14 Juni 2010

Terminologi untuk fisiologi persalinan

Teman2, buat mudahnya emang googling aja sih, kalo baca Dorland n buku teks lebih bagus lagi.

Ni hasil googling ce, hohoho..skenarionya kayak cerpen berbahasa Dorland, cantiknya …. Ckckckckck… mana pernah terminology sebanyak ini?


 

Antiemetik : obat anti muntah

Ante Natal Care : perawatan dalam kehamilan (tadi udah kuliah kan..)

Khloasma gravidarum : Pigmentasi kulit – Pengaruh hormon kortikosteroid plasenta, sering dijumpai pada muka

Areola & Papilla mamae hiperpigmentasi : penyebabnya sama dg di atas, tempatnya yg di sekitar putting dan pada putting susu

Linea mediana hiperpigmentasi : Garis anatomis adalah suatu garis khayal yang terletak pada tubuh pada posisi tertentu, antara lain :
- linea mediana anterior : merupakan garis potong anatara bidang median dengan permukaan tubuh
- linea mediana posterior : garis potong antara bidang median dengan permukaan belakang tubuh,

So, menghitam di bagian itulah..(ga mudeng2 amat, hehe)

Prosesus xipoideus : bagian ujung dari sternum/tulang dada

Pemeriksaan LEOPOLD : Pemeriksaan (Manuver) Leopold merupakan teknik pemeriksaan pada perut ibu bayi untuk menentukan posisi dan letak janin dengan melakukan palpasi abdomen, namun menjadi sulit dilakukan bila bertemu dengan
ibu hamil yang obes (gemuk) atau dengan ibu hamil yang memiliki jumlah cairan amnion berlebih.

PAP:

His : His (Kontraksi) adalah serangkaian kontraksi rahim yang teratur, yang secara bertahap akan mendorong janin melalui serviks (rahim bagian bawah) dan vagina (jalan lahir), sehingga janin keluar dari rahim ibu.

Kontraksi menyebabkan serviks membuka secara bertahap (mengalami dilatasi), menipis dan tertarik sampai hampir menyatu dengan rahim.
Perubahan ini memungkinkan janin bisa melewati jalan lahir.

BJA :

HPHT : hitng hari pertama haid terakhir

Mempergunakan rumus Naegle.
Rumus naegele terutama untuk menentukan hari perkiraan lahir (HPL, EDC= Expected Date of Confinement). Rumus ini terutama berlaku untuk wanita dengan siklus 28 hari sehingga ovulasi terjadi pada hari ke 14. Rumus Naegle memperhitungkan umur kehamilan berlangsung selama 288 hari. Perhitungan kasarnya dapat dipakai dengan menentukan hari pertama haid dan ditambah 288 hari, sehingga perkiraan kelahiran dapat ditetapkan.
Rumus Naegle dapat dihitung hari haid pertama ditambah 7 (tujuh) dan bulannya dikurang 3 (tiga) dan Tahun ditambah 1 (satu).

a. Contohnya,
haid hari pertama tanggal 11 april 2000, maka penghitungan perkiraan kelahiran adalah 11 + 7 = 18; 4 -3= 1, dan Tahun 2000+1 = 2001, sehingga dugaan persalinan adalah 18 Januari 2001.

b. Seorang ibu hamil memiliki HPHT 15-9-2005 dan diperiksa pada 27-11-2005. Maka umur kehamilan dan hari perkiraan lahir (HPL) adalah:
15-09-2005 = 2 minggu 1hari
31-10-2005 = 4 minggu 3 hari
27-11-2005 = 3 minggu 6 hari
Jumlah 9 minggu 10 hari
Berarti usia kehamilan : 10 minggu 3 hari
Jadi umur kehamilan saat diperiksa adalah 10 minggu 3 hari atau 10 minggu genap.

Cara menghitungnya:
1 minggu terdiri atas 7 hari.
a. Tanggal 15-09-2005, berarti hari ke-15. Ini sama dengan 2 x 7 hari = 14 hari + 1 hari (2 minggu lebih 1 hari)
b. Bulan Oktober (bulan 10) terdiri atas 31 hari. Ini berarti 4 x 7 hari = 28 hari + 3 hari atau sama dengan 4 minggu lebih 3 hari

c. tanggal 27-11-2005 berarti hari ke-27 sama dengan 3 x 7 hari = 21 hari + 6 hari (3 minggu lebih 6 hari). Sementara HPL dihitung dengan rumus Naegel = Hari + 7, Bulan ¬ 3 = 15 + 7, 9 ¬ 3 jadi HPL = 22-06-2005

Bila mempunyai kalender obstetrik maka usia kehamilan dan HPL dapat dilihat di tabel kalender tersebut.

Histrektomi : Histerektomi adalah operasi pengangkatan kandungan (rahim, uterus) seorang wanita. Dengan demikian, setelah menjalani histerektomi seorang wanita tidak mungkin lagi untuk hamil dan mempunyai anak.

Histerektomi biasanya dilakukan karena berbagai alasan. Penyebab yang paling sering dilakukan histerektomi adalah adanya kanker mulut rahim atau kanker rahim.


 

Pemeriksaan VT : Pemeriksaan VT mencakup pemeriksaan derajat pembentukan caput succadenum. Namun adanya caput tidak terlampau bermakna dalam menentukan ada tidaknya CPD(disproporsi sefalopelvik). Terbentuknya caput biasanya disebabkan oleh karena pasien meneran saat dilatasi servik belum lengkap. .

Promomtorium : Vertebra pertama pada tulang sacrum paling besar, mengahadap ke depan. Pinggir atas vertebra ini dikenal sebagai promontorium, merupakan suatu tanda penting dalam penilaian ukuran-ukuran panggul. (rujuk ke sobotta ya)

Linea inominata : Pada os ilium terdapat lajur ialah linea innominata (linea terminalis) yang menjadi batas antara panggul besar dan panggul kecil. (liat sobotta, di tulang panggul, ka nada os ilium tu, nah di bag tengahnya tu….)

DSP :

Spina ischidiaka:

Arkus pubis :

DIT :

Partograf : Partograf merupakan gambaran persalinan yang meliputi semua pencatatan
yang berhubungan dengan penatalaksanaannya. Hasil rekaman ini lebih
efisien daripada catatan panjang dan memberikan gambaran piktogram
terhadap hal-hal yang penting dari persalinan serta tindakan yang
segera harus dilakukan terhadap perkembangan persalinan yang abnormal.
Nilai suatu partograf meliputi :
- Pencatatan yang jelas
- Urutan waktu yang jelas
- Diagnosis suatu kemajuan persalinan yang abnormal
- Memudahkan saat penggantian staf atau gilliran dinas
- Untuk pendidikan
- Untuk penelitian.
Bagian-bagian partograf :
1. Identitas
2. Denyut jantung janin
3. Servikograf
4. Waktu
5. Air ketuban
6. Kontraksi per 10 menit
7. Oksitosin
8. Obat-obatan dan cairan intravena
9. Nadi dan tekanan darah ibu
10. Urin
11. Temperatur ibu
12. Kala III.

Oksitosin :

Oxytocin Challenge Test ( O.C.T) adalah pemberian oksitosin intravena secara hati-hati pada kehamilan yang diperkirakan dimana janin akan meninggal di dalam uterus. Biasanya dilakukan pada kehamilan : telah lewat waktu taksiran partus (postdate), pre-eklampsia, hipertensi, diabetes mellitus, pertumbuhan janin intra uterin yang lambat, adanya riwayat lahir mati, gravida berusia lanjut, adanya penyakit ginjal menahun, anemia dll

Kala 3: waltu antara kelahiran bayi dan pelepasan plasenta

Pada kala tiga persalinan, otot uterus berkontraksi mengikuti berkurangnya ukuran rongga uterus secara tiba2 setelah lahirnya bayi

Penyusutan Þ berkurangnya ukuran tempat implantasi plasenta

Tanda2 lepasnya plasenta mencakup beberapa atau semua hal2 dibawah ini:

* Perubahan bentuk dan tinggi fundus

* Tali pusat memanjang

* Semburan darah tiba2


 

FUT ½ SOP-pusat : ni ngukur tinggi fundus ke simpisis pubis dan pusat (ngaco nih, cari lagi ya)

Methyl ergometrin:

Episiotomy : Episiotomy adalah insisi dari perineum untuk memudahkan persalinan dan mencegah ruptura perinea totalis (sobekan pada perineum dengan pinggiran luka tidak teratur)


 


 

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Can I sіmply sаy ωhat a relіеf to find a рerѕon
that genuinelу understands what theу are talking abοut оn thе inteгnet.
Yоu definitelу know hοω to bring an issue tо light
аnd mаke it imрortant. A lot mοre people ѕhould check this out аnd unԁerstand this side of the ѕtory.
I wаs ѕuгprisеd thаt уou aren't more popular since you certainly possess the gift.

My homepage ... Read the Full Report

Anonim mengatakan...

I love the actual odοurlеѕs tеchnologу utilizеd in Bull Lіght up e
cigs. Thеy're completely different from normal cigs. They are easy to use, lightweight, and also, come in different tastes. Isn't this unіque!



Look іnto my page - Green Smoke Reviews

Anonim mengatakan...

Wаy cool! Some very vаliԁ pointѕ!
I apрrеcіаtе уou ωritіng
this рost and the rest of thе site іs really goоԁ.


Αlѕo vіsit my homepage http://www.sfgate.com/business/prweb/article/V2-Cigs-Review-Authentic-Smoking-Experience-or-4075176.php

Anonim mengatakan...

My brοtheг suggeѕted Ι might like this websіte.

Ηe wаs totаlly гight. Thiѕ ρost trulу maԁe my daу.
You сann't imagine just how much time I had spent for this info! Thanks!

my site :: http://www.selfseo.info/article.php?id=8920

Anonim mengatakan...

Excellent blog herе! Alѕο your wеbѕite lοads up very fast!

What hοst аrе you using?
Сan I get уour аffіliate
link to yоuг host? I wish mу web site loаded up aѕ quicκlу aѕ
yοurѕ lol

Hеre іѕ my homepаgе: v2 cigs reviews

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget