03 Juli 2009

Ayah juara satu seluruh dunia


2 juli 2009

Entah knp c pengeeeen bgt crt ttg Apa c, dr dulu udah pengen sih, tp blm kesampean jg, ada bnyk hal yg c ceritakan, hmmm bagusnya c tulis aja skrg, walo ga da yg baca, biar aja, ntar ada saatnya tulisan ni bguna bwt c…

Apa c, beliau lahir 14 april 60 tahun yg lalu(1949), orang Padusunan, Pariaman,dibesarkan disana, SD,SMP dan SMA(wah..c satu almamater sm Apa c, SMAN 1 Pariaman euy..), anak bungsu dr 6 bersaudara yg hanya tersisa dg kakak sulungnya(andeh Suna, yg laen udah berpulang duluan), kecil hidup dg ke sawah, skrg udah tua masih juga megang cangkul pergi ke ladang tiap pagi(kalo ga ke kampus),oia skrg masih berstatus dosen Teknik Pertanian Unand(ga jadi pensiun tahun ini, masih lanjut 5 thn lagi), itu kerja sampingan beliau, kerja utamanya ke ladang(hohoho aneh) di ketaping, nanem banyak jg, ada semangka,melon, sm buah naga(aduh…dah berapa lama c ga ke situ bantuin Apa lagi y…),hobi Apa c,berladang, baca Koran n makan tempe..

Banyak hal yg c suka dari Apa c, beliau pria yg tangguh,gigih, talk less do more (makanya c suka sama org yg pendiem-such us si kembar miftahul..he3-,bukan berarti temenan sm org yg bnyk omong c ga suka, tp enak juga ngomong sm org pendiem klo kita tau apa yg dia pengen omongin,lebih seru malah),mudah bgt ngabulin permintaan anaknya,pinter(bener, c ga boong deh, kalo aja beliau ga ngelewatin beasiswa ke jerman&itali dulu,pasti dah bertitel bnyk skrg tu..), all out di setiap kerjaannya, baik bgt sm tmn2nya(bahkan kebaikan itu pun sering diperalat org lain). Trus kata orang, apa c susah bwt diajak ngomong, hmmm masalah itu sih kecil bwt c, c yg paling bisa mancing2 Apa bwt ngomong, coz dah ngerti apa2 aja hal2 yg Apa suka bwt dibicarain, kami ngobrolin politik lg anget2nya, ttg isi Koran, ttg George bush or obama, ttg semangka, ttg kuliah c, oia satu rahasia c, c mau loh nemenin Apa begadang bwt nonton bola (wakakaka…tnyata ice-ku jg suka bola….,he3 walo pun ga ngerti bgt2, tp ttp seru aja nonton bola bareng Apa, seringnya c yg ngomentarin ini itu, ato yg histeris duluan pas bolanya ga jadi gol, hohoho..ga penting ice-ku! Tp itu penting bg c, coz jarang ada momen2 kayak gitu,kan c jarang di rumah,aneh y,pdhl Apa c kan punya anak cowok juga,he3 tp Abang lbh suka buku drpd nonton bola).

Apa c orangnya agak keras jg sih,biasalah namanya juga laki2, tp jarang bgt marah sm c, atau malah bisa diitung dg jari Apa pernah marah sm c (c kan anak Apa yg ramah,baik hati, suka menabung..ops..stop..stop..jgn mulai deh),toh kalo nada suara Apa meninggi dikit c dah mendung duluan,dah mengkeret duluan.. ga mau deket2 dulu..(tp seringnya c yg bikin salah..ya iyalah…tapi ga c pernah berani minta maaf saat itu juga, permohonan maafnya dideposit ampe lebaran taun depan,hix..hix..banyak bgt dosa c..)

Banyak memori indah ttg beliau..

Apa c yg mau aja repot2 petantang-petenteng(emangnya barang?) c ke padang walo c keukeuh bolos masuk sekolah(TK),waktu tu kami masih punya mobil..

Apa c yg sll ngegendong c kalo c ketiduran di bawah(kan kamar di lantai 2) ato klo c ketiduran di kamar Ama,Apa rela tidur di luar(he3 ni jamannya masih SD,SMP dulu)

Apa c yg ngajarin c matematika pas SD-SMP dulu,kan c ga punya kakak2 yg bisa ditanyain…,Apa betah banget ngajarin c sampe ngerti..

Apa c yg ga pernah muji pas ngeliat rapor c dari SD-SMA, tapi dari senyumnya c dah ngerti betapa bangganya beliau(walo pun kdang nilai c menurun, Apa ga pernah marah-ya iyalah..ga pernah ngomen-)

Apa yg ga pernah ngasih selamat pas c menang lomba, ato pun pas c ulang tahun, hahaha..lagi2 c hanya bisa baca isi hatinya lewat senyum itu…

Apa yg walo pun ga terlalu paham dg agama, tp ga pernah protes dg keputusan c pake jilbab..mungkin beliau percaya c dah dewasa tuk nentuin hal yg tbaik bwt c..

Apa c yg walo pun terkesan dingin, tnyata eh tenyata selalu kangen sama c, coz tiap hari jum'at selalu ditanyain sama Ama kyk gini "Cece alah pulang?",he3 ntar kalo c dah pulang, Apa selalu nyari c di dapur ato di kamar, trus sambil senyum manis yg lebar Apa bilang " Lah pulang ce…" whuah…c udah hafal banget kata2 keramat itu,hix.hix…hix…pengen pulang detik ini juga……huwaaaa T.T

Apa c yg ternyata bisa bikin c tertawa terpingkal2 juga,huff.. c rindu momen2 itu, saat kami cerita2 lepas, saat Apa bercerita ttg masa mudanya yg konyol, saat Apa cerita ttg perjuangannya sekolah sambil ke sawah, saat Apa cerita ttg kuliahnya yg walo sambil kerja bisa jg dpt nilai bagus,dg intrik2 yg konyol jg tentunya, trus saat Apa cerita ttg pacarannya sama Ama dulu yg harus ditemenin ponakannya(almarhumah ni Yet) coz grogi kalo sendirian katanya..hagzhagzhagz..

Apa c yg memilihkan jalan c di FK sekarang(sempat adu argument dulu pas pemilihan jurusan, pilihan c bwt Teknik Informatika UIN jkt&Biologi UI,ditolak sm Apa, selain c emang ga minat bgt lagi bwt jd dokter, c juga pesimis waktu itu, kan saingannya 4000an, toh kemampuan c pas2an),entahlah knp Apa ngotot c di FkUA, mungkin spy c bs jd Sp.Dermatology kali y, biar bisa ngobatin sakit di kaki Apa, ato mgkn jg krn ga pengen c jauh2 kuliah di Jakarta, di sini aja.

Apa c yg paling antusias pas nemenin c daftar ulang di Unand tahun lalu, pagi2 dah rapi duluan, trus dg teliti ngingetin apa2 aja yg ketinggalan,apa2 ja yg hrs di bawa

Apa c yg rela pergi ke kampus cuma bwt ngurusin surat2 bwt beasiswa c, rela ninggalin ladangnya(wuah…bagi c itu hal yg ga biasa)

Apa c yg all out bgt ngurusin pesta pernikahan niwa c kemaren, sampe c kasian jg ngeliat Apa terkapar kecape-an

… I love you daddy…you are my hero…you are my superstar…

Ketika c pertama kali ngeliat cadaver pas TO di FKUA(c kls 3 SMA), c lgsg inget sm Apa c, coz cadavernya kan bapak2 kurus…item.. c jd terbayang kalo suatu ketika akan menatap Apa c yg terbujur kaku begitu…ngga..ngga..ngga.. c ga mau membayangkannya..bener2 ga mau!!

Tapi saat itu bakalan mungkin terjadi, kalo Apa c lbh dulu mendahului c tuk menghadapNya, mau ga mau c harus siap n nerima( c bersyukur saat itu belum terjadi) c masih punya banyak dosa pd beliau, trus c jg merasa blm mjd anak shalihah yg bisa mengirimkan do'a tuk beliau kelak…trus c ga bakalan sanggup membayangkan Apa c akan di sidang di kubur nanti ttg amalan2 beliau.. Allahummaghfiliwaliwalidayawarhamhumakamarabbayanisaghira…..ya Rabb ampuni dosa beliau…..Apa dan Ama…


 


 

Ketika mereka bilang ayahku tak berpunya, biar saja

Ketika mereka bilang ayahku acap menuai masalah, tak perlu itu digubris


 

Bagi ku

Tak perlu engkau berikan dunia kepadaku

Tak perlu engkau ucap seribu cinta untukku


 

Karna bagi ku

Mengukir seulas senyum di wajah tuamu itu

Serasa terwujudnya segala mimpi duniaku

seusai takzim ku cium tanganmu

tengadahku, terbaca bening cinta di mata itu


 

karna bagiku, engkau ayah juara satu seluruh dunia…

uhibbukafillah


 

ps: 1. djoedoel-nya nyontek Andrea Hirata bgt yach…

2. hanya Apa yg manggil c dg panggilan 'Cece' di rumah(eits..jgn ikut2an y!)


 


 

1 komentar:

micelia amalia sari mengatakan...

wew, besok Apa ulangtahun...
belum ada kado nih....
gawat.gawat.gawat.

ps: sebenernya ce udah nulis puisu untuk kado Apa, tapi ga berani ngasih atau bacainnya, errrrr..

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget