11 Juli 2010

The silent killer

Saturday, July 10, 2010, 12:17 pm

The silent killer

You-Know-Who?(hehe, ini bukan Kau-Tahu-Siapa nya Harry Potter loh :P)

Yup, tahukah kamu siapa pembunuh berdarah dingin kental yang bisa membunuh secara diam-diam itu?

Dia itu….. diabetes mellitus


Ya, de-em.. ato lebih familiarnya dikalangan luas penyakit kencing manis atau penyakit gula.

Kenapa dia membunuh diem2? Takut ketauan polisi ya?ato malu keliatan dianya yang ga cakep, hoho bukan gitu…

Dia banyak diderita orang segala strata kalangan skrg, orang kaya, orang yang hidupnya pas2an, orang miskin juga ada yang dapet DM ini.

Tanda2nya gimana?

Kadang banyak orang yang ga nyadar loh (makanya dia silent killer) dia tu menderita DM

Emang, tanda2 klasik dari penyakit ini:

  • Banyak minum (pada orang usia tua, tanda ini bisa aja ga terjadi, udah ga sensitive sih)
  • Banyak pipis
  • Dan banyak makan, lapar terus (pada orang usia tua ini juga, lagian fungsi pencernaannya kan udah menurun)

Trus selain itu juga ada :

  • Sering kesemutan di kaki
  • Kalo luka lama sembuhnya
  • Mudah ngantuk or nguap
  • Lemes aja, kekurangan energy
  • Berat badannya bisa turun drastis loh, walo makan banyak, bisa dibilang percuma sih, soalnya ada hambatan untuk diproses kan

Kita harus waspada, selain karna penyakit ini turunan, yang berperan besar juga dari konsumsi makan kita (jangan sampe obesitas! Jangan keseringan mengkonsumsi junk food! Sering2 mengkonsumsi serat!) dan gaya hidup (jarang olahraga, merokok, minum alcohol). Walo orang bilang penyakit ini ketauannya pas udah umur 30-40an keatas aja, itu ga terlalu tepat! Coz udah banyak kasus pada remaja dan anak2 udah ada juga yang dapet penyakit ini loh…

Dan ancamannya kalo lama diderita bisa menimbulkan kecacatan di mata (retinopati),di ginjal (nefropati), ulkus/tukak di kaki yang kalo ga cepet ditangani bisa berujung amputasi.

Itu kalo lama2…., masih bisa kita berbuat banyak hal kok sebelum keterbatasan karna penyakit ini timbul.

Tapi kalo dia timbul mendadak gimana? Kan penyakit DM ini kondisi gula darahnya ga stabil banget.

Kalo Tiba2 aja gula darah menurun drastis, orang itu bisa gemeteran, keringat dingin,menceracau, lemes,nadinya cepet, tensinya turun abis tu bisa koma, harus cepet2 dikasih gula atau permen ketika ia masih sadar, tapi kalo udah koma, ntar dokternya yang nyuntikin gula ke dalam darahnya (bolus glukosa atau pun infuse dekstrose). Kalo ga cepet ketauan n ditangani…. ya…. meninggal…

Trus kalo sebaliknya, tiba2 gula darahnya meninggi, dia langsung mual dan muntah, lemes, hilang kesadaran, tensi/tekanan darahnya meninggi, abis tu koma… ya kita orang biasa ga bisa berbuat apa2 kalo udah koma serahin sama dokter spesialis penyakit dalam aja atau ke lebih lanjutnya ke subspesialis endokrinologi buat diatasi kondisinya tersebut. Kalo gawat daruratnya kita resusitasi dan juga kasih cairan tambahan coz darahnya lagi banyak banget mengandung gula darah. Koma yang ini lebih sulit ditolong

Well, buat temen2 yang punya orang tua dengan tanda2 seperti di atas, coba aja cek gula darahnya, soalnya emang lebih baik memperbaiki keadaan diabetes ini jauh di awal, kalo udah ada kebutaan ato tukak di kaki, kan kasian.. ya… walo penyakit ini ga bisa disembuhkan total(setidaknya belum, coz masih penelitian demi penilitian terus berlanjut untuk penyakit ini, moga aja suatu saat penyakit ini bisa disembuhkan), atau kitanya yang berpotensi dapet penyakit ini, seperti ; kita punya orang tua yang positif DM dan kita pun punya berat badan yang berlebih dan jarang olahraga, harus lebih waspada lagi, periksan diri lebih dini itu lebih bagus…

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget