15 Januari 2012

naik betis

pernah pas nyenyak tidur malam tiba-tiba terbangun gara-gara sakit yang sangat di betis kaki?
orang ada yang bilang itu kram, kalo di sini bilangnya 'naiak batih'
kalau bahasa Dorlandnya : spasme otot

biasanya sih muncul gara2 gangguan aliran darah atau kurang lancarnya aliran darah yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah posisi tidur yang menekan pembuluh darah di kaki terlalu lama (posisi kaki terlipat ketika sedang tidur atau posisi bersila) atau bisa juga karena kurangnya asupan kalsium dan potassium. Kalsium berperan untuk kontraksi otot sedangkan potassium atau kalium berperan di dalam relaksasi otot. Apabila kekurangan 2 jenis elektrolit ini maka proses kontraksi-relaksasi otot tidak akan berjalan lancar. Kelelahan dan dehidrasi bisa juga bikin kram. pada penderita penyakit kronik seperti diabetes melitus sering juga mengalaminya karena memang perburukan pada dinding pembuluh darahnya.

trus gimana cara mengatasinya?
pas lagi kambuh itu, segera lompat berdiri dengan satu kaki lagi yang ga sakit, emang rasanya mustahil dengan rasa sakit yang tiba2 itu, tapi percaya aja deh beberapa detik kemudian bakalan ilang sakitnya.
kalau untuk menghindarinya bisa olahraga teratur untuk melancarkan aliran darah di betis, lakukan peregangan otot sebelum berolahraga, jangan terlalu lama berdiri atau usahakan selalu melakukan aktivitas (berjalan atau menggerakkan kaki) setelah berdiri atau duduk lama, dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan potassium (susu dan pisang).



ce dulu pas ga tau gimana caranya ngilanginnya itu rasanya menderitaaa banget, paling bisa naikin kaki sakit itu ke atas dinding, tapi ternyata masih butuh waktu lama juga untuk ngilanginnya, trus dikasi tau sama kak Yani untuk langsung lompat dan berdiri, ternyata bener2 ampuh ^^b

sumber penjelasan : klikdokter.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

"spyder said: "girl don't know GHD MK4.
a few could not help trembling north face jackets for men.
qNda is really not eat ghd purple.
1uSvl 2qWyz ghd straightners

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget