19 Desember 2009

Symposium vascular surgery update (part 1)

Saturday, December 19, 2009, 6:46 pm


 

First of all…

Selamat tahun baru hijriah 1431….., hehehe walo telad, kan kemaren 1 muharramnya…

Niwey, ditiap pgantian taon kt emg hrs muhasabah diri, learn from yesterday, action for today and plan for future..

Hmmm pgantian thn ni ada 2 peristiwa istimewa, pertama walimahannya ni UL dan bang Hasdi, c ikut dunk…. di banuhampu, padang luar Agam, dingiiiiiiinnnnn begete…begete… tapi seru…. (cerita selengkapnya mungkin ka fathel bakal cerita lebih banyak,hmmm c ga usah cerita ajahhh :P). Satu lagi, kemaren tu ajo-nya niwa, Bang Roni, ulang taun, ke 62, eh ngga ding, 26 :P, selamat ya…


 

Well, hari ini c ikut acara yg laen dr yg biasanya

N baru kali ni ikutan symposium vascular surgery update

Coz…

Acaranya mahallll buangeddd (mahasiswa Rp 200.000,- bwt symposium aja, klo pake workshop nambah seratus lageee)

Acaranya hari sabtu…hari pulang kampung euy..

Acaranya jarang banged diikuti mahasiswa, liad aja tadi, Cuma c yg ga pake gelar, hahaha, padahal yang laen pake gelar Prof. DR.Dr.blableblo.SpEntahapa, atau minimal S.Ked lah…nah diriku????? Baru mahasiswa tahun 2….mengerti apa???Cuma bermodalkan secuil ilmu system organ n baca2 dikit, udah berani2nya ikutan symposium, ckckckck….ishishish…

Acaranya tu ga bakalan diujianin minggu depan, jadi mana mau temen2 c laennya ikutan


 

Tapi….

C ga nyesel kok…

Walo menguras kantong Rp 50.000 (nah lo?hehehe…iya, 150 ribu lagi dibayarin Apa)

Walo menyita hari sabtu c(cailah…)

Walo c ga bisa megang buku pelajaran n menghafal bwt ujian blok hari ini

Walo c ga bisa nyuci baju hari ini (huwaaa….jangan diingat2 c)

Walo c Cuma sendirian di sana ga da temen n kedinginan,AC nya bikin ga konsen(eh c udah bilang ga, klo simposiumnya di Hotel Pangeran??belom perasaan)

C dapet ilmu buanyaaaaakkkkk bgd…

Ga lebay loh..

Tp emang iya

Liat aja pembicaranya, SpB(K)V semua, dari 9 pembicara ada 2 (klo ga salah) aja yang dari M.Djamil Padang, selebihnya dokter2 dari RSCM Jakarta, materinya padet dunk, ga kayak kuliah yang hanya superficial aja, yg kulit2nya aja, tapi ini ampe teknologi2 terbaru untuk bedah vaskuler juga dijelasin (mau deh c nyeritain lagi, tapi berhubung c mo ujian….so abis ujian aja ya c cerita , berbagi hal2 penting yang sempet c catet dg kecepatan tinggi, coz emang pembicaranya kenceng bgt ngomongnya, Cuma 15-20 menit bwt 1 materi, kebayang dunk…seberapa amburadulnya catatan c, hahahha)


 

Yang berkesan sama c tu, sama bapak Dr. Dante Saksono SpPD-KMED PhD (klo ga salah PhD nya jerman atau paris yah?mupeng dah), dokter RSCM jg, masih muda euy, ganteng euy (gedubrak!hehehe intermezzo), ya..ya..ya tampilan slidenya keren euy, ga sesederhana Power Point biasa, tp c rasa itu juga bukan Macromedia Flash, cara njelasinnya juga keren(halah…dirimu udah tersihir ananda), bener kok,kalimat sapaannya tu "temen-temen", bukan "saudara-saudara", atau "anda", kan makin gimanaaa gitu, beliau ngejelasin ttg metabolic syndrome ,tentunya nyinggung2 resistensi insulin pada diabetes mellitus tipe 2 dunk, ice banget tuh, kan lagi bikin proposal penelitian tentang itu (udah deh, ga ada nyesel2nya c ikutan).

Trus abis itu, pak Prof. DR. Dr. Sarwono Waspadji , SpPD-KMED, kata kak effi bapak ni salah satu penulis di buku ajar Ilmu Penyakit Dalam FKUI (hmm… anak kedokteran pada punya dunk…minimal tau lah…), bapak ni ahlinya diabetes deh, jadinya ngebahas penatalaksanaan DM terkini, c ngerti2 dikit lah, kan udah baca2 buat proposal penelitian, jadinya ngga eN-Ji_e-eN_ji-O alias ngango aja pas denger penjelasan sulfonyluria, biguanida, metformin, Thiazolidinedione, n kawan2 sekampungnya laen.

Saking excited nya c berani nanya loh (huhuhu padahal seumur hidup ga pernah nanya2 di diskusi pleno, muahaha… :D), walo dg tangan tremor, suara bergetar, c raih juga tu microphone ,engingeng…

"assalamu'alaikum(awalnya ga kedengeran tuh, ga idup mic nya), perkenalkan saya micelia, mahasiswa fakultas kedokteran, eee.. awalnya saya takut2 juga nanyain ini, karna saya liat di sini, semua dokter, dan pertanyaan saya ini hal yang mendasar yang mungkin semua orang di sini udah paham, tapi saya belum mendapatkan kuliah tentang ini, dan karna saya di tahun kedua ini membuat proposal penelitian tentang diabetes mellitus jadinya saya perlu mengerti juga, tadi sebenarnya pak Dante udah ngejelasin tentang resistensi insulin, tapi karna cepat saya tidak paham. Kemudian tentang pengobatan DM, dari internet saya dapat, penelitian di Amerika menemukan sulfonylurea itu meningkatkan resiko penyakit jantung vaskuler, dan metformin menyebabkan asisdosis laktat, apa benar,dan bagaimana bisa?"

Huaaahhh…dengan penuh perjuangan c kumpulkan kekuatan n keberanian buat nanya begituan(setelah perang batin, nanya-ngga-nanya-ngga…kapan lagi c…, rugi kalo ga nanya,rugi bayar mahal2, hehehe)

N akhirnya di jawab sama pak Dante (kyaaaa :P)

"ya, saya senang kalo ada mahasiswa yang ikut2 acara seperti ini (c nyengir, eh bukan ding, senyum lebar) nambah2 ilmu,harusnya untuk mahasiswa lebih dirangsang lagi utk sering ikut dg diberi kemudahan(yah..skrg nyatanya insertnya Cuma beda 50ribu dg yang dokter) nah pada dasarnya kan gini2..gini2..(penjelasannya ga usah c jabarin skrg ya, kelamaan ngetiknya, proposal c udah ngambek tuh belom c kirim2 juga sama pak Erkadius, hehehe)"

Jadi ngerti dey…

Trus pertanyaan kedua dijawab pak Sarwono.


 

2nd Session

Tentang kaki diabetic, abis coffe break nih, c nguanntukkkkk banged2, padahal udah c camkan dalam hati…

"c ni bukan kuliah biasa, jangan sampe ketiduran, sayang banged ilmunya c…rugi bayar mahal2(halah lagi2 ituuuu)"

Tapi mengantuk itu adalah virus yang menyebar (teori mana tu c?), ngeliat ada yang tidur, c juga ikut2an, tp pas tersentak, c berusaha menahan kuat2 palpebra ni untuk tetep patuh, untuk tetep melek, tapi karna emg tadi malam seperti biasa, begadang, jadinya sekali2 mata ini terpejam juga walo c ga nyadar, tapi mau ke toilet buat cuci mata c ga rela juga, ntar ketinggalan hal penting, akhirnya bertahan juga.. (coba aja temen2 yang lagi kuliah juga merasa kayak gini,pasti merasa rugi bgd kalo tidur pas kuliah, c kalo kuliah duduk di depan emang susah melawan kantuk kalo lagi bosen, tapi kalo duduk di tengah ato belakang jarang lah ngantuk yg ampe ketiduran)


 

Siang…

Makaaaaaannnn

Hurmmm…slurpppp…makanan hotel enak2 euy, c ngambil es teler juga, hehehe, nyambi ce…

Trus duduk sama ibu2 yang dari Tangerang, beliau bisa langsung nebak c mahasiswa (hohoho padahal kan kata kak Dati, c ni 'bermutu', bermuka tua, enak ajah…:P, ya mo gimana lagi, yg penting c masih nyadar kalo c tu masih remaja akhir, hualah..opo iki? Yupz 19 taon lewad 3 bulan euy), n ternyata anaknya pendok FKUA juga, 09, namanya Putri Reno, kayaknya adek kelasnya sarah deh, besok2 c cari. Ibu tu btugas di dinkes tangerang, c lupa nanya beliau dokter apa bukan. Yang jelas kami tu bahas gmn kuliah lah, gmn ujian. Abis ibu tu pergi, duduklah kakak2 ko-ass di meja makan c tu yg ternyata kakak kelas c (SMA 1 pariaman juga, 05, kakaknya ory, anaknya walikota, heishhh c ga inget wajahnya, padahal udah pernah ketemu, dasar!) , cerita2 juga.


 

3rd session

C udah bertekad untuk ngga ngantuk lagi..

N c berhasil..yattaaa….. ngga ngantuk..ngga ngantuk… ampe akhir ….hebad kan….hahaha

Ni tentang penyakit arteri perifer, critical limb ischemia, n bedah pada PAD

Hmm…ni penyakitnya Apa c nih, n c dengerin dengan seksama, ampe ngerti deh pokoknya tekad c, n hasilnya lumayanlah… kalo diminta nyeritain lagi c bisa kok (tapi jangan sekaraaaannggg…)

Pengen nanya lagi…tapi pas c angkat tangan ga keliatan ma moderatornya,udah deh lanjut sesi berikutnya ajah


 

4th session

Kelainan vena, penyakit Apa c juga nih, ntar c bertugas ngejelasinnya ke Apa c dengan sejelas2nya ampe beliau ngerti(kan gara2 ini c ikutan)

Okay c cerita dikit, kasus pada Apa c niy,

Laki-laki (ya iyalah…) berumur 60 tahun,BB kira-kira 56kg, TB 170cm ada varises kronik, profesinya petani yang berjam2 berdiri dari pagi sampe magrib, perokok berat, sering nocturnal rest pain or bahasa kitanya sering kram or nyeri hebat pada betis saat tidur atau istirahat, trus kira-kira 5 tahun yang lalu timbul penyakit kulit pada kakinya, warna kulit juga menghitam (bukan karna terpanggang matahari), 3 tahun yang lalu ada ulcer/tukak pada betis bawah lateral, sekarang udah menutup, bukan diabetes mellitus, paru2nya ga kenapa2, jantungnya insyAllah ga kenapa2 juga, 2 minggu yang lalu demam disertai kaki kirinya bengkak dan merah hingga paha, tapi setelah diberi obat sama dokter umum, normal lagi, n 2 hari kemudian udah pergi nyangkul lagi ke ladang(padahal udah dilarang). Udah susah membujuknya utk operasi tapi belum jg berhasil, tp insyAllah minggu depan c akan intensif lagi merayunya, takutnya ntar udah terlalu telat. Nah menurut teman2, apa sebenernya penyakit Apa c ni, apakah PAD- peripheral arterial disease-? CVI - chronic vein insufficient-? DVT-deep vein thrombosis- ? gimana treatment nya yg tepat? Gmn prognosisnya?

C udah ada pemahaman sendiri ttg ini , tp besok2 lah c cerita ya…


 

PS: c dapet door prize..yattaaa ^_^

Berrggghhh mahal ya jadi dokter tu, simposiumnya mahal bgd…ntar klo dah jd dokter, harus nyisain uang bwt ikut2 simposium ni, klo skrg, cukup skali ni ajah, bikin bangkrut…

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget