14 Juni 2010

Epilog Blok 11 (Hematolimfopoetik)

Saturday, June 12, 2010, 5:38 pm

Dimulai dengan apa ya?

Rasa2nya shock abis ujian hari ke2 kemaren masih berasa…,

Hah? Inikah ujian yang dibilang senior itu ga susah2 amat? Non sense!

Glek.. apa pun itu, semua dah terjadi, let it be T_T. Tapi mari kita review dikit gimana blok 'Hematolimfopoetik' ini berjalan 7 minggu kemaren.


 

First of all : Kuliah pakar

Kawan2… dah tau kan kalo di Hematolimfopoetik itu kita mempelajari tentang darah (hemato) n system limfatik (limfo). Nah, kuliah pakarnya di dominasi oleh dosen2 yang berkecimpung di ilmu penyakit dalam dan patologi klinik (yang interpretasi sampel darah n biopsy jaringan di labor). Entah kenapa kuliah tentang kanker lebih menarik daripada tentang darah ni (walo ce ga suka ngeliat gambar2nya), sering ngantuk (n selalu ce catet di bahan kuliah yang dah ce print tu setiap kali ce ngantuk, such as : "helep..helep.. saia ngantuk bana haa", ato "mangantuak, membosankan..", ya ampun… ndak lai ko? :P) kalo udah tak tertolong lagi ce bakal pergi ke toilet untuk membasahi mata, n then ketika masuk ruang kuliah lagi maka 15 menit kemudian saia ngantuk lagi, haha makanya ce ga berani ngambil posisi duduk di bagian depan, soalnya ce bakalan ngantuk dengan akselerasi, 5 menit langsung hipoksia otak n nguap deh, mending di belakang, agak berisik dikit tapi ga bikin ngantuk, kuliah tetep bisa didengerin. Kuliahnya ga banyak2 amat, tapi di minggu 5 dan 6, bahannya buanyak banget (pencetak rekor adalah limfadenopathy, 133 slide kalo ga salah, semua dilahap dalam kuliah 2 jam, mantep dah!).

Kita tu belajar :

Anemia ; hemolitik, aplastik, defisiensi Fe – Folat – B12, perdarahan dan anemia pada kehamilan

Hemostasis plus kelainannya, thrombosis

Leukemia n kelainan plasma darah

Limfadenopathy

Transfusi darah dan reaksi yang menyertainya

(tuh…hafal ce kan judul2nya, tapi materinya? Muahahaha… ada juga lah, walo ga semua nyantol di kepala, at least ce dah belajar semua itu dengan semampu ce)

Darah..darah.. setitik darah bisa menyelamatkan tapi bisa membahayakan juga, kok bisa gitu?ya gitu deng.. (haha bukan sebuah jawaban)


 

2nd : diskusi tutorial

Alhamdulillah, kami dapet tutor yang kontributif banget, jadi beliau bisa mandu2 kami ke arah diskusi yang bener, ga sekedar cuap2 aja, ntar juga bisa mancing2 yang kadang2 enggan ngomong(pdhl punya pemikiran yang bisa disampein kok) buat ngejawab permasalahan. Hmm.. tutor yang menurut kami seru lah..makasih bu Selvi

Diskusi nya asyik juga, biar singkat tapi padat.


 

3rd : skills lab

Just so so I think.. (ga se-unforgettable kayak blok kemaren :P)

Ada tes Rumple Leed , tes bendungan vena untuk menilai tahanan vaskuler n jumlah trombosit. N ce ga da harus menderita di Rumple Leed selama 10 menit itu, yay… saia males buka2an lengan selama itu.

Trus flebotomi, ngambil darah vena, lagi2 ce selamat untuk ga diambil darah ce, coz kami pake manekin. Karna udah pernah ngambil darah temen pas praktikum blok 9 kemaren (walo ga 100% berhasil, karna gemetar jadinya terlepas, tapi dah bisa nemuin vena kok) ga terlalu penasaran2 buat nyoba lagi, pengen sih nyoba sama temen tapi kan kita harus main impas, kita nyuntik itu artinya kita juga harus disuntik temen itu, tapi lagi2 ce males di depan orang banyak buka lengan(tu kan aurat juga, bodo deh, orang mikirnya gimana), tapi kalo terpaksa, ya mau gimana lagi (siapa suruh masuk kedokteran neng? Ga bisa se-ideal yang diingini), tapi senior ce di wisma mau kok ambil darahnya n kalo terjadi apa2 beliau kan tau apa yang harus dilakuin (hoho, takut juga sih), I'll try that at home, hehe

Ujiannya Alhamdulillah, berjalan lancar


 

4th : praktikum

Tiap minggu ada praktikum euy, ilmunya banyak juga didapet, kita kan klo mastiin seseorang tu mengalami kelainan darah apaan kita harus ngeliat morfologi sel2 darahnya,ngitung jumlahnya, harus kenal kelainan2nya. Ya walo yang lengkapnya bukan kita sbg dokter umum yang ngelakuin, at least pemeriksaan darah rutin ( ngitung kadar Hb, ngitung jumlah leukosit n hitung jenisnya, ngitung Laju Endap Darah-LED- juga) kita juga yang ngerjain di daerah yang belum ada di RS tsb bisa langsung di sana untuk pemeriksaan yang canggihnya. Trus bisa juga ngebedain bentuk2 kelainan sel2 di sumsum tulang yang terkait leukemia atau anemia lainnya. Walo banyak yang nganggap praktikum itu dengan enteng (kan ga ada ujiannya, kan di sana katanya bisa dijadiin tempat ketawa2 doank) ce nganggep ini berguna bgt kok, kalo kita ga ngerti, alangkah rugi kalo ntar kita jadi dokter ga ngerti dengan hasil lab apalagi cara ngerjainnya. makasih Pak/Bu Dosen, makasih Allah dah ngasih ce kesempatan buat belajar banyak ilmu kayak gini.


 

5th : diskusi pleno

Back to English, ya..ya..ya.. kami yang mbandel kemaren2 ni patuh aturan lagi, kalo kami tu harus presentasi Plenary dengan bahasa inggris, tapi ada juga yang separo2, di awal pake cas-cis-cus, di akhir udah membumi-Indonesia-raya-tanah-air-tercinta lagi, hehe. Bervariasi lah, ada yang presentasinya seru, pake video tentang leukemia segala, tapi banyak juga yang biasa2 aja, kayaknya pleno buat ajang melatih ngomong di depan umum aja deh, tapi emang perlu banget sih skill yang kayak gini, ketika ce ikut symposium bedah vaskuler beberapa bulan yang lalu, pembicara yang dari M. Djamil Padang cuma berdua, lainnya dari RSCM UI, nah harus dilatih dari awal untuk mencetak pembicara2 profesional di symposium2 nasional, kalo dapet mah internasional, dan ce juga harus berlatih keras dengan ngisi otak sebanyak2nya n bisa nyampeinnya dg enak, wew.. buktiin ce! Blok 12 harus berubah! Pleno harus dimanfaatkan seoptimal mungkin.


 

6th : ujian MCQ (Multiple choice question)

Hari pertama (ada 100 soal, materi yang diujiankan kuliah minggu 1-3), aseek banget, persiapan banyak, coz kan belajarnya punya beberapa hari dari jumat ampe selasa, ce coba dengan nyicil materi hari kedua juga sih tapi fokusnya hari 1 dulu. Soalnya banyak berulang dari tahun lalu, tapi banyak juga yang ce ceroboh+pemahaman belum mantep banget, at least dari bahas2 soal ecek2 sama temen2 ce udah terdeteksi salah 5 soal (ga berani bahas soal banyak2, takut ketauan banyak salah, trus ga mood ujian hari 2 deh, huhu dasar penakut). Alhamdulillah, bisa agak tenangan dikit, lumayan optimislah

Hari kedua. .. jeng..jeng…jeng…

Persiapan ngebut ngafalnya ga nanggung2, bukannya sistem kebut semalam lagi, tapi system kebut sepagian (soalnya ampe ½ 4 pagi deng, babahayo yeah..padiah ambo kini, bagak bana, bisuak2 tobaik lai). Pagi2 kortisol udah meningkat, trus untung ga sampe teler gara2 kurang tidur, apa pun itu harus dilakuin daripada nyesel di akhir, selagi bisa ya dilakuin, tapi emang harus ada evaluasi n perbaikan nih, kenapa ce bisa kebobolan untuk keteteran kayak gini, mana pernah setega gini ngafal nonstop ampe pagi, tapi harus tega2in, halah salah sendiri juga :P

Soal-soal di awal…whuz… jantung lansung mencelos …

" penanda yang bisa dilihat pada LMA ini (entahlah ini M1 ato M2) adalah :

  1. CD 5, CD 870-2, blableblo
  2. CD 43, hpy-l; etc…

Ya Allah, ce ga da mencermati yang beginian, huwa…. T_T Masa sih soal di awal aja udah bikin pesimis gini, ya udah, apa daya jawab aja dengan kirologi aja, kiro-kiro iko jaweknyo, mantap! Tu kan, males juga lah ce..

Soal limfadenopathy buanyak banget juga…., tapi setidaknya udah diwanti2 kalo soal slide yang cetak rekor itu bakalan banyak keluar, jadinya ada jugalah yang banyak di jawab, walo mikirnya lamaaaa banget, beda dengan hari 1 kemaren.

Soal tentang kemoterapi juga ce ga yakin2 banget, udah tumpang tindih hafalan2 abal2 yang dipaksain masuk ke kepala ni, paling ngebantu ya… pembahasan ketika diskusi tutorial aja, untuk ada ce baca buku tentang ini sebelumnya.

Keluar ruangan… ekspresi temen2 rata2 pada sama semua… shock dengan soal2 yang susah2 tu, Tania sampe tertegun dulu sejenak di bangkunya, capek ngejawab soalnya ya nia?? hoho, Icha sampe ketawa2 n bilang ujian udah selesai dengan nada yang diceria2in banget, haha iya cha..ujian yang menyeramkan udah selesai. Echi ga mau ngomongin hal yang di singgung2 tentang ujian. Rizki langsung bilang , "all is well, al iz wel… " sambil ngurut dada dg ekspresi yang khas orang ditimpa musibah, haha.

Yap..yap..yap.. all is well, I hope so

Ya Allah, moga kami semua lulus blok ini dengan nilai yang terbaik yang bisa kami usahain, amin.


 

Selesai…….Alhamdulillah

Blok 12, hormon dan reproduksi udah menanti di hari senin, orang2 udah pada libur (anak UI libur 3 bulanan, hiya..hiya.. ngiri), kami masih dengan semangat 45 (semoga) nguli lagi, but, mo gimana lagi, kan kuliah ada vakum bentar abis gempa kemaren, jadi kami telat dikit deh, gapapa…gapapa.

Oia, tanggal 26 Juni ntar ada Seminar Sehari tentang Reproduksi di Universitas Baiturrahmah, mahasiswa bayar Rp 100.000,- aja kok, ikutlah temen2, bermanfaat banget tu buat blok kita sekarang, ce kayaknya ga bisa ikut, tapi kalo ada rejeki ce usahain untuk ikut.


 

Ps: warning! Blok 12 ni lumayan susah loh, cukup banyak senior 07 yang gagal. Moga kita ngga..


 

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget