26 Desember 2011

sirkumsisi

sirkumsisi atau khitan atau sunatan
alhamdulillah sudah ketiga kalinya berkesempatan untuk mencoba operasi minor ini; nyunat.
pada awalnya jadi co-op (co -operator) bareng kak nisa emilia, waktu itu baksos BSMI yg pake electric cauter (istilahnya pake pisau listrik, hehe ngasal).
takut2 sih sebenernya, takut salah, takut melakukan kecerobohan (padahal cuma ngambil-ngambil alat aja) sampe ganggu operatornya kerja, tapi alhamdulillah lancar ^^
nyunat kedua jadi runner dan operator tapi udah nyoba menjahit kulit penis dan mukosanya walau sambil grogi (hadeh.. kasian ya yang di sirkumsisi masal kayak gini ^^')

setahun kemudian (atau hari minggu kmrn) baru deh jadi operator. sirkumsisi manual.
saya lagi-lagi grogi, tapi modal nekat jadi juga ... (berdo'alah banyak2 dek, semoga tidak terjadi apa-apa ;3 )
anaknya umur 8 tahun, paginya udah masuk ruang sirkumsisi tapi keluar lagi karna ga berani kalau ngga ditemani keluarganya. sore , masuk lagi, dan ternyata sebenernya dia kooperatif.


saya didampingi supervisor (senior 05 juga sih, hehe) yang instruksiin ini itu (maklum si OP juga banyak lupa step-stepnya) 2 co-op dan 1 runner.
here we go
- mulai cuci tangan dg alkohol dkk, pasang hand schoen, dan eng..ing..eng..

- anamnesis pasien, tanyain pipisnya biasanya gimana (bediri atau duduk, lancar/ga), ada pernah jatuh dan berdarah2 lama ngga, ada punya sakit lain ato ngga, dll

- baca do'a dulu :)

- kasih betadin dulu disekitar pubis (kemaluan si anak)

- mulai bius si anak dengan loratadin 1 ampul di bagian pangkal penis, rasakan saja ada cekungan disana. bilang aja sakitnya pas gini aja, abis tu ngga lagi. hebatnya si anak ga histeris kayak yang lainnya (lagian juga dia direkam sama abangnya yang pada akhirnya ikutan masuk)

- suntik juga di bagian bawah penis, dikiri dan kanan pembuluh darah yang ditengah itu. massage.
- coba saja klem ujung penis si anak, kalo ngga ada ekspresi apa2 (teriak, mengaduh, dll) berarti biusnya udah jalan

- bersihkan gland penis si anak, disini preputium yang lengket itu di lepaskan dengan klem bengkok, perlahan tapi pasti aja, nanti sampe keliatan lengkungan/ leher/frenulum dibawah gland tsb dan kita akan menemukan smegma (kotoran putih-putih) yang biasanya akan bikin infeksi kalau ngga dibersihin atau kalau orang yang ga sunat, itulah yang jadi sumber infeksi dikemudian hari. bersihin pake kasa dg betadin, jangan dg kapas.

- abis itu pasang klem lurus di arah jarum 10 dan jarum 2 (ada yang bilang juga jam 11 dan jam 2), klem bengkok di arah jarum 6. ga usah jauh2, yang penting bisa megang aja.

- mulai gunting secara melingkar (sirkum) di sisi kanan dan kiri klem lurus tadi, yang klem bengkok di bawah biarkan aja (itu arteri, harus diikat dulu). fufufu ini bagian yang seram, kalo ngga hati2, bisa lewat tu gland penis, atau terlalu bersemangat memotong hingga atas dan menyisakan kulit yang sedikit dan sulit untuk dijahit kembali. maka lakukan dg gentle, bagian gunting yang tebal menghadap ke dalam (mukosa) dan runcing diluar.

- setelah itu biasanya akan banyak darah, segera cari sumber perdarahan (biasanya diantara kulit dan mukosa yang preputiumnya kita gunting tadi), serap darah dg kasa, tekan agak lama lalu lepaskan, lihat ada perdarahan aktifnya atau tidak. jika ada, cubit dengan klem lurus jaringan kulit-mukosa disana (dengan asumsi yang di jepit adalah nadi/vena yang keluar darahnya), lalu ikat (ligasi) dengan benang, cukup ikat simpul mati biasa saja (tapi ikatnya dibantu nail holder, saya masih bingung simpul-simpulnya). ada 3 perdarahan waktu itu, bikin lama sih dan ternyata bius di anak sudah mulai hilang dan dia mulai histeris, maka dengan agak susah payah saya injeksikan (suntikkan) kembali lidokain tadi.

- kemudian kita mengikat arteri (arteri profunda kah??) dengan 'jahit 8', dari mukosa preputium berarteri tadi yang kanan (kanan anak) hingga menembus belakang, lalu jarum menuju bagian kiri yang menembus kulit saja, lalu menuju kulit sebelah kanan, benag lewat melingkar diatasnya, tusuk trus nyampe mukosa di seberangnya[ ini hanya berdasarkan apa yang diajarkan on the spot, teori aslinya entahlah, wkwkwk). kemudian bikin simpulnya,potong bagian ujung yang tidak terikat.

- step selanjutnya tentu memperbaiki bentuk yang koyak itu dengan di- hecting (jahit). karna belum mahir menjahit dengan simpul di dalam mukosa dan kulit (katanya kalo udah ko-ass di siklus bedah bakal diajarin yang beginian nih) jadi masih jahit kulit-mukosa dengan simpul benang diluar. caranya jinjit kulit penis tsb dan tusuk dg jarum berbenang, lalu kira2 1cm jinjit juga mukosa yang sejajar dan tusukkan juga, tarik benang, bikin simpul (simpul pertama jgn terlalu kuat, kedua dan sterusnya boleh kuat).

- setelah dijahit ; kiri, kanan, atas, bawah kiri-kanan maka observasi terus, ada perdarahan atau ngga.

- kasih salep antibiotik didaerah bekas luka dan tahan posisi menggantungnya penis si anak dg kasa yang digulung dan ditempelkan ke kulit perut dg plester.

- sudaaah...

total ce 2 jam ngerjain 1 pasien tu aja..
lama banget kan?
dan menghabiskan 6-7 ampul lidokain, sampe2 di anak jadi ngantuk banget gitu.

alhamdulillah lancar(takjub bgt ce rasanya), ga terlalu ada kendala berarti.
hmm..hmm... semoga sampe dirumah pun sianak ga kenapa2, ^^



12 komentar:

Ikrimmah mengatakan...

serem amat kak

micelia amalia sari mengatakan...

seruuuu ^_^

Anonim mengatakan...

I am rеally lοving the thеme/design of your ѕіte.
Dο уou еver run into anу web browser cοmpatibilitу issues?

A numbеr of mу blog rеaԁers have
complained about mу ѕite nоt operating coгrectlу
in Exploreг but lοokѕ grеat in
Opeгa. Dо you have any iԁeаs tο hеlp fіx
this problem?

Hеrе іѕ my homepage :: Full Survey
Also see my web site :: Elkgrovehoa.Com

Anonim mengatakan...

І dο nοt knoω whetheг it's just me or if perhaps everybody else encountering problems with your website. It seems like some of the text within your posts are running off the screen. Can somebody else please provide feedback and let me know if this is happening to them too? This may be a problem with my web browser because I've hаd
thіs haρpen previοusly. Aрpreciate it

Review my weblog: bnswiki.com

Anonim mengatakan...

Hello сollеagues, its fаntastic paгagraph
about cultuгeand completely explained, keep it up all the tіme.


Here is mу blοg post - www.prweb.com/releases/silkn/sensepilreview/prweb10193901.htm

Anonim mengatakan...

Hello! Τhis post сould not be wгitten any bеtter!
Rеading this ρost гemindѕ me of my olԁ
room mate! He аlways kept talking аbout this.
I will forwаrd thіѕ post tο him.
Ρгetty ѕure he wіll havе a goοԁ rеaԁ.
Thanκs for sharing!

mу web-site - removing hair

Anonim mengatakan...

Saved as a favorite, Ӏ like your ωeb site!


Here iѕ my homepagе - V2 Cigs Reviews

Anonim mengatakan...

Sωeеt blog! I fοund it ωhile browsing on Yahoo Nеws.
Do уou have any tiрs on how to get listed in Yahоο Nеwѕ?

I've been trying for a while but I never seem to get there! Cheers

My webpage; click the Next internet site

Anonim mengatakan...

Нi tо all, because I am genuinely kеen of reаding this webpage's post to be updated regularly. It contains nice stuff.

my blog v2 cigs review

Anonim mengatakan...

Howdy just wantеd to gіνe you а briеf heaԁs up
and let you know а few of the pіctures агen't loading properly. I'm not sure why but Ӏ think its a linking issue.
I've tried it in two different web browsers and both show the same outcome.

My page - V2 Cigs Review

Anonim mengatakan...

The belt functions to tighten your muscles by contracting
them, and then relaxing them, and then repeating the motion, and it targets all the muscle tissues in your abdominal section.


Stop by my web site :: Http://Www.Prnewswire.Com/

Anonim mengatakan...

For most recent information you have to pay a visit internet and on the web I found this web page as a most
excellent site for most recent updates.

My page: best only

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget