22 November 2010

NEUROPSIKIATRI HARI I angkatan 2005


 

1. Seorang anak laki- laki umur 18 th dibawa ke IGD karena kejang. Ibunya mengatakan

anaknya ingin sekolah di Jakarta tapi ortunya tidak mampu, kesadaran anak tersebut

baik, tapi ia tidak mau menjawab pertanyaan ? Diagnosis ?

a. psychogenic seizure

b. epileptic

c. non epileptic seizure

d. anoxia

e. sinkope


 

2. Obat yang diberikan adalah ?

a. obat antiepilepsi selama 2 th sampai kejang berhenti

b. obat anti hipertensi

e. obat anti kejang 1 x sahaja untuk kejang sekarang


 

9. Pada pemeriksaan semuanya dalam keadaan normal, jadi ? – idiopatik


 

10. Yang tidak boleh dilakukan pada pasien tonik klonik ? – masukkan apa-apa dalam

mulut.


 

11. kejang tiba-tiba, mata berkedip 3 saat.


 

12. Dan adiknya mengalami kejang berulang selama 3 x, apakah diagnosa ? – mungkin

epilepsy


 

Laki-laki, 19 th, kesadaran menurun, berada di garase mobil, listrik mati, banyak asap

hitam, sesak nafas, batuk, muntah, tidak bias bicara, tidak responsive, kejang.


 

19. Kerusakan permanent otak kecuali :


 

a. sel otak sensitive pada kekurangan suplai oksigen.

b. kerusakan otak irreversible

c. kerusakan sel otak bias terjadi bila kekurangan oksigen kurang 30 menit

d. tekanan darah sistemik yang menurun dapat menyebabkan hipoksia ensefalopati

e. kerusakan dapat terjadi dalam 3 menit kekurangan oksigen.


 

Ibu, 55 th, kesadaran menurun, nyeri kepala hebat, mual, muntah, kejang, hipertensi

(tensi 240/120 mmHg), urin merah mungkin bercampur darah. Sering berobat karena

pusing dan tekanan darah tinggi.


 

20. Apa diagnosis pada ibu ini :


 

a. ensefalopati hipertensif

b. ginjal kronik

c. toksik metabolisme ensefalopati

d. hipertensi krisis

e. stroke perdarahan akut


 

22. Tujuan pengobatan


 

Tentang seorang anak laki2, sakit kepala, diserati fotophobia, phonophobia


 

24. diagnosa penyakit.


 

25. Anak SMP datang dengan gejala demam, nyeri kepala, kaku ekstremitas, apa

diagnosanya – encephalitis


 

26. Obat apa yang tidak perlu diberikan ? – antihipertensi


 

37. Seorang ibu menderita nteri kepala hebat, semakin lama semakin nyeri, apalagi kalo

dibawa tidur : migren tanpa aura


 

38. Nyeri kepala dengan melihat titik hitam : aura scotoma


 

39. migran dengan melihat gejala scotoma : - migrant dengan aura


 

42. KI obat triptan :

a. demam

b. muntah

c. coronary artewry disease


 

45. Laki-laki, 15 th, lemah badan kanan, 2 bulan lalu kelemahan bertambah, periksa tensi,

laboratorium, EKG normal, angiografi arteri serebral, gambaran pembentukan

kolateral seperti puff-off smoke, apa diagnosa ?

a. moya-moya disease

b. atherosclerosis

c. arteriovenosus athetotic

d. a . intracranial

e. semua salah


 

46. Supir kantor, 60 th, pandangan sebelah mata kabur, bicara pelo, kaki kanan lemah,

TD 110/95, riwayat darah tinggi 3 th, setelah dikasih obat & diberi makan, mula

membaik, diagnosa?

a. trombosis serebri

b. emboli serebri

c. TIA

d. perdarahan intraserebri

e. perdarahan subarachnoid


 

47. 6 bln kemudian, psien diantar ke poli saraf dengan keluhan lemah badan (kanan), tidak bias berdiri, bicara pelo, wajah asimetris, refleks babinski kanan, pasien tidak bias diajak komunikasi, tidak bias sebut apa yang dibicarakan, pasien sadar, TD 180 / 20

a. perdarahan intraserebral

b.ensefalopati

c. ensefalitis

d. trombosis serebri


 

48. Pasien ke bagian saraf dengan pemeriksaan otak. Pemeriksaan apa yang dilakukan?


 

51. Tumor otak – TIK meninggi

a. gangguan mental

b. nyeri kepala progresif

c. TD menurun – takikardi

e. N6


 

52. Nyeri kepala …. – ventrikel 3

Cewek, 45 th, nyeri 1 badan, lemah tungkai dan lengan, otot 4/4/4, atrofi m. gastrocnemis, dan biseps.


 

65. Penyebab ? – hipokalemi


 

66. pemeiksaan - diagnosa?

- KHS

- Kalium darah


 

75. Komplikasi dari penyakit ini bisa terjadi :

a. hemiparese

b. epilepsy

c. abses serebri

d. A + B

e. A + C


 

76. Seorang ibu, membawa anaknya (17 th) ke poli saraf dengan keluhan demam (sejak 3 minggu), tidak begitu tinggi, kesadaran apatis, gizi jelek. Pada pemeiksaan fisik : kesadaran apatis, suhu 37.8 C, diagnosis penyakit?

a. meningitis TBC

b. meningitis bakteri

c. meningitis virus

d. abses serebri

e. ensefalopati


 

81. Seseorang di garasi, generator hidup, si penderita itu mual, muntah, sakit kepala :

hypoxic encephalopathy.


 

82. Penatalaksanaannya : - perbaiki jalan napas, kasih alat bantu nafas


 

83. Bapak, 60 th, tensi 250 / 130, dulu tensi naik, ditemukan urin merah – hypertensi

Encephalopathy.


 

84. Apa bangunan peka nyeri intrakaranial ? – sirkulus willisy


 

85. Nervus yang kena pada sakit kepala di bagian belakang ?


 

86. Sakit kepala makin lama makin meningkat, ciri sakit kepala apa ?


 

Seorang pasien dengan sakit kepala terasa diikat berat, dan hipertensi.


 


 

87. Diagnosa – tension type headache


 


 

88. Faktor pencetusnya apa ?


 

93. Cewek, 2 th, masuk IGD dengan kejang sejak ½ jam yang lalu. Berat badan 10kg.

Untuk menghentikan kejang yang masih berlangsung diberikan :

a. rectal stesolid 10 mg

b. diazepam 3 mg iv

c. luminal 75 mg im

d. luminal 75 mg iv

e. phenitoin 150 mg iv


 

94. Anak laki-laki, 20 th mengalami kejang selama 20 menit pada satu sisi bahagian

badannya. Suhu tubuh 39°C. Kelemahan pada sisi yang kejang. Riwayat keluarga

yang mengalami kejang tidak ada. Pertumbuhan dan perkembangan dalam batas

normal. Faktor resiko dia kejang adalah :

a. anak laki-laki

b. kejang selama 20 menit

c. suhu tubuh 39°C

d. riwayat kejang keluarga tidak ada

e. pertumbuhan & perkembangan dalam batas normal


 

99. Apa obat yang diberi kepada pasien ? – rTPA


 

100. Apa ciri khas yang terlihat pada CT-Scan ?


 

EXTRA


 

Supir kantor, 60 th, pandangan sebelah mata kabur, bicara pelo, kaki kanan lemah, TD 110/95, riwayat darah tinggi 3 th, setelah dikasih obat & diberi makan, mula

membaik, dokter memberi obat berikut, kecuali ?

- phenitoin

- anti edema otak

- anti agregasi platelet

- obat sitoprotektif

- anti hipertensi

2 komentar:

Anonim mengatakan...

tenkyuuuuuuuu ice (dbaca:es):)
mesti seringsering mampir nih k blognya ice yg sgt membeku (seperti es) ini.hehe :D

micelia amalia sari mengatakan...

same2..
heyhey siapa ini yang bilang2 blog ce membeku?
hoho yg bagian mana yg membeku? huhu emang akhir2 ini lg males nulis nih, freeze in laziness

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget