30 Agustus 2010

Pemanggilan Departemen Luar Negeri

Kamis, 26 Agustus 2008, pukul 14:15 WIB – selesai

Hadir :

DPM     : Micelia Amalia Sari ( Komisi 2)

Deplu    : Berly Surya Darma (Mentri Deplu)

     Sisri Handa Yani ( Sekretaris Mentri Deplu)

Hasil :

Untuk redaksi pendahuluan, visi – misi, dan motto dari departemen luar negeri akan diperbaharui lagi dikarenakan adanya kesalahan data yang tertukar dengan data deplu periode sebelumnya. Dan di grand proposal yang kami terima ada 7 proker dari deplu dan setelah pembahasan bersama ada satu tambahan proker lagi, adapun proker tersebut akan dijabarkan sebagai berikut ;

  1. Symposium internasional ; tahun kemarin proker ini pun sudah diwacanakan, dengan tema teknologi pangan, namun tidak sampai goal dikarenakan banyak kendala, maka tahun ini kembali diangkatkan lagi dengan tema berbeda yaitu tentang pendidikan dan akan membuka pintu kesempatan selebar-lebarnya untuk kerjasama dengan pihak diluar BEM, dalam artian lembaga atau UKM lain. Proker ini dirumuskan dari 6 bulan awal kepengurusan dan ditargetkan menjadi penutup yang indah di akhir kepengurusan.
  2. Departemen Luar Negeri Links ; yang terdekat deplu menargetkan bisa membuat MoU dengan Padang TV untuk BEM dapat mengisi suatu program atau pihak Tv tersebut dapat berkerjasama untuk meliput kegiatan BEM. Untuk alumni, BEM Perguruan Tinggi Lain, dan instansi lain akan dilaksanakan secara kondisional.
  3. Konferensi BEM SUMBAR ; ketika dahulu diangkatkan "Rembuk SUMBAR" yang masih menyamarkan eksistensi BEM SB dibaliklayarnya, dikarenakan adanya perpecahan pergerakan antar BEM universitas di SUMBAR, namun sekarang BEM SB benar-benar akan serius mewadahi hal tersebut dengan mengusung nama BEM SB hingga nantinya diharapkan BEM SB bisa solid dan menghasilkan penyikapan secara bersama terhadap isu local yang sekarang berkembang di provinsi kita, yaitu pengawalan dan rekomendasi 100 hari pemerintahan Gubernur – Wakil Gubernur periode 2010-2015.
  4. Penanggungjawab pendelegasian BEM KM UNAND ; untuk system pendelegasian yang tertata rapi ini maka dibutuhkan permenlu yang akan segera dirancang.
  5. Pelaksana tugas koordinator wilayah I sumbagut BEM SI : ini lanjutan amanah yang periodenya hampir berakhir yaitu oktober 2010, maka akan diadakan rakorwil I yang akan mendapatkan susunan kepengurusan baru dan deklarasi pertama, untuk acara ini BEM UNP sudah bersedia untuk menjai tuan rumah, direncanakan pertengahan oktober ini.
  6. Voice of Deplu ; deplu sudah punya grup di Facebook, blog dalam pengerjaan dan berupaya untuk mengangkatkan kegiatan lain seperti diskusi hangat / public share mengenai isu-isu yang berkaitan dalam ranah deplu.
  7. Pelatihan Deplu : pembekalan ini awalnya sudah direncanakan untuk dilaksanakan diawal kepengurusan, namun karena kendala tempat dan kemudian terbentuk jadwal KKN beberapa anggota jadinya akan diusahakan oktober ini, dibuka untuk umum.
  8. Sekolah Anti Korupsi ; ini adalah proker baru yang belum tercantum pada grand proposal yang diberikan. Konsepnya masih belum ditetapkan.


 

Saran untuk deplu ;

  1. Lebih focus lagi untuk meng-goal-kan acara symposium internasional itu. Jika memang membutuhkan sumbangsih ide dan pikiran dari pihak luar yang lebih luas, ada baiknya deplu membuat suatu open tender untuk acara ini, tender tersebut berisikan tema dan ide acara, teknis acara, anggaran dan inovasi apa yang ditawarkan, sehingga deplu dapat memilah partner yang tepat untuk lebih meramu acara ini menjadi acara yang benar-benar diharapkan dan menjanjikan keberhasilannya.
  2. Untuk beberapa proker, ada kemungkinan bisa dijalin kerjasama dengan departemen lainnya, seperti voice of deplu, untuk bahan / data terbaru bisa berkerjasama dengan dept. litbang atau dept. infokom dan yang sharing bisa dilakukan bersama-sama juga namun memang deplu yang memegang kendali untuk ranah tersebut.


 

Ps: bila kebingungan berlanjut, hubungi mycelia terdekat :P

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget