12 November 2010

Ukhuwahfillah itu hanya dongengan?

Thursday, November 11, 2010 , 6:40 am

Aih mengerikan sekali akral ce skrg(ujung2 jari aja) berwarna hitam sampe satu buku jari, benerin cartridge printer tadi malam yang bikin ce give up.

Uh, forget it.

Kmrn ada yang curhat sama ce ketika ada teman lain yang menyinggung tth ukhuwah yang ditulis oleh Salim A. Fillah dalam buku terbarunya "Dalam Dekapan Ukhuwah ". Di situ kan dibilang kalo ukhuwah itu seperti 2 bola mata, meski tidak saling nyata merasakan keberadaan yg lainnya tapi dia sama2 1 direksi dan saling membantu fungsi, kalo si kanan menoleh ke lateral, si kiri ngikutin juga, hingga tercipta focus yang sama walo ga bersua. Tapi temen ce yang lain nyeletuk,

"gambaran2 di buku itu seperti dongengan saja"

Fiuu… ada yang lagi kecewa ternyata.


 

Apa sih bedanya ikatan persahabatan/persaudaraan yang dinamakan ukhuwahfillah (berhubungan/berikatan karena Allah) dengan yang ga, dengan yg hanya karna persamaan hobi, ide, tempat, hanya karena kepentingan sesaat?


 

Ce rasa beda, dan menurut teori yg ce baca juga beda, tapi aplikasi yang pernah ce temui pada banyak orang, masih ada juga yang menyatakan kalo dia menjalin ukhuwahfillah, tapi dalam refleksi tindakannya hanya karena kepentingan sesaat, kalo lagi happy aja, kalo lagi konflik bisa-bisa malah lebih parah musuhannya daripada yang dg alasan yang disebutkan diatas tadi.


 

Lalu?

Gimana kalo kita ketemunya dg yang parah tadi, pernah tercetus dibibirnya uhibbukifillah (aku mencintai kamu saudariku, karena Allah) tapi kemudian ketika konflik dia memutus hubungan silaturahmi dan malah menjelek2an saudari seiman seperjuangannya dahulu itu.

Ah, janganlah sampe kayak gitu… (adu…du…sepanjang perjalanan ini ce pernah ngelakuin yang parah itu ga ya? Adakah yang tersakiti karna ce ga ya? Semoga tidak… hamba mohon ampun jika memang ada ya Allah…)


 

*

Tadi rehat sejenak, ups bukan ding, nyetrika bentar, dan kami memperbincangkan ukhuwahfillah ini, tapi ga serius2 kali, malah jadi alasan utk meminta tolongkan sesuatu pagi ini, such us:

"ukhti…ukhti.. minjem jilbab yah, kita kan ukhuwahfillah " ops.. aplikasi yang salah, tapi Cuma becanda ding.


 

Ah ya, akhirnya kami menyimpulkan, tergantung individu masing2 sih, kalo dia nya memang tdk berniat di awal utk bersahabat dg keimanan kpd Allah tapi ktk sdh dijalani ia sudah bs ikhlas, everything's gonna be ok deh kyknya, tapi kalo memang disaat konflik suudzonitas masih kental, rasa ga puas juga diutamakan, bukan saling pengertian.. ya… gitu deh, jadi parah.

Ukhuwahfillah jadi dongengan.

Tidak ada komentar:

tweets

temen-temen

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget