27 Maret 2010

catatan praktikum PA neoplasma minggu3

meski 'cuma' 4 preparat tapi cukup pjg jg pnjelasannya euy..

1. fibroadenoma mammae


- jinak
- mixed tumor (tau kan, dia tu campuran epitel -kelenjar mammae- dan mesenkim - stroma jaringan ikat- , yang 22nya terlalu aktif berproliferasi)
- kelenjar2nya jadi terdesak, coz jaringan ikat longgarnya tumbuh ekspansif, jadi hanya keliatan celah2 sempit itu
- kapsul jar. ikat nya +
klo dipalpasi dia bakalan bisa digeser2 (massa mobile), kenyal n padat, batasnya tegas

2. karsinoma nasofaring

- bnyk pd usia 40-60 th
- laki2 : wnt = 2:1
- etiologi ; gen, diet (kbnyakn makan ikan asin --> nitrosamin), EBV (epsteinbar virus)
- manfes klinisnya lambat diketahui, pasien biasanya dtg dg keluhan ggn pendengaran, ggn di hidung, ggn menelan
dia ada 3 subtipe :
1. gambarannya sprt squamous cell carcinoma berkeratin
2. gambarannya sprt squamous cell carcinoma tak berkeratin
3. gambarannya sprt carcinoma undifferentiated (yg diliatin yg ini nih, sel2 pleomorfik, inti vesikuler-terang-, latar blkg sel2 limfosit, nukleoli nyata, ada kapiler2)

3. metastasis karsinoma pd kel. getah bening (kgb)
yg ditunjukin tu metastasis dr ca mammae ke kgb regional
sebenernya sel tumornya tu mirip sel induknya(so, liat lagi ciri2 sel tumor ganas payudara, cocokin dg mikroskop), dia terlihat berkelompok2, latar belakangnya masih sel2 limfosit (keunguan)
metastase=anak sebar
metastasis= proses penyebarannya (hehe, klo ga salah nangkep sih gitu)

4. osteosarkoma

- bnyk kjadian pd org muda, <50th
- di bengkokan ekstermitas (kyk lutut, pergelangan kaki, siku) bakan panas, nyeri, ada bengkakan yang cepat bgt mbesar, kdg juga ngilu di femur, tibia (tulang2 panjanglah)
- harus di rontgen, ntar keliatan destruksi tulang, trus jg ada segitiga Codman (ibunya suruh kita nyari sendiri ttg segitiga ini)
-hipervaskularisasi
- ada sel datia tumor (giant cell dg inti yg bnyk, warna intinya item2, jd menggelap scr keseluruhan)
-ada osteoid(mirip sel tulang, masih inget gimana bentuk sel tulang?hoho buka de fiore lg, dia ini produk yg dihasilkan sel tumor, hihi si sel tumor produktif juga yah.. :P)
- sel2 pleomorfik (ya iyalah...ganas..)
ps : for addition;
Merupakan tumor ganas primer tulang yang paling sering dengan prognosis yang buruk. Kebanyakan penderita berumur antara 10-25 tahun. Jumlah kasus meningkat lagi setelah umur 50 tahun yang disebabkan oleh adanya degenerasi maligna, terutama penyakit Paget.
Paling sering ditemukan sekitar lutut, yaitu lebih dari 50 %. Tulang-tulang yang sering terkena adalah femur distal, tibia proksi mal, humerus proksimal, dan pelvis. Pada tulang panjang, tumor biasanya mengenai metafisis. Garis epifiser merupakan barrier dan tumor jarang menembusnya. Metastasis cepat terjadi secara hematogen, biasanya ke paru.
Gambaran radiologik : tampak tanda-tanda destruksi tulang yang berawal pada medula dan terlihat sebagai daerah yang radio lusen dengan batas yang tidak tegas. Pada stadium yang masih dini terlihat reaksi periosteal yang gambarannya dapat lamelar atau seperti garis-garis tegak lurus pada tulang (sunray appearance). Dengan membesarnya tumor, selain korteks juga tulang subperiosteal akan dirusak oleh tumor yang meluas ke luar tulang. Dari reaksi periosteal itu hanya sisanya yaitu pada tepi yang masih dapat dilihat, berbentuk segi tiga dan dikenal sebagai segi tiga Codman. Pada kebanyakan tumor ini terjadi penulangan (ossifikasi) dalam jaringan tumor sehingga gambaran radiologiknya variabel bergantung pada banyak sedikitnya penulangan yang terjadi. Pada stadium dini gambaran tumor ini sukar dibedakan dengan osteomielitis

1 komentar:

Anonim mengatakan...

What's up, just wanted to say, I loved this blog post. It was helpful. Keep on posting!
My webpage ; diets that work

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget