.
Right now, I'm very close at catching at last a guaranteed variant to make a sharp rise . Turn to my web site to get additional info.

http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

Juju's Blog ^^ mengatakan...

kak,, postingannya keren... :)

micelia amalia sari mengatakan...

hehe, thx for ur visting :)

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget