22 November 2010

Epilog blok 13 , nutrisi dan pencernaan


Sundae, 21 November 2010, 2: 06 pm

Assalamu'alaikumww

Wew telat bgt nih epilog blok 13, hehe tapi ga afdol kalo ga ada n skip ke blok 14, walo blok 14 udah jalan setengahnya.

Ok, mari mengais2 memori 4minggu yang lalu

Tutorial :

Dapet kelompok baru dunk…

Ditahun ketiga di kedokteran ce, ce dapet kelompok 29 D, jauh banget kan terlemparnya, dulu di kelompok 7 A

Seneng banget pas tau kalo kami bersembilan semuanya cewek, full of ladies, mengingat dan menimbang skills lab kali ini aka nada buka2, pemeriksaan abdomen ding,megang2 perut orang, kan agak risi kalo langsung nyoba sama cowok, kalo sama pasien lain ceritanya..

Kelompok ce skrg tu;

Sri Utari Saraswati (Tari, yang dinobatkan jadi ketua kami, oh yeah!)

Anni jan riwa (lani..)

Annisa Syafliani (Cha-pho)

Maisyah Nelzima (meisya yang kalem, ya dunk.. ka-put euy)

Lisa Monica Densi (monic yang jadi becandaanya si ipeh, sabar ya iboo)

Nurul ramadhani (uul.. )

Latifah (i-peh yang ga tak tertolong lagi kekacauan otaknya, tapi top banget kalo lagi tutorial dan catatannya.. wuis mantep dah)

Flori Puspa humani (kak flo, asli kocak abis, agak gimanaaa gitu)


 

Kami dapet tutor yang asik lah, ce juga udah pernah di blok sebelumnya(lupa ce blok apaan), sama dr. Selfi Renita Rusdji .

Ada 6 skenario, mulai dari ceritanya si anak yang kelainan pada saluran pencernaannya congenital, ato udah bawaan lahir, dia palatoskizis dan stenosis esophagus dan diduga atresia duodeni, awalnya bingung banget, ni scenario klinis banget deh, penatalaksanaannya juga udah kompleks (ya iyalah.. blok klinis).

Trus juga tentang yang kelainan anatomis yang didapat seperti hernia, tumor di saluran pencernaan dan yang lain2nya, ini sering banget loh terjadi sama banyak pasien yang udah berumur, anak2 sih seringnya bisa pulih sendiri (hernia fisiologis> tap ice ga bisa nerangin di sini, kan cerita2 dikit doank,googling aja bisa ni).

Infeksi dan inflamasi juga dibahas, nnnahhhh.. ce serrrring banget yang beginian, malah ce nyobain loh di blok ini langsung, dapet diare dan muntah2, hehe, water born disease menghampiri ce, kayaknya kolera deh, n bikin ce lemes ga bertenaga, muntah dan diare berulangnya itu ga nahan, langsung membuat berat badan ce turun 4kg dalam sehari, nyaris 10% dari BB ce, makan obat tapi abis tu muntah, makan nasi 5 menit kemudian mencret2, ya udah rehidrasi aja bisanya, fiuu.. bener2 dipraktekin pelajaran infeksi saluran pencernaannya.

N then kita bahas akut abdomen, pernah denger radang usus buntu? Ato malah udah pernah ngalamin? Sakit banget kan? Tapi ternyata mudah banget menghindarinya loh, konsumsilah SABU-SABU a.k.a sayurbuah-sayurbuah, serat!serat!serat! itu wajib kalo ga mau dapet radang usus buntu ato kanker kolon, ato penyakit lainnya deh. Oia disini juga disinggung masalah usus paralisis ato ususnya lumpuh(hah? Masa sih usus bisa lumpuh? Iya… bisa ajalah..) banyak hal yang menyebabkan ini, bisa aja disebabkan ususnya tersumbat gara2 benda2 yang menyumbat, oleh hernia yang terjepit, oleh usus yang terpelintir, oleh radang selaput usus yang udah menyebar dan menyerang jaringan disana hingga mati(nekrosis), ya udah si usus ga bisa deh bergerak2 dengan leluasa, adanya sumbatan itu bisa bikin perutnya keliatan gerakan usus dipermukaan perut(darm contour) dan dan teraba getaran ususnya yang nyembul itu ( darm steifung), ih kalo liat yang aslinya pasti ngeri deh, biasanya perut orang kan mulus2 aja, ga nyembul2 gitu.

Oia, jangan lupa kalo pencernaan kita juga ditunjang oleh hati, empedu dan pancreas kan…, jadi banyak jg orang2 yang mengalami gangguan di organ2 tadi yang bikin pencernaanya bisa terganggu. Bisa emang karna bawaan kayak hepato bilier (yang kalo telat ngobatinnya bisa2 harus tranplantasi hati yang ongkosnya sampe 1 milyar rupiah), ato bisa karna trauma a.k.a luka karna terbentur, luka tusuk, luka tembak n kawan2 deh. Ato karna virus juga bisa, pada orang hepatitis.

Terakhir kita membahas tentang nutrisi (padahal judul bloknya nutrisi dan pencernaan, tapi kok dibahasnya di akhir ya?), yang ngasi kuliah pakar2nya gitu deh, ahli gizi semua. Dan Alhamdulillah, setelah ce analisis sendiri (walo sedikit sotoy), ce kayaknya cukup bergizi, hahay walo belum pernah mencapai berat badan ideal, yang penting sehat lah, ga sering sakit2an (kalo diare itu cerita lain. Huhu). Nah, disini sih lebih nekanin gimana system pengaturan gizi pasien dirumah sakit itu,gimana dengan nutrisi bagi pasien yang sedang kritis (fase ebb) ato yang udah stabil dan masa pemulihan (fase flow), diitung sesuai rumus, sesuai juga stress metabolic karna penyakitnya gimana. Wuih kompleks deh.


 

Over all, belajar pencernaan itu asik, seasik kita menikmati proses makan memakan selama hidup kita, hehe, tapi materinya banyak banget, dibahas kan dari mulut ampe anus (sori, ga ada penyensoran disini) plus hepatobilier-pankreas. Dan selain ilmu buat ujian dan menghadapi pasien kita juga bisa nerapin buat diri kita sendiri, apa aja sih yang bisa kita lakuin untuk menghindari penyakit2 itu.

Sesuai tuntunan nabi, kita ga boleh makan terlalu banyak, kombinasinya juga harus diperhatikan. Lambung kita itu perlu 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air dan 1/3 lagi untuk udara, dan emang penyakit banyaknya dikarenakan kesalahan manusia dalam hal makan memakan ini, maka makanlah makanan yang sehat ce, dan jangan berlebihan.


 

Skills lab

Pas skills lab pertama kami langsung kaget, ujug2 ada cowok yang nimbrung di kelompok kami, beliau anak 06 yang ngulang blok ini.

Huhu

Sirnalah kegembiraan kalo terbebas dari kerisian itu.

Dan ga sampe segitu aja kawan, hari itu juga kan kami melakukan pemeriksaan thdp abdomen/ perut, ya.. gitu2 deh, inspeksi(di liat2in tu perut), auskultasi,(didengerin bising ususnya lewat stetoskop) perkusi(diketuk2 pake jari2, nentuin perbedaan bunyi yang diakibatkan konsistensi organ yang kita pengen tahu itu gimana, pake teknik juga nih, dan si ipeh berniat ikut Indonesia Mencari Bakat dengan pertunjukan perkusi perut, LOL) dan palpasi(diraba, dan sekali2 diberi penekanan, supaya berasa dimana letak organnya ato nyari adanya nyeri tekan).

Dan karena abang tu satu2nya cowok, jadilah beliau yang dijadikan OP(orang percobaan) oleh istruktur kami, dr. Rahmi Lestari (kak iie), dan yang memeriksanya adalah Micelia Amalia Sari, *ndeh… salamaik yo..

Jeng..jeng..jeng…

Saya terdiam sejenak, huff.. biasa aja ce, anggap pasien yang ga dikenal, dan semoga Allah mengampuni ce yang nyentuh kulit yang seharusnya ce hindari untuk disentuh.

Maka, dimulailah.

Si OP ce minta untuk menyingkapkan bajunya hingga sebatas dada. *tsah sensor aja ya.

Lalu ce lakuin pemeriksaan untuk abdomen umum, pemeriksaan hati, dan limpa.

Uing…uing…uing… berusaha untuk professional saja, semoga si OP ga mikir macem2.

Untunglah pas ujiannya si abang ga dijadiin OP juga, sesuai gender saja dan beliau membawa temen untuk jadi OP nya.

Oia, materi kedua skills lab tu untuk meriksa ascites pada orang sirosis hepatis.


 

Praktikum

Beberapa topik aja sih, kayak pemeriksaan perdarahan samar di feses (tinja), pemeriksaan bilirubin di urin, trus belajar cacing2 dan konco2nya (lagi), aih ga inget semua.

Ah ya, dikarenakan si micelia ga punya jadwal kuliah yang hardcopy dan juga ga aware ngeliat jadwal harian dilaptop, maka pernah melupakan satu jadwal praktikum, dan menyelinap 1 jam setelah praktikum itu dimulai, itu pun setelah disms sama ketua kelompok dan hebatnya lagi si ice ga bawa jas lab, jadinya pontangpanting ngebut pake sepeda pulang kerumah buat njemput tu jas lab, n Thanks Allah, semua tdk semengerikan yang dikira (ex: diusir ato gimanalah).


 

Ujian

Huaaa..

Saya panik…

Materinya banyak banget

Sedangkan ce ga rutin belajar tiap hari, h-3 juga masih ada kegiatan MPM ke payakumbuh seharian, ga optimal belajarnya (halah alesan)

Banyak dapet soal sih, tapi bahan yang mau dibaca kan banyak juga.

Tapi at least ce udah banyak nyatet dislide kuliah yang ce print sebelum kuliah, jadinya apa yang disebutin dosen diluar slide itu banyak membantulah.

Jadilah ce dan heka menggila ngafal untuk ujian ini, bener2 ga patut dicontoh SKS nya, kami bela2in menenggak cappuccino untuk membesarkan mata hingga lewat tengah malam untuk ujian hari pertama.

Alhamdulillah, banyak juga yang dihafal yang keluar, walo yang sulit2 juga ada.

Hari kedua semangat jihad kami sudah agak meluntur mungkin juga karna ga sanggup lagi diforsir untuk begadang, maka begitulah…

Kacau

Haha

Farmakologi lupa untuk ce hafal lagi (slidenya ada diminggu 1, begitu juga radiologi)

Salamaik yoo….

Soal no 1 aja tentang obat anti muntah ce salah total, huhu. But no what-what lah, banyak soal 06 yang ce bahas yang keluar, itu sangat membantu.


 

So, sampe skrg hasil ujiannya belum keluar sih, tapi semoga saja nilai ce bisa seperti yang diharapkan (meski sangat mendamba2 kan mendapatkan si A yang bener2 ga bersahabat dengan si pemalas micelia, tapi setidaknya janganlah kurang dari B+), amin.


 

Ada beberapa hal sih yang ga ce ceritain di sini, selain karna juga males ngetik banyak :P, juga karna udah lupa dikit2, kan udah sebulan berlalunya.

Oia harusnya ada BM atau belajar mandiri perkelompok itu, tapi karna kaminya males, jadinya ga ada deh,hehe, ga juga kok, dosen pembimbing kami lagi ke luar kota, jadinya ditunda untuk blok 14 deh (dan saya tak suka ini). BM ini kita disuruh belajar di kampus minimal 8jam seminggu, diluar kuliah, dan bikin rangkuman untuk learning objectivenya di catatan, harus rapi (ga banget..) dan lengkap (tssahhh), dan nanti dilaporin ke dosennya (dan sampe minggu ke3 lewat di blok 14, kami belum lapor2 juga, gawaaat)


 


 

Setelah melewati blok ini, pengen juga sih jadi spesialis penyakit dalam.. seru…. banyak penyakitnya, banyak tantangannya. Tapi kan ce udah netapin mo jadi dokter bedah, ya udahlah focus aja satu tujuan dulu. Semangat!!!!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

as like as two peas ghd outlet.
the beginning can still pissed at GHD north face outlet.
tImt Mind that one does not see more beautiful appearance suddenly appear ghd hair straighteners.
7mTfp 5pWte ghd offers

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget