14 Oktober 2010

Implementation as syariah and islamic medical practice

Ketika 8-10 oktober lalu, FSKI FK UNAND menyelenggarakan perhelatan besar, mengangkatkan acara nasional, ANTIBIOTIC VI (annual training for better Islamic health knowledge and application). Nah, ce hanya ikut 2 hari terakhir aja, coz hari pertama Cuma buat delegasi (ada 27 FK se-Indonesia yang berkumpul lho J ).

So, ce ada nyetet beberapa hal yang perlu dan mgkn bs di share di sini.

Materi pertama itu judulnya kayak yg diatas itu, n disampaikan oleh dr. Ishak Mas'ud (seorang gastroenterologist yang mjd ketua Rumah Sakit Islam se-Dunia, beliau dari Malaysia).

Beliau banyak cerita tentang rumah islam yang beliau dirikan bersama rekan sejawatnya di Malaysia sana, 'Al Islam Specialist Hospital ' , wow menyandang nama yang berat, Al Islam, tapi itu juga menjadi motivasi utk benar2 memberikan pelayanan terbaik, takutnya kalo ngasal kan nama islam yang tercoreng.

Di RSI itu benar2 ramah terhadap pasiennya dan difasilitasi untuk mempermudah pasien melakukan ibadah. Contohnya saja disetiap ruangan diberikan water spray dan handuk kecil untuk berwudhu (banyak banget kan pasien yang kesulitan dalam mobilitas, menjadikan sulit bolak-balik ke kamar mandi alasan utk tidak menunaikan shalat), debu untuk bertayamum, perangkat sholat bagi yang baru masuk, kumandang azan untuk disebar lewat speaker RSI, sholat dhuha pun ada diingatkan, bahkan ada checklist untuk perawatnya untuk tiap2 waktu sholat si pasien udah sholat ato belum, kalo belum mereka yang akan membantu.

Bukan hanya itu aja tim medisnya jg harus diseleksi, benar2 yang berkomitmen untuk memberikan yg terbaik demi ridho Allah, bukan karena materi semata, bahkan mereka juga di pagi hari menghafal al qur'an bersama, ada ta'lim nya, ada usrah/halaqoh/liqo nya. Subhanallah , Keren dah!

Ah iya, bapak itu jg bilang kalo ada beberapa pelayanan yang harus kita berikan, apapun profesi kita, yaitu;

The purpose of Law / maqassid as syariah :

  • To preserve religion > memelihara agama
  • To preserve life > memelihara hidup
  • To preserve wisdom > memelihara akal
  • To preserve inheritance > memelihara keturunan
  • To preserve of wealth > memelihara harta

Kalo yang kita lakukan ga berdasarkan Lillahi ta'ala maka kita akan membalik urutan yang diatas, akan memprioritaskan yang dibawah,tapi alangkah ruginya jika hal itu yang kita lakukan.

Meskipun buanyaaaakkk banget tantangannya untuk mendirikan sebuah rumah sakit islam yang ideal, tapi itu ga mustahil jika kita bersama2 rekan sejawat yang sekomitmen, yang berani membuat perubahan yang lebih baik.

Huhu.. pengen banget bisa kyk gitu..

Baiklah, belajar rajin2 ce, jaga ruhiyah, cepet2 tamat, cepet2 ngumpulin modal, ntar join dg rekan2 seperjuangan, dan make ur dream come TRUE!

Hamasah! Sumangaik !

Allahu Akbar!

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget