18 Juni 2010

Terminologi untuk patologi kehamilan dan persalinan

Teman2, buat mudahnya emang googling aja sih, kalo baca Dorland n buku teks lebih bagus lagi.

Ni hasil googling ce


 

Hiperemesis gravidarum : Nausea (enek) dan emesis (muntah). Enek terjadi umumnya pada bulan-bulan pertama kehamilan, disertai kadang-kadang oleh emesis. Sering terjadi pada pagi hari, tetapi tidak selalu. Keadaan ini lazim disebut morning sickness. Dalam batas-batas tertentu keadaan ini masih fisiologik. Bila terlampau sering, dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dan disebut hiperemesis gravidarum.

MgSO4: Magnesium sulfat pertama kali dicoba untuk pengobatan kejang oleh Meltzer pada tahun 1899 dan bersamaan dengan Auer mencobanya untuk pengobatan kejang pada kera yang sakit tetanus. Khon dan Sraubee sependapat dengan mereka dan mulai mengunakan magnesium sulfat untuk pengobatan penderita tetanus.


Pengunaan magnesium sulfat parenteral untuk pengobatan eklampsia pertama kali dilakukan oleh Horn tahun 1906 dengan penyuntikan secara intrathekal. Rissmann tahun 1916 memberikan secara subkutan, Fisher tahun 1916 memberikan secara infus sebanyak 250 ml larutan 2% dan Von Miltner (1920) memberikan secara gabungan suntikan subkutan dan intramuskuler.


Eastman dan Steptoe melaporkan pada tahun 1945 mengenai pengunaan megnesium sulfat pada eklampsia dengan dosis 10 gram di ikuti tiap 6 jam dengan dosis 5 gram. Setelah mengunakannya untuk 1200 kasus preeklampsia dan eklampsia, Eastman menyatakan bahwa magnesium sulfat merupakan obat tunggal yang paling ampuh pada preeklampsia berat. Selain mencegah kejang obat ini tidak menghambat persalinan.


Sejak tahun 1951, Pritchard mempelajari penggunaan magnesium sulfat sebagai pengobatan tunggal pada preeklampsia. Selama 3 tahun terdapat 211 penderita preeklampsia dan eklampsia yang diobati dengan magnesium sulfat dan dilaporkan hanya 1 kamatian ibu, sedangkan kamatian perinatal sebesar 10%.


Zuspan pada tahun 1966 melaporkan 69 kasus eklampsia yang dirawat sejak tahun 1956 dengan pengobatan magnesium sulfat secara tetes kontinyu dengan dosis 1 gram/jam dilaporkan 2 kematian ibu (2,9%) yang terjadi 4 minggu pasca persalinan yang disebabkan kelainan sebagai akibat eklampsia.


Suplementasi magnesium berupa pemberian oral magnesium aspartate hidrochloride selama kehamilan untuk menurunkan insiden preeklampsia telah diteliti oleh Sibai dkk. Walaupun terjadi peningkatan kadar magnesium dalam plasma darah, hasil analisa menunjukan tidak ada perbedaan bermakna dalam hal insiden preeclampsia


Sampai saat ini magnesium sulfat merupakan obat yang terpakai banyak untuk pengobatan preeklampsia dan eklampsia di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri pengunaan magnesium sulfat pada penderita preeklampsia dan eklampsia sudah cukup lama dan pada saat KOGI VI tahun 1985 di Ujung Pandang oleh Satgas Gestosis POGI ditetapkan magnesium sulfat merupakan satu-satunya obat yang dipakai untuk pengobatan preeklampsia dan eklampsia.

Nifedipin: ada yang bilang ini obat antihipertensi, ada juga yang bilang ini bwt tokolitik, gini katanya :

Pedoman pemberian Nifedipin yang digunakan di Adelaide Women's and Children's Hospital untuk tocolitic adalah:

  1. Initial dose: 20 mg tablet sub-lingual(SL). Kemudian amati dalam 30 menit, jika masih ada kontraksi uterus dapat diulang 20 mg SL, maksimal 40 mg dalam 2 jam pertama. Setelah itu diulang 20 mg SL setiap 3 jam, maksimal 160 mg dalam 24 jam pertama.
  2. Untuk maintenance dose yaitu hari ke-2 dan 3 diberikan Nifedipin sedian OROS (slow release) 30 mg setiap 8 jam.
  3. Setelah itu tidak diberikan lagi tocolitic.

Kriteria gagal: jika kontraksi berlangsung terus dan pembukaan servik uteri 4 cm atau lebih.
Jangan lupa pula diperhatikan efek samping dari Nifedipin saat pemberian.

So, liat farmakologi aja deh


 

Seksio sesaria : seksio sesaria adalah melahirkan janin melalui insisi pada dinding abdomen (laparatomi) dan dinding uterus (histerotomi) (Cunningam, 1995 : 511).

Menurut berbagai kepustakaan, banyak orang percaya istilah ini diambil dari nama Julius Caesar (100 SM-44 SM), yaitu Kaisar Romawi Kuno yang sangat terkenal di era menjelang awal tahun sejarah kuno yang dipercaya, Julius Caesar dilahirkan secara operasi yaitu dengan cara memotong dinding perut sang Ibu. Dari sinilah diduga tindakan operatif melahirkan melalui perut selanjutnya dinamakan….

Meski demikian, belakangan asal usul istilah yang terkait dengan proses kelahiran Julius Caesar semakin diragukan. Pasalnya, jika memang proses kelahiran dilakukan secara memotong dinding perut sang ibu pada saat itu, hamper dapat dipastikan sang ibu dapat meninggal karena infeksi. Perlu diingat bahwa pada era tersebut belum dikenal cara menjahit luka, prosedur pembiusan, antiseptic, dan juga belum ada antibiotic.

Kenyataannya, dikisahkan bahwa sang ibu masih hidup bertahun-tahun kemudian. Berdasarkan pemikiran inilah, banyak ahli yang mulai berfikir bahwa jangan-jangan istilah ini sebenernya berasal dari hal lain, misalnya kata "Caedere" atau "Caesum" yang dalam bahasa latin berarti "memotong".


 

Tindakan seksio sesaria dilakukan bilamana diyakini bahwa penundaan persalinan yang lebih lama akan menimbulkan bahaya yang serius bagi ibu, janin atau keduanya. Sedangkan persalinan per vaginam tidak mungkin dilakukan dengan aman.
Beberapa alasan/indikadi untuk dilakukan seksio sesaria yaitu :
1) Indikasi ibu
a) Cepalo pelvic disproportion / disproporsi kepala panggul yaitu apabila bayi terlalu besar atau pintu atas panggul terlalu kecil sehingga tidak dapat melewati jalan lahir dengan aman, sehingga membawa dampak serius bagi ibu dan janin.
b) Plasenta previa yaitu plasenta melekat pada ujung bawah uterus sehingga menutupi serviks sebagian atau seluruhnya, sehingga ketika serviks membuka selama persalinan ibu dapat kehilangan banyak darah, hal ini sangat berbahaya bagi ibu maupun janin.
c) Tumor pelvis (obstruksi jalan lahir), dapat menghalangi jalan lahir akibatnya bayi tidak dapat dikeluarkan lewat vagina.
d) Kelainan tenaga atau kelainan his, misalnya pada ibu anemia sehingga kurang kekuatan/tenaga ibu untuk mengedan dapat menjadi rintangan pada persalinan, sehingga persalinan mengalami hambatan/kemacetan.
e) Ruptura uteri imminent (mengancam) yaitu adanya ancaman akan terjadi ruptur uteri bila persalinan dilakukan dengan persalinan spontan.
f) Kegagalan persalinan: persalinan tidak maju dan tidak ada pembukaan, disebabkan serviks yang kaku, seringterjadi pada ibu primi tua atau jarak persalian yang lama(lebih dari delapan tahun)
2) Indikasi janin
a. Janin besar yaitu bila berat badan bayi lebih dari 4000 gram, sehingga sulit melahirkannya
b. Kelainan gerak, presentasi atau posisi ideal persalinan pervaginam adalah dengan kepala ke bawah/ sefalik
c. Gawat janin, janin kelelahan dan tidak ada kemajuan dalam persalinan
d. Hidrocepalus dimana terjadi penimbunan cairan serebrospinalis dalam ventrikel otak sehingga kepala menjadi lebih besar serta terjadi peleberan sutura-sutura dan ubun-ubun, kepalka terlalu besar sehingga tidak dapat berakomodasi dengan jalan lahir.
3) Pertimbangan lain yaitu ibu dengan resiko tinggi persalinan, apabila telah mengalami seksio sesaria atau menjalani operasi kandungan sebelumnya "Ruptura uteri bisa terjadi pada rahim yang sudah pernah mengalami operasi seperti seksio sesaria klasik, miomektomi (Muhtar, 1998 :289)" misalnya ibu dengan riwayat mioma sehingga dilakukan miomektomi, sebaiknya persalinan berikutnya dengan seksio sesaria untuk menghindari terjadinya ruptura uteri saat kontraksi uterus pada peresalinan spontan.

Dismatur : Dismatur (IUGR) adalah bayi lahir dengan berat badan kurang dari berat badan seharusnya untuk masa kehamilan dikarenakan mengalami gangguan pertumbuhan dalam kandungan. Menurut Renfield (1975) IUGR dibedakan menjadi dua, yaitu :

a. Proportionate IUGR

Janin yang menderita distress yang lama dimana gangguan pertumbuhan terjadi berminggu-minggu sampai berbulan-bulan sebelum bayi lahir sehingga berat, panjang dada, lingkaran kepala dalam proporsi yang seimbang, akan tetapi keseluruhannya masih dibawah masa gestasi yang sebenarnya. Bayi ini tidak menunjukkan adanya Wasted oleh karena retardasi pada janin terjadi sebelum terbentuknya adipose tissue.

b. Disporpotionate
IUGR

Terjadi karena distress subakut gangguan terjadi beberapa minggu sampai beberapa hari sampai janin lahir. Pada keadaan ini panjang dan lingkar kepala normal akan tetapi berat tidak sesuai dengan masa gestasi. Bayi tampak Wasted dengan tanda-tanda sedikitnya jaringan lemak di bawah kulit, kulit kering keriput dan mudah diangkat bayi kelihatan kurus dan lebih panjang.

A/S 5-6 :apgar score 5-6 (normal, 7-10)

Wharton Jelly: lapisan yang terdapat antara lapisan amnion dan peritoneum yang merupakan selaput dari tali pusar, dia tu licin jadinya bayi ga tercekik walo pun terlilit


 

inkubator : inkubator berfungsi untuk menjaga suhu bayi yang terlahir prematur. Bayi prematur membutuhkan inkubator untuk menjaga suhu badan bayi dan membuat bayi nyaman. Berdasarkan referensi, suhu bayi yang terlahir secara prematur harus dipertahankan pada suhu 36-37°C dan kelembabannya adalah pada rentang 85% - 95% RH

9 komentar:

Anonim mengatakan...

covered in green lawn on the Li GHD Limited Edition.
bitter north face coats.
eUqo "Do not know ghd flat iron.
5gYay 5yUvn ghd stockists uk

Anonim mengatakan...

qXcx ghd straightener
gWlx ugg boots
jLfx michael kors sale
7lQwi ugg uk
9qPax chi hair products
9hOwo michael kors outlet
3cNkz wholesale nfl jerseys
2xGcr ghd nz sale
2cTyi cheap north face
9oKhs botas ugg
3qAir ghd iv
0fIwk michael kors wallet
8eWtj nfl jerseys
2gZqa planchas ghd baratas
2iGjd cheap ugg boots

Anonim mengatakan...

Magnificent bеat ! I ωoulԁ lіke tο apρгеntice while you amenԁ your web site,
how can i subscrіbe fοr а blog sitе?
The account helped mе а acсeptablе deal.

Ι haԁ beеn tinу bit acquainted οf thіs yοur broadcaѕt offered bright
clear idea

Take a loοk аt my websіte: click the next document

Anonim mengatakan...

Hi i am kavin, іts my first tіme to commentіng anyplace, when i read
this aгtіcle i thought i could also create comment
due to this brilliant piece of writing.

Мy blog simply click the following site

Anonim mengatakan...

ωhеre shοuld i buy this particular

Mу site - green smoke Flare Wow

Anonim mengatakan...

Gooԁ day! This iѕ my first viѕit
to your blog! We are a collеctіon оf volunteers and stаrting a new projeсt in a community
in the same niche. Your blog provіded us νaluable informatiоn to work on.

You have done а marvellous job!

Here is my website ... simply click the up coming post

Anonim mengatakan...

Thanκs for ones marvelous poѕting! I definitely enjoyeԁ
гeading it, you could be a great authοr.
I will rеmember to bookmark yοur blοg
anԁ may come back in the foreѕeеablе future.
I want to encourаge уou continuе your grеat work, hаve a nice evening!



Also ѵisіt mу wеb sіte Recommended Web Page

Anonim mengatakan...

Take some cumin seeds and grind them to get ready paste.
Surgical treatment consists of the pain of restoration, and normally carries pitfalls.


Look at my web page :: reviews Dermatend

Anonim mengatakan...

763024 [b]Tag:[url=http://www.cheapraybanaviators1853.org/]oakley sunglasses cheap[/url],[url=http://www.cheapraybanwayfarers1853.org/]ray ban sunglasses outlet[/url],[url=http://www.oakleydiscountoutlet.org/]discount oakley sunglasses[/url],[url=http://www.oakleydiscountsunglass2013.org/]oakley sunglasses cheap[/url];Links:[/b][url=http://www.alibaba.com/]discount oakley sunglasses[/url]
Rayban launched a new type of sunglasses, gets among the top manufacturer within sunglass business and also the very first option with regard to sunglass enthusiasts. Last year, turns into one of several primary company throughout sunglass sector plus the 1st alternative pertaining to sunglass buffs. During the past year, Rayban glasses, so this wearers could practical knowledge a very nice emotion, they're just for decreased sharpness. For this reason they're just perfect to generally be damaged during sunny days or weeks however is not perfect anytime you're cruising; red recommended eyeglasses are capable of always keep up from the glare replicate with many other glowing outside and also wearers are capable of look at appearance info, Rayban grasps e-commerce program. A whole lot of top notch research interested can be labeled as towards groundwork however,

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget