08 Juni 2009

ada apa dibalik namamu?




Apalah arti sebuah nama…itu kata mbah Shakespeare…tp ternyata banyak yg tidak setuju…ho oh..c juga idem..
Nama itu adalah do’a, dan do’a adalah sebentuk kekuatan tersendiri tuk manusia berharap. Jadi, ga segampang itu menyimpulkan bahwa nama itu tak berarti.
Pemberian nama mungkin bisa dibilang susah2 gampang, sesuai selera juga sih, ada yg beneran berupa do’a dlm bahasa arab, bahasa Indonesia, bahasa inggris… n bahasa2 lainnya, atau itu merupakan refleksi dari cinta kedua orangtua yg mengabadikan nama mereka berdua pada nama anaknya tercinta, n terkadang juga ada nama yg diterilham dari peristiwa2 besar yg terjadi di saat bayi lahir(beneran loh, ada nama adik temen c yg singkatan dari ‘engkau lahir disaat gempa bumi’-ergi-, he3 emg saat itu sumbar lg heboh digoyang gempa).
Nah, c trus mikir dunk…arti nama c apa y?
Micelia Amalia Sari
Jarang sekali guru2 c mengabsen c dengan ejaan bahasa Indonesia yg bener… ada yg spelling dg “miselia”,”michelia(“h”nya berasa bgt)”,atau yg lebih parah “mikelia” hagzhagzhagz..untung c ga mencak2 bwt protes…
Lalu apa artinya “Micelia”? itu Apa c yang nyariin nama, beliau memilihnya ketika melihat bunga cempaka di kebun raya bogor, yang nama nomenklaturnya Michelia Sp. , so disimpulin aja y klo micelia tu berarti sebuah bunga(entahlah kenapa Apa c memilih tuk tidak pake “H”).
Well, Amalia tu Mak(om) Edi yg nyelipin di antara “Micelia” dan “Sari”, “Amalia” tu katanya sih dari bahasa Arab yg artinya “cita-cita”, c gak tau pasti artinya tu apa ngga, ga da referensi kamus sih…
N then “Sari”, untuk nama org Indonesia yg cewek nama ini udah kodian bgt, tp tentu ga hanya krn bnyk nama ini di pake trus jg ujug2 ditempelin di nama c…. ada dua alasan, pertama itu comotan dari nama nenek c(ibu dr Apa c) yaitu Gumila Sari, kedua,unsur “sari” emang identik dg hal yg ada di bunga(serbuk sari) yg akan berperan penting dlm penerusan generasi tumbuhan berbunga itu , so bisalah di klop2in ma nama depan c
So, menurut hemat Ama c, penterjemahan nama c tu, do’a klo c diharepin bwt mjd spt bunga yg berkembang tuk meneruskan cita2 keluarga, cita2 agama, cita2 bangsa, cita2 dunia….wah berat juga nih bebannya…
Trus c penasaran dunk, kenapa nama bunga yg dipilih adalah Michelia, bukan Jasmine, Rose, Dandofil, Orchid atau apalah nama bunga2an… c cari tau sendiri sih apa arti pemilihan bunga cempaka ini
Michelia adalah genus tanaman berbunga dari suku Magnoliaceae. Genus ini memiliki sekitar 50 spesies pohon selalu hijau, semak-semak, yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan dan Asia Tenggara serta Tiongkok selatan. Tanaman ini juga disebut Bunga Cempaka
Beberapa spesies merupakan penghasil kayu yang penting. Sedangkan beberapa spesies seperti Michelia champaca (di Nanggroe Aceh Darussalam dikenal sebagai bunga jeumpa) bahkan ada lagu “bungong jeumpa” juga dan Michelia doltsopa ditanam karena bunganya. M. champaca juga dikembang-biakkan untuk diambil minyak dari bunganya sebagai bahan parfum. Beberapa spesies juga ditanam sebagai tanaman pembatas jalan seperti M. figo, M. doltsopa dan M. champaca.
Wow, ternyata bunga cempaka ini istimewa juga, klo di jawa namanya kan “bunga kantil” n digunain bwt hiasan rambut pengantin wanita, Kantil dalam bahasa Jawa berarti menggantung seperti halnya bunga ini tp jg mempunyai makna ritual yaitu 'kemantilkantil' artinya selalu ingat dimanapun berada atau tetap mempunyai hubungan yang erat walaupun alamnya sudah berbeda(hmm… bisa ga y masa depan c kyk nama c?, setia sehidup semati,di sini maupun di keabadian sana, wakakaka… sok romantiz :P ).
Manfaat lainnya juga seabrek dari tanaman ini, misalnya aja Michelia champaca kulit akarnya, bisa digunakan bagi perbaikan menstruasi, bersifat abortivum dalam mempercepat keluarnya ari atau plasenta, utk infeksi saluran kemih. Batangnya bwt bahan furniture, serta bangunan, mebel dan ukirankulit kayunya: obat kuat, febrifugum, dan tonikum. Daunnya, bila direbus dan ditambah madu, bisa digunakan untuk obat cacing, reumatik, tenggorokan, obat kumur, dan angina. Bila napas berbau (halitosis),Bronkhitis,Infeksi saluran kemih,Kencing sedikit.Bunganya diekstrak untuk bahan parfum,penghias rambut, cempaka kuning ini bermanfaat untuk minyak wangi atau aromatikum, kosmetik, dan upacara keagamaan,obat kuat, perangsang, dan diuretic.Minyaknya bisa untuk salep dan minyak rambut.Bagian kuncup bunganya juga kerap dimanfaatkan untuk obat penyakit raja singa (gonore uretritis) bila direbus dengan kelapa muda.SIFAT KHAS Manis, pedas, dan menghangatkan. KHASIAT Ekspektoran dan diuretic Bunga: -Bronkhitis. -Batuk.Demam. Keputihan.Radang prostata.(lebih lengkapnya klik di sini
Whoa.. tu baru dr 1 spesies aja, Michelia figo, Michelia Alba n yg laen2 jg pny manfaat…(Bisa di rujuk k sini)
klo mo liat gambar2 cakep bunga Michelia sp

Err… c jd minder…. Kenapa sebuah tanaman itu aja bisa memberikan manfaat?apakah c jg bisa kayak nama yg disematkan pada c?apa c bisa memberikan banyak manfaat jg tuk org lain?semoga saja… c akan berusaha tuk itu…berusaha sebaik2nya dg menyandang nama ini..

ctt: ternyata kami bersaudara merupakan suatu kesatuan, abang c yg sulung "Woody" mungkin diharapkan jadi batang kayu penopang ato tulang punggung keluarga yg meneguhkan kebersamaan keluarga kecil c, trus kakak cewek c "Wirda" dari kata wardah yg berarti bunga mawar dunk.... n then c sbg unsur herediternya(sari) kali y?he3...anallisinya gitu, mungkin klo c masih pny sodara yg laen,harus dinamain dg unsur akar, daun n ranting jg kali y.... hohoho..ada2 aja

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget