23 Agustus 2010

Epilog blok 12

Friday, July 30, 2010, 9:26 pm

Akhirnya……….. selesai juga tahun kedua ce kuliah………

Alhamdulillah wa syukurillah..

Akhir semester ini ditutup dengan blok yang sangat2 padat materi dan jadwalnya, ada 47 kuliah pengantar, 12 diskusi tutorial dan 6 pertemuan Skills Lab( yang 2 terakhir ni emang udah standarnya gini)

Blok yang menguras tenaga dan pikiran, 'Hormon dan Reproduksi'

Untuk Tutorial :

Banyak ilmu dan banyak pengorbanan, harus lebih banyak baca buku, harus lebih kritis dalam memahami masalah di scenario tutorial.

Liat saja dari modul ke 3 yang kami bahas di minggu satu, skenarionya sangat panjang dan banyak terminology baru (temen2 bisa liat di sini)


 

Update 23 August 2010, 1:45pm

Huah… lama bgt baru ce sambung epilog blok 12 ni…

Padahal nilainya pun udah keluar(dan ce sangat surprise dg hasilnya, kok bisa ya?hmm… makasih bnyk bwt yg udah mendo'akan utk kbaikan blok 12 saia, hehe tenkyu, syukron jazakallah khairan katsiran…)

Gini kita lanjut tutorial lagi ya..

Tutorial di blok ini gak beda susunan modulnya, dimulai dari modul 3, coz jadwal kuliah pun dimajuin yg minggu 3 jadi minggu 1, para dosen yg membidangi kebidanan dan kandungan ada jadwal lain ketika jadwal seharusnya mereka mengajar yaitu di minggu 3-6, makanya…. Kami belajar kehamilan dulu baru hormon2.

Langsung shock juga awalnya dengan terminology kehamilan dan persalinan begitu banyak, pun belum belajar terlalu banyak, ini kan termasuk pelajaran yang berat, tapi mau gimana lagi, namanya juga student centre maka harus belajar sendiri dulu walo belum ngerti2 amat belajar dari buku, at least kita harus berusaha utk memahami scenario, kalo ngga… tutorial dijamin kita bakalan planga-plongo aja alias EN-JI-E EN-JI-O, NGANGO ngeliat orang2 pada asyik bahas proses kehamilan tu gini2, persalinan tu gini2, kita ngangguk2 ayam aja? Ouh NO!

Makanya…belajar…!!!(itu pesan Tuk Bayan Tula yang keramat buat Laskar Pelangi)

Seru sih belajar tentang kandungan dan kebidanan ini, banyak ilmunya, tapi kalo membayangkan prosesnya terjadi pada kita(para calon ibu) maka terbayang juga kengerian saat hamil apalagi melahirkan, eu…. Ga ku ku..(ga kuat..)

Kata dosen (bapak dokter yg udah jd ahli obgyn-kebidanan&kandungan-) ce ;

" kalian tahu? Tenaga yang dipake saat ibu mengejan buat melahirkan anaknya itu lebih besar dari tenaga yang digunain utk olahraga terberat. Apa coba olahraga yang paling banyak menguras tenaga? Marathon.., lari non-stop 40km, terbayang betapa banyak energi yang digunain? Nah sebanyak itu pula energi yg dikeluarin ibu2 melahirkan pervaginam (normal), coba kalo laki2 di suruh melahirkan, pasti ga mau mereka."

Wuih… hebatnya…. Ama ce aja udah 4 kali melahirkan normal, ce termasuk yang paling menyakitkan kata beliau, heu.. makanya bandel gini, ups… ga kok.. ^__^

ada seorang pemuda yang bertanya pd Rasulullah SAW apakah yang dikerjakannya selama ini yaitu selalu membopong ibunya di pundaknya kemana2, karna ibunya tdk sanggup berjalan sendiri dan lalu ia pun telaten merawat ibunya itu dapat membalas jasa ibunya?, maka Rasulullah pun menjawab ;

"apa yang kamu kerjakan bahkan belum sanggup membalas satu hentakan kakinya ketika menahan sakit melahirkanmu"

Subhanallah… ck..ck..ck.. SATU hentakan saja tak terbalas..(kalo gitu, buat yg melahirkan, menghentak aja banyak2, *PLETAK!! Dasar pikiran ga bener..!), apalagi membalas yg lain2nya?


 

Back to tutorial, perjalanan tutorial di blok terakhir di tahun kedua ini asyik2 aja sih, lancar, ga banyak kendala yg berarti, tapi jadinya kurang tantangan(halah.. coba kalo dapet tutor yang perfeksionis dikit, pasti mencak2 juga :P)


 

Untuk Skill Lab :

Kita disuruh menganamnesis kehamilan dan juga pemeriksaan kehamilan luar dengan cara Leopold. Trus kalo utk hormone kita disuruh meriksa gondok dan ngasih edukasi buat pasien penyakit kencing manis (diabetes mellitus).

Pengennya sih beneran bisa ngelakuin pemeriksaan Leopold itu pada ibu hamil yang asli, tapi kita bolehnya sama manekin. Haha ya iyalah, ntar kalo kita perabaannya terlalu bersemangat ntar rahim si ibu terangsang untuk berkontraksi, apa yang terjadi coba? Jadi.. ce mikir2 juga buat ngelakuinnya sama tetangga yang lagi hamil tua, takut keluar segera di depan kita, ngeri euy…


 

Untuk Kuliah Pakar :

Bbeee…. Ini mah ga diraguin lagi serunya (kecuali beberapa aja, jujur, saia ga seru dengan farmakologi de-em, :P), ilmunya buanyak banged…., dan itu terjadi sama kita2 (eh, jgn yg patologis juga ya, kyk infertilitas, gondok n DM), maksudnya yang proses kita dalam rahim ibu dulu, trus kita pun lahir dengan selamat kedunia ini dengan proses yang begitu menakjubkan (perjuangan si janin dan si ibu begitu hebat!!!).

Lepas dari peristiwa yang membahagiakan itu(suatu kelahiran makhluk baru penghuni dunia), banyak juga hal2 yang ditakuti dari itu yaitu; kematian ibu dan anak, perdarahan sesudah melahirkan yang begitu kejam membalas pengorbanan ibu, pun dengan eklampsia (si ibu meracuni dirinya sendiri untuk mengkompensasi kebutuhan janinnya), apalagi dengan infeksi dalam kehamilan maupun sesudah melahirkan yang seharusnya enyah dari perjuangan suci seorang ibu. Kami juga belajar tentang tumor jinak dan ganas (lagi) yang terjadi pada wanita dan pria lebih mendalam. Trus juga tentang infertilitas atau kemandulan, hmm… masalah yang sensitive juga hal beginian. Begitu banyak pasangan yang mendambakan lengkapnya kehidupan rumahtangga mereka dengan bayi yang lucu yang menangis (ngutip kata pak Mario Teguh) tapi belum diberi kesempatan untuk itu atau bahkan tidak mendapatkannya sama sekali hingga kapan pun (dikarenakan penyebab yang ga bisa dikoreksi). Tapi buat yang begini ga boleh putus asa juga, nabi Ibrahim dan Sarah yang tua pun masih diberi kesempatan oleh Allah buat dpt anak, tentunya dengan usaha yang maksimal dan do'a juga toh…

Buat kuliah hormone, ce lumayan excited juga sih, kan kejadian yang dibahas kan sering bgt, kyk gondok n DM, nenek ce pun stoke gara2 gula darahnya sangat tinggi. Maka kita harus hidup dg pola sehat! Jangan banyak makan dan ngemil, banyakin olahraga, banyakin aktivitas (peringatan keras untuk seseorang bernama Micelia Amalia Sari, huhu udah ada factor resiko terkena DM ce).


 

Untuk ujian MCQ :

Hari pertama > materinya ttg hormone, 100 soal untuk 100 menit > Alhamdulillah lancar, banyak soal yang udah dibahas yang berhubungan dg soal yg keluar.

Hari kedua > materinya ttg reproduksi, 150 soal untuk 150 menit > susah abiz……. Beneran…. Ga bo'ong…., pusing… bercampuraduklah semua materi 4 minggu yang diajarin, sudah banget untuk recall memory dengan tekanan seperti ini, ga ada yang tersenyum bahagia seperti ujian hari pertama lagi, semua horror! (halah lebay), apalagi suasana ujian di tempat ce, lebih horror lagi dengan embel2 "peringatan pemerintah : hindarilah remedial, karena sudah dijamin soal-nya lebih susah dari ini"

Manstabhh… standing applause deh!

250 soal…!!, padahal kan seharusnya 200 soal aja, pun persenan nilainya juga beda..

Haihai.. apa yang terjadi ni??


 


 

Stop..stop..stop… semua sudah selesai….

Tahun kedua di kedokteran ce udah selesai.. ^____^

Hu… leganya… :)^_^

Tahun ketiga harus lebih-lebih-lebih dan lebih baik lagi dari tahun satu dan dua.

Tetep semangat!!! Yolsimhi haeju seyo!! \(^0^)/


 

Ps: buat yang pernah gagal di blok2 di tahun 1&2 ini, don't give up guys! Dunia belum berakhir dg gagalnya dirimu diblok2 tsb, so, wake up! Kita boleh sekali2 jatuh, tapi jangan berlama2 terjerembab disana, segera bangkit dan bikin PERUBAHAN! Yes, we are agent of change!

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget