24 Mei 2010

Cerita sepanjang jalan

Saturday nite, May 22, 2010, 8:37pm

Tadi pas mo balik ke sini ce naik kereta api tut..tut..

Ada beberapa babak cerita, hal yang ga biasa, menurut ce..


 

Cerita si Nenek penjual pinyaram

Kawan, taukah apa itu pinyaram?

Mungkin yang beneran orang minang tau deh, kan sering ada pas acara baralek, wajib ada di juadah(makanan tradisional yang dihantarkan oleh keluarga mempelai wanita ). Well, kita ga bicara soal makanan, tapi Nenek yang jualan itu.

Beliau katanya dari Sungai Limau n mau ke Duku, kan besok ada balai (hari yang paling rame di pasar, biasanya mingguan) di pasar Lubuk Buaya maka beliau akan jualan di situ.

Seperti biasa kalo pedagang kan selalu berupaya gimana jualannya bisa di beli orang, Nenek itu juga gitu, beliau basa basi dulu nanya2 mau turun dimana, trus baru bilang kalo beliau jualan itu, n nawarin sama sepasang nenek-kakek yang duduk di samping ce, mereka ternyata belum terlalu merespon.

trus ya udah ditawarin sama ce, ce mikir2 dulu, karna emang ga terlalu suka pinyaram, coz banyak minyaknya - ntar si jerawat rame2 bertamu di wajah besok pagi - , trus nanya ada alternatif lainnya kayak makanan tradisional laen ga, ce mau yang kayak mie gitu, garing di gigit (ga tau namanya). Ok, ternyata ada, awalnya beliau bilang harganya Rp 3.000,-, tapi ternyata akhirnya berubah jadi Rp 4.000,- pas ce mau bayar, huhu, tapi ce ga mau protes, kesian nenek itu, katanya dari tadi baru laku 5 biji, ce bukan tipe orang yang mudah membeli tanpa menawar duluan, terkadang ce bisa sadis menawar setengah harga (kalo beli di toko di pasar padang, jangan mau beli tanpa nawar gila2an, rugi), tapi entah kenapa buat nenek tu ce manut aja dengan harga itu, walo harganya ujug2 naik sendiri pas mo bayar, biarlah… moga berkah.

So, karna ce beli, nenek-kakek di samping juga ikutan beli, tapi bukan seperti yang ce beli, tapi yang pinyaram, wuih..mereka dapet murah banget, ditawarin nenek yg jual itu 3 buah Rp 5000, tapi kakek itu maunya 4 bisa Rp 5000, nah nenek jualan itu bilang beliau belinya dari yang bikin 4 itu Rp 5000 jadi ntar dia ga untung. Tapi anehnya, akhirnya beliau mau juga…. aneh…, dang a ada raut penyesalan kalo emang beliau ga dapet laba sepeser pun dari pinyaram itu… aneh…

Let it be, lupakan tentang kejujuran dan kebohongan pedagang,lagi ga mau bales itu..

Next, nenek yang jualan itu curhat kepada kami tentang kehidupannya yang sulit…

Yup, meski itu cerita klasik banget, yang beliau harus menghidupi anak cucunya, yang anaknya udah menjanda, yang menantunya ga bertanggungjawab, yang sulit banget jualan begituan di zaman kayak gitu (taulah, orang2 sudah berganti selera dari makanan tradisional itu ke makanan modern, makanan yang seringkali menjerumuskan n menjadi karsinogen). Ya.. klasik, tapi kebangetan juga kalo kita ga menghargai beliau yang sedang berbagi, hmm… walo pun ce sebenernya ga terlalu setuju dengan pengungkapan aib keluarga itu kepada orang yang ga kita kenal, yang bahkan belum tentu bisa mencarikan solusi.

Nenek, semoga nenek ikhlas dengan pengorbanan itu, moga Allah membalasnya dengan yang lebih baik.


 

Cerita sepasang remaja memadu asmara di sudut bangku kereta api

I dunno them, tapi mereka berisik sekali dan dengan posisi yang merisihkan penglihatan mata.

Ok, si cowok duduknya terlalu mepet ke deket si cewek dan selalu merunduk ke arah wajah si cewek, sepertinya mereka belum menikah (menurut interpretasi ce, tapi mudah2an salah, mudah2an mereka udah halal utk kayak gitu), tapi ah… kenapa mau2nya begitu.

N mereka duduk di hadapan ce, ouh… tak bebas memandang kemana2, kalo melihat pada mereka bikin kotor hati. Ok, ce mengalihkan perhatian dengan baca patofisiologi aja, tapi ya itu tadi…. Mereka berisik..

N yang pasti, bikin il-feel abizzz

Bisa dibilang si cowok banget2 mengumbar kemesraannya, dengan noraknya (IMO), ya kebayanglah gimana rayuan gombal pulau kelapa cowok ABG yang baru belajar berbahasa Indonesia raya, ngaco ngomongnya. Tapi, yang bikin ce terusik itu, mereka memasukkan diriku ini ke dalam topik pembicaraan mereka yang ga jelas.

Beberapa kali ce tangkap pandangan mereka mengarah pada ce. Oh, no.. please deh.., ditambah dengan kata2 menyindir tentang agama ( u know what I mean, kan saya berjilbab lebar dan aneh, jadi mungkin mereka terpancing dengan itu), bahkan si cowok berani bilang kalo dia tu lagi mempelajari semua agama, sembahyang minggu juga, katanya baguslah banyak2 belajar agama2 biar pahalanya banyak…

Hello….?? Apa tadi? ngikutin semua ajaran agama biar pahala banyak? Teori dari mana tu?

Malah nambah2in dosa aja kali..

Secuplik celotehan mereka ;

Cowok : "wah, ternyata dia di STIKES"

Si cewek ngelirik sama ce yang lagi baca tentang kelainan darah

(oh my God… haruskah saya konferensi pers tentang saya kuliah dimana?tapi kalo ce bilangin, jelas banget ce menyimak percakapan mereka, ah biarinlah)

Cowok : "ha, dia manis "

Si Cewek langsung mencubit paha si cowok, ngingetin, takut ketauan. Bukannya gimana2, di situ Cuma ada 2nenek, 1 kakek, ce, dan pasangan itu, jadi ketebak dunk siapa yang lagi digosipin.

Cowok : " kamu marah ya, tapi kamu juga cantik mah, mata kamu tu haa, besar, kamu macan, manis dan cantiklah?" (dengan logat minang yang jelass)

(haha dasar, bagak mah, berani2nya dia bilang gitu di depan ceweknya, selagi dating, maunya ce sih bisa memprovokasi si cewek buat marah, tapi saya kan tersangka, ga boleh ikut campur, sok ga denger aja)

Cowok : " ndeh, udah dekat kita haa…cepat kali nyampai di padang, saia ingin lama2 haa" (ndeh ndak lai ko???… baso minang selah pakai, dek a nyoh..)

Si Cewek senyam senyum aja, dia irit banget bicara, entah karna kepepet di sudut, atau karna lagi ja-im, atau lagi sakit gigi, ai dunno en ai dun ker..

Huah.. ce lega ngedengernya, kirain mereka turun duluan di stasiun tabing. Maka bisalah saya tidak terusik dengan mereka lagi. Tapi, apa dinyana? Ternyata mereka ga turun di stasiun tabing, tapi di simpang haru juga… hoalah… ngapain bilang udah deket tadi… pupus kebahagiaan saia..

Well, emang zaman sekarang mudah banget nemuin pemandangan2 yang membuat risih seperti itu, para pasangan muda yang ga nyadar tempat dan situasi buat bermesraan, mereka rasa dunia milik mereka berdua aja, yang lain ngontrak. Ga peduli mereka dengan tatapan tajam orang lain yang tak suka, ga ngerti mereka dengan kemuakan orang2 melihat kelebay-an mereka

Bahkan si cowok beberapa menit sebelum turun, bilang kayak gini

"aku mencintaimu"

(hoekk.. bolehkah ce muntah di kereta ni??)

Jelas dan lantang dia bilang gitu, nenek-kakek di samping ce mungkin bisa denger juga.

Si cewek Cuma ketawa dan bilang "apaan sih..", salting dia…

Untung aja ga ada musik india jadi back sound adegan itu, bisa2 mereka bisa nari2 di atas kereta, dan ce bakalan mimpi buruk.

Ya Allah, di tempat yang banyak orang aja mereka berani kayak gitu, apalagi klo emg beduaan?

Ya Allah, karuniakanlah hidayah kepada mereka..

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget