14 Juni 2010

Ayo hemat…!! Ayo produktif…!!eh..kebalik

Saturday, June 12, 2010, 4:49 pm

Berita kemaren bikin hal yang besar buat ke depannya, ni bukan soal berita di televisi tapi berita yg mengharuskan ce utk mikir keras, gimana cara menghadapi pailit itu.

Berpikir keras bagaimana caranya bisa mendapatkan uang jajan sendiri, mandiri, ga ketergantungan lagi, trus gimana caranya ngebayar SPP yang sebulanan lagi harus di bayar(klo yang ini dah tau caranya kok, beasiswa kemaren masih bisa dicairkan, hah? Kok bisa? Iya, soalnya ce simpen sbg kalung, hehe)

Nah, ada sebuah ide dari kakak ce, gimana kalo berbisnis?

Bisnis apa tu?

MLM kah? Eih… ndak mau saia, trauma masa lalu

Bisnis jadi agen jualan? Yay.. ce ga cukup pede untuk itu


 

Ce mo jualan penganan alias makanan camilan di kampus, rencananya mo jual pisang coklat, kata niwa tu mudah bikinnya n banyak yang suka.

Tapi apa ce berani buat jualan?

Beuh… berat juga, meski ce dah pernah liat temen2 ce enjoy2 aja jualan di sekolahan, kayak widy yang jualan kue putu ayu( yang selalu laris manis, ga da yang tersisa), wheny yang jualan coklat beku berbentuk karakter lucu2 kayak bunga, kodok, dll, trus ade juga yang pakarnya jualan camilan di sekolah, huah..kangen serundeng ade…, trus ada juga anak IA2(gaswat, ce lupa namanya) yang jualan nasi uduk paket kecil, hmm..hmmm kreatif2 yah..produktif lagi. Tapi itu kan sekolah…. Kalo kampus gimana?

Ada sih senior 07(haduh… kok lupa namanya sih, padahal..padahal… bru kmrn ni rasanya ce jadi panitia SU n kerjasama dg kakak tu, dasar! Si ice ni susah kali ngafal nama orang) yang jualan risoles, enak, tapi lumayan mahal klo buat dipesen banyak.

Trus pas jaman2nya DANUS DC 2009 kemaren lagi gencar2nya nyari dana, mereka jualan roti bakery gitu di diskusi pleno, nah.. klo ada dosen yang lewat, disembuyiin tu kardus berjalan. Tapi ini berisiko untuk ketauan. So, amannya di luaran ruang kuliah aja kayaknya.

Alternatifnya ce bikinnya sblm shubuh2 gitu, biar ga mepet mo kuliah, insyaAllah klo ada tekad pasti bisa bagi waktu deh. Kemaren2 tu aja malah ada ide gila lainnya yang bermain di otak ce, selagi ce asik2 masak di dapur di LA ce kepikiran kenapa ce ga nyediain catering-an buat anak2 wisma ya? Kan sekarang mereka lagi nge-trend catering, hmm… mulai ce berspekulasi, bahan2 buat masak mudah di dapat di daerah jati tu kok, klo mau murah tinggal naik sepeda ke pasar raya, masaknya pas sore ato pagi, sejam dua jam beres lah, soal menu mudah tu, menu2 standar ce bisa, asal jangan menu luar negri aja coz harus nyoba dulu n bahannya biasanya susah banget nyari. Tapi… mengingat..menimbang..dan memutuskan, kan klo catering harus dianterin ke masing2 wisma, rutin, klo telat orang2 pada kelaperan, lagipula ce di sore hari agenda kampus ga ketebak, bisa2 udah maghrib nyampe wisma, so.. catering batal deh. Nah, kalo pengangan kecil2an kan ga ribet2 amat, bikinnya juga kapan mau n kapan bisanya, yah.. walo untungnya kecil2an tapi bisalah, toh pengeluaran ce ga banyak banget, paling berat di ongkos aja (apalagi kalo harus ke unand atas, mau ga mau)

Besok, ce mo nyobain bikinnya di rumah niwa, doain moga berhasil ya, pengennya ce serius sih di sini, setidaknya ce bisa memulai sesuatu yang real yang bisa membantu kesulitan keuangan itu. Tadi ketika ce sampein ide ini sama Ama, Ama sedikit khawatir gimana dengan belajar ce, apa ga keganggu? Hmm… insyaAllah ce usahain ngga ngeganggu belajar, lagian ce kan belajarnya malam2, trus klo di perjalanan juga, ce lebih bisa focus buat baca buku teks wajib apa ngga handout kuliah pakar, daripada bengong n sumpek dengan musik angkot yang hingarbingar mending belajar, cuek aja kalo diliat aneh sama orang, biarin aja dibilang sok rajin, kan cara belajar orang beda2.

Last but not least, harus hemat…!! Wajib! Kudu!

Ga boleh tergoda dengan hal2 yang ga penting di kampus, di jalanan ato dimana pun itu. Ga beli susu instan lagi, ga beli minuman manis botolan yang mahal tu lagi, ga beli makanan ga penting di minimarket lagi (kalo mo ngemil, udah, weekend aja, di rumah aja puas2in). ga boleh sering2 ke mini market, tergoda selalu, mikir dg skala prioritas aja.kalo buku2, buat blok depan aman… buku obgyn dah punya, tentang hormon bisa liat di IPD ato patofisiologi aja, ntar bisa ditambah2in searching di internet (yang jelas, no WARNET! Ga boleh ke WARNET! Di hotspot gratisan aja, biarin deh jadi hantu labkom aja sekalian bareng tahul, hoho keseringan nongkrong kami di sana). Kalo pulsa? Huwa… ini yang susah…, baiklah cari alternative lain lah yang provider yang katanya murah itu, coba dulu itu, pengeluaran banyak di sini. Trus apa lagi ya? Pengeluaran2 wajib lainnya ga bisa di cut, ya mo gimana. Yang jelas usahain ga ngutang2, takut jadi kebiasaan. Ayo hemat ce!! Kalo kekumpul duit langsung setor ke bank, jangan banyak mampir di dompet, ntar ga nyadar udah abis aja :P. n harus lihai nih, liat2 peluang tuk dapetin duit, n menahan mata untuk hal yang bisa nguras kantong, hihi…, kayaknya ce alergian dulu deh sama yang namanya toko buku.

Resolusi! Ayo produktif! Ayo hemat! ^__^


 

Ps: banyak jalan menuju Korea Roma

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget