09 Januari 2010

Malereang tabiang

Friday, January 08, 2010, 11:41 pm

Malereang lah tabiang malereang mak oi

malereang tabiang nan bakeh lalu

Den sangko langik nan lah teleang mak oi

Kironyo awak nan manggajuju


 

Janiah aianyo sungai tanang

Minuman urang bukik tinggi

Tuan kanduang tadanga sanang

Baoklah tompang badan kami


 

Jarang..jarang tunggangan jauah mak oi

Buliah nak nampak buluah balari

Kadang-kadang di jalan kampuang mak oi

Baitu sayangnyo ka nagari


 

Huayoo…. Ada yang bisa nyanyiin lagu tu?

Ada yang tau nadanya?

Hohoho… c masih inget pas kelas 2 SMA harus ngafalin not-not lagu ini buat di'nyanyi'in lewat recorder, hmmm… masih inget ga ya?


 

Do…dodo..redoremidorere…miredo..dodo..redoremi do rere..mi re fa mi fa sol, mi re fa… fa mi….fa mi re fa mi…

Sol..sol..sol.. lalesol la sol..sol..famirefadore..(halah..mantra apa niii??kami susah payah ngafalinnya dulu loh)

Lagu ni paling sering c denger di mobil bus umum yang antarprovinsi (keseringan pergi jauh2 pake bus sih), lagu minang lama yang dinyanyiin Elly Kasim ini enak buat didengerin pas pengen relax, hmmm.. tapi klo lagi menikmati perjalanan juga asik sih, kan nyambung, hehehe…


 

Btw, ada yang ngga ngerti arti dari liriknya, mungkin c translate ke bahasa Indonesia ya…(tapi blom tentu bener, coz denger pake kuping sendiri, ngartiin pake vocab sendiri, hehe)

Melereng lah tebing , melereng Mak oi

Melereng tebing yang tempat dilewati

Saya menyangka langit yang sudah miring

ternyata kita yang 'mendaki' (mungkin sih, coz c ga tau juga arti sbnrnya manggajuju :P, dasar!)


 

Jernih airnya sungai tenang

Minuman orang Bukit Tinggi

Tuan kandung oi terdengar senang(maksudnya, muji2 tuannya dulu yang lagi sehat dan kelihatan gembira)

Bawalah tumpangkan badan kami


 

Jarang jarang tumpangan jauh

Biar bisa melihat bambu berlari

Kadang kadang di jalanan kampung

Begitu sayangnya dengan nagari

Fiuhhh…susah juga ngartiinnya, kacau juga, moga ga ngurangin maksud dan tujuan tu lagu :P


 

Kawan2 pastinya udah pernah melewati jalanan yang ada tebing yang lereng itu, biasanya jalanan yang menembus kaki gunung atau kaki bukit, kalo di sumatera barat banyak tuh, di Silaiang Bukittinggi,

Di kelok 9 jalan ke Pekanbaru (wuih…kelokannya tajam banget, ngeri kalo mobilnya ngebut di situ, entah berapa juga sudut elevasi kemiringannya),
Kelok 44 Maninjau,

Sitinjau Lauik jalan ke Solok, itu buat jalan2 yang biasanya untuk dilewati mobil-mobil antarprovinsi, selain itu masih banyak lagi. Hmm.. ada sensasi lain dari melewati jalan yang miring mendaki itu, kan kita bisa liat langit yang miring, kalo di titik tertinggi kita bisa melihat pemandangan dibawah. Dulu waktu masih kecil, c ga ngerti, kenapa sih orang bikin jalanan tu harus berkelok-kelok di daerah dataran tinggi tu, mending bikin yang lurus ke atas aja biar cepet nyampe ke tujannya, eh tapi trus baru kepikiran, kalo jalanannya langsung mendaki tinggi tanpa melereng kayak gitu kasian orang yang jalan kaki dunk, kan jadi cepet cape', susah payah melawan gravitasi, ga papa lah jalanannya jadi jauh asal bisa nyampe dengan tenaga yang masih bersisa, trus kalo yang naik mobil/motor berapa juga sudut elevasi yang bisa dicapainya, ada batasannya, trus kalo tiba2 mogok di jalan, trus jalanannya mendaki tinggi lurus, makin mudah aja tu mobil mundur ke belakang, bakalan terjadi tabrakan beruntun (kebayang kok..kebayang..)


 

Niwey, c yakin, yang nulis lagu tu emang dari pengalamannya melewati tebing yang melereng itu deh, terserah mo lereng yang mana.

Hmm.. kalo c nyiptain lagu… kalo lagi ngelewatin apaan ya bagusnya?? (halah gayya, mana bisa c bikin lagu.. :P)


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

7 komentar:

phiijustmuggle mengatakan...

icee

apakabar ??

waaahhh, asiiknya yang mudik kemariin ..
hehe

btw,
blok berapa sekarang ce ?

ttep semangaatt ya sobat !

ice mengatakan...

baek phii
phii gmn?

hehehe iya dunk

blok 9, baru minggu k2 nih, immunology (phii pastinya udah dunk...kurikulum kita beda, c masih pbl yang lama, 09 baru deh sama kayak UNSRI)
kata senior2 ujian immuno susah, bener tu? klo belajarnya asik bgt, seruuu n mnakjubkan sistem imun tu

smgt jg bwt phii.. ^____^
blok apa skrg?

.:sin_bad:. mengatakan...

indak parnah dangar lagu ko...

tapi pernah dgr yg ini,

"Kumbang Indak Sa Ikua Bungo Indak Satangkai Usah Di Kana-kana Juo Cari Lain Gantinyo"

haha~

ice mengatakan...

kawan..
bukannya "indak parnah dgr yg ini" tapi..... "indah pernah danga yang iko"
wah sayang... belum denger lagu2 lama minang

nah..dapet di google ni, lirik lagu lengkapnya :
"Parasaan ndak lamak, mambuek hati samak … mandanga kaba angin
Antah iyo, antah indak, tapi hati badatak .. badan den angek dingin
Ruponyo iyo juo, Adiak nan denai cinto … alah di suntiang urang
Apo salah, apo doso, Adiak tinggakan …

Mano janji nan kito ikek
Mano sumpah nan kito buek
Dek tadayo ameh bakilek … putuihlah kabek

Kumbang indah saikua, bungo indak satangkai … bia den cari ganti
Antah ko lai mujua, niaik hati tacapai … dapek nan di hati"

ngerti artinya?
itu lagu sedih, ya emang Boy Sandy lagunya seringan lagu patah hati gitu, lagu2 cinta yg 'maibo', ga seru

YouRha The X_PloReR mengatakan...

saya bisa menyanyikannya..dgarin yaa..
lagu jaman baheula dulu..si mama suka lagu ini.
ahaii..

David Putra mengatakan...

wuih keren bg bro ... ! sumatra barat (y)

muhammad excel mengatakan...

ketemu juga nh tgs sekolah
makasih not nyaaaa yah,,,,,,,,,,,,,, (dari semua link cmn ini yg ketemu notnya)

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget