25 April 2010

Epilog blok 10

Saturday, April 24, 2010, 12:10 pm

*Kucek-kucek mata* (bukan karna baru bangun yah… :P), merasa takjub…wahhhhh 10 blok dah terlewati…

Blok 10, neoplasia dan geriatri…

Selain emang lagi belajar tentang kanker, blok ini pun ce merasakan kanker itu sendiri, tapi entahlah ni termasuk kanker stadium dini atau lanjut yah? Dia termasuk kanker golongan apa aja ce ga tau, hoho, trus kanker yang ce alami ni kanker yang banyak juga dialami orang, 'KANtong-KERing', how poor I am.. T.T


 

Ok, dominannya sih di blok ini kami belajar tentang neoplasia, kan porsinya 2:1 dengan geriatric tapi pas di soal MCQ …. Huahhh si kanker mengganas, ada 173 soal kanker dari 200 soal, GANAS kan??

Belajar kanker itu asyik, ce lebih menikmati kuliah di blok ini daripada blok lalu, tentang imunologi, kan kejadian kanker itu juga banyak, buktinya dia dah jadi primadona di jajaran atas penyebab kematian, baik itu di dunia maupun di Indonesia ini. Bahasannya memang luas, tapi mudah dipahami, emang sih kalo yang proses karsinogenesis yang sampe ke molekulernya itu bikin bingung juga, tp klo belajar keseluruhannya itu menarik. Tapi, kanker ini masalah yang rumit sebenernya, susah untuk memutus mata rantai penyakit ini, dari faktor pengetahuan masyarakat yang kurang tentang kanker, trus juga gaya hidup yang kita selalu disuguhi karsinogen (hal-hal pemicu kanker, baik itu dari makanan, polusi asap rokok, sinar UV yang memapar kita habis2an, etc), dan juga proses penyembuhannya yang memang sulit apalagi kalo udah nyampe stadium lanjut.


 

Nah, kalo belajar geriatric alias tentang pasien yang lanjut usia bisa dibilang gampang-gampang susahlah, banyak bahan yang diulang dalam kuliah, tapi materi itu bukan Cuma tuk pahamin buat ujian aja loh, kan prakteknya susah, merawat lansia itu butuh kesabaran dan kewaspadaan ekstra, karna memang mereka sensitive, baik perasaannya maupun fisiknya yang gampang drop.


 

Untuk tutorial, kami bisa dibilang nyantai, bahkan ni yang paling nyantai ce rasa, tutorial hari ke2 bisa dilibas dalam 30 menit, NNAH… kebayang kan?sedikit bgt yg kami bahas, dan lagian tutornya pengennya cepet2, ya mo gimana, dalam hati merasa bersalah, kok kami ngasal gini, jadinya tak terlalu berasa manfaatnya tutorial di blok ini, biasanya kan kita dapet banyak ilmu karna temen2 semua pada aktif ngomong dan ngumpulin bahan yang beda dari kuliah, ce harap ni ga terulang lagi deh di blok2 berikutnya, rugi.

Praktikum PA bermanfaat bgt, coz kan ada ujian di ujung -meski kami pikir(entah bener ato ngga) ini hanya formalitas, setidaknya sedikit banyaknya kami dah ngangsur belajar di minggu IV, dan lagian ce jadi inget, coz ce kan tipe yang cepet nangkap visual, jadi apa yang ce liat dan gambar ce inget. Oia, ada beberapa catatan praktikum patologi anatomi ce kok yang ce posting di sini.

Skill lab, wuiihhhh ni banyak cerita seru, memiriskan juga ada sih, hehe

Ada 3 minggu kami ga jadi mulu utk skill lab, karna apa coba?

Karna instrukturnya fiktif.

Hah? Kok bisa?

Ya, kami juga bingung, tapi emang udah di confirm berkali2 ke bagian akademik, ternyata di RS juga ga ada nama bapak tu, temen2 kelompok lain pun ga da yang pernah merasa bertemu dengan bapak itu. Ya syudahlah…. Ganti instruktur dey..

Awalnya kami seneng banget, coz rumornya instruktur pengganti kami ini orangnya baeeeeekkkk bgts, ngasih nilai terserah kita aja.. ternyata?????? Hmm…baca terus ya..

Nah, pertemuan pertama di minggu ke 4, bapak tu nerangin tentang SADARI (dah tau SADARI? klo belum, ntar insyaAllah ce posting tentang ini), keren dah, pengetahuan bapak tu tokcer, ya iyalah.. secara dokter bedah, meski bukan Sp.BOnc, tapi kami dapet banyak ilmu lah, trus kami disuruh belajar lebih banyak lagi buat ujian minggu depannya.

Jeng…jeng..jeng, ujiannya nih, tapi sayang banget kami bikin kesalahan, kami bikin appointment sama bapak tu mendadak sih, jadinya bapaknya agak kesel, soalnya jadwal beliau yang padat jadi terganggu. Yah… maafkan kami pak…

Trus bapak tu ternyat bisa dateng juga, nah pas beliau dateng ce cepet2 bikin nama bapak itu di kertas penilaian ujian skill lab ce(emang udah kebiasaan kita yang bikin, plus tandatangan kita). Pas di kumpul semua kertas penilaian tu, nama ce paling atas.

Bpk instruktur : "hmmm… siapa ni, micelia?"

Ce : "saya pak"

Bpk : " udah bisa kamu ini (sambil nunjuk manekin, maksudnya udah bisa ato ngga nya mpraktekin) ?"

Ce : "insyaAllah pak"

Bpk : " insyaAllah apa ini?"

Ce : "insyaAllah bisa pak"

Bpk :" oh, gitu… kenapa insyaAllah? Bilang aja bisa "

Ce : "he…, kan kata orang insya Allah itu 99% iya pak, dan 1 % lainnya kemungkinan lain "

Bpk : "(mengangkat sebelah alisnya, keheranan), oh , baik, saya uji kamu yang 1% itu"

Ce : "(dengan gregetan, baru nyadar kalo bakalan ujian duluan)..i..iya pak"

Bpk : " nah, kapan dilakukan SADARI itu?"

Ada temen nyeletuk, "hari ke 7 menstruasi pak"

Bpk :"temen kamu yg ujian, biar dia yang jawab(sambil nunjuk ke ice)"

Ce : " iya pak, hari ke 7-10 menstruasi"

Bpk : "yakin?betul tu?, kan orang2 kayak gini sering ga normal"

Ce:" ya kalo gitu, hari terakhir dia haid pak, estrogennya dah nurun, biasanya siklus haidnya lebih dari 35 hari pak (tak terlalu yakin dg jawaban sendiri, tapi daripada ga jawab :P)"

Bpk : " betul tu? (bpk ni hobi kali nanya kayak gini, bikin tambah ga pede dg jawaban sendiri) bisa kamu gambarin grafik hormonal pada siklus haid itu? Dah belajar kamu?"

Ce: "(berpikir keras, mengingat grafik yang Cuma dipelajari sepintas ketika SMA kelas 2 dan ketika system organ 2, repro wanita, beuuhhh ga inget betul), hemm.. digambarin di papan tulis pak? Belajarnya belum lagi pak, di blok 12, hormon dan reproduksi (sambil berharap dimaklumi)"

Bpk : "oh, ya udahlah…, hmmm kamu lumayan. Siapa tadi Mice? Tikus?"

Ce : "bukan pak, micelia tu artinya bunga pak (sambil nyengir, mo gimana lagi, gmn bs kesel coba?)"

Bpk : " oh, ya udah, next… *****, blablabla?"

Temen ce ni agak tersendat menjawabnya, dan dia ga terlalu yakin ketika di serang dengan pertanyaan "betul tu?" bapaknya, hmm untuk sementara dapet 'rapor merah deh'

Bpk : "nah, dah dapet ni rapor merah, ga belajar kamu?"

He… kami kan nyangkanya bakalan mpraktekin SADARI itu pak…, ga nyangka kayak gini

Bpk : " oia, kok Cuma micelia yang buat nama saya dikertas ini? Ni sebuah bentuk penghargaan lagi, dia nulisnya lengkap, walo kecil tapi ini berarti"

Temen lain pada pandang2an, euh..nyesel ga bikin nama bapak tu, kata temen2.

Ok, seterusnya situasi tetep tegang, trus karna bapaknya jg lagi bad mood kayaknya.

Bpk: "nah, gimana nilai kalian ni? Oia, tadi micelia bilang apa? 99% insyaAllah itu iya ya?"

Ce: "he…iya pak (ya ampun…saia cemas, takutnya dibilang kepedean, padahal asal bunyi aja)"

ps: pernah dulu seorang teman yang kalo dia belum pasti mo menuhin janjinya, alias ogah2an , dia ngegunain insyaAllah sebagai jaminannya, yang dalam mindsetnya itu berarti masih ragu2, masih bisa dimaklumi klo ga bisa, kan Allah belum ngizinin. Nah, temen ce lain ada yang nyindir, insyaAllah itu 99% bisa kejadian loh, pikir2 dulu, klo ga bisa bilang ngga. So… hal itulah yang muncul dipikiran ce waktu itu.

Bpk : " ya udah, kamu saya kasih 99, gimana? Nah, yang lain? 80? 70 ? 60 ? 50?, loh? Kok belum ada yang nyetop saya, ntar nilai kalian makin turun ni"

Temen2 udah pada cemas, masa nilai skill lab Cuma segitu, artinya ga lulus dunk, tapi ga da yang berani ngomong, sampai akhirnya ..

****: "81 aja deh pak"

Bpk: " kok bisa ?"

****: "biar kami bisa lulus pak, standar lulusnya 81 (sambil takut2)"

Bpk : " oh gitu, ya udah kamu tulis sendiri ya yang lain 81, nih micelia saya tulisin , kamu 99"

Semua terkesima…. Apa????

Bpk : "sebenernya nilai itu bukan segala2nya ya, apalagi kayak kamu gini, skill kayak gini(pake manekin, bukan pasien asli) belum mencerminkan kamu bakalan bisa dikedepannya nanti ato ngga, dulu saya kuliah nilai saya pernah 2.5 , 2.7,tapi di koskap nilai saya A, B, A, B saja, dan Alhamdulillah saya bisa juga nyelesaian subspesialis, jadi jangan jadikan patokan nilai kamu sekarang ni, nanti buktikan skill kamu tu. Ya udah, saya pergi dulu ya"

"Iya pak…. "Temen2 ngejawab dg lemes…,ya ampun…dapet 81…(bukannya ga bersyukur, ni baru ujian pertama skill lab, masih ada 2 kali ujian lagi, ntar nilainya dijumlahin, n untuk IP kita nilai skill lab ini menyumbang peran 20%, jadi ngefek juga kalo nilai ni rendah ke IP kita)

Lama banget temen2 baru bisa nerima kenyataan dan tega untuk menggoreskan nilai 81 di lembar penilaian skill lab mereka. Ya, ce ngerti banget, mereka ga puas ujian skill lab dengan diuji satu pertanyaan tu aja, harusnya kan bener2 dipraktekin kalo emang ga bisa ya udah itu emang kemampuan dia, tapi ini? Nilai jadi sama rata n standar banget. Ce juga jadi ga enak, kan ce ga dapet 81 kayak mereka gara2 ngomong kayak gitu doank, tapi mo gimana? Bapaknya udah pergi, dan ga bakalan ada yang berani protes. Kawan.. terimalah…

Ujian berikutnya kami ketar-ketir ga karuan, ni bakalan dapet nilai segitu lagi ga ya? Apa lebih parah?

Tapi mood bapak tu lagi baik, beliau Cuma nguji 5 orang, 4 orang lainnya (termasuk ce :P) dilewatin gitu aja. N then, beliau bilang …

"ya udah kamu isi nilai kamu sendiri ya"

"iya pak… " sambil tersenyum lega, ga ada 81 lagi…


 

Ujian?? Ni ujian paling meragukan yang pernah ce ikutin, bingung milih multiple choice nya, apalagi kalo ditanya penatalaksanaan kanker, mana yang duluan? Ni efeknya gimana buat ini klo di duluin? Mana soal buat kanker banyak bgt lagi. Tapi ya mo gimana, harus dijawab jg, dan semoga Allah menggerakkan pikiran kita ke jawaban yang benar, amin…

Ps: soal ujiannya, ada beberapa persen yang sama dengan soal tahun lalu, tapi tetep aja sih bikin bingung. Buat anak pendok 2009, ga ada lagi ni blok geriatric, neoplasia entahlah ya…mungkin terintegrasi di masing2 blok klinis


 


 

-micelia amalia sari, pendok FKUA 08-

Tetep smangad…. !!!!!11 blok lagi kok ^_~

3 komentar:

ry shafa mengatakan...

Assalamu`alaykum ce....
berkunjung nich ... dr senior kak ary fkua 04 :) link balik yach ;)

mandumna mengatakan...

good job kakak...
oia, share link yah...

mahfudhdinsyah :::Pendok unimal:::

micelia amalia sari mengatakan...

@ kak ary :
wa'alaikumslmww kakak..
hoo.. kakak temen angkatannya kak dati ya?
internship dimana skrg k?
makasih udah berkunjung kakak..
syukran jazakillah khairan :)

@mahfud :
thx
newbie utk ngeblog ya?
perbanyak lg karya sendiri ya..

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget