03 Maret 2013

Kawan, ini kabar kematian

Terhitung bulan april silam ce memasuki dunia klinik, dunia yang sungguh hectic, berkumpulnya beragam orang, beragam kondisi, beragam kepentingan.
Dan ce disini belajar, belajar untuk memantaskan diri sebagai dokter yang baik utk pasien2 ce kelak.
Hingga saat ini baru beberapa kali ce melepas kematian pasien, maksud ce, pasien yg sedang ce pegang itu ce lihat kepergiannya.
Di obgyn utk perdananya, ada 2 org, di bedah ada 2 org dan di interne (masih) 1 org.
Sedih?
Takut?
Kasihan?
Nano2, 'tergantung' pasiennya bgmn, ya ampun..udah setega itu kamu ce...
Ga sih, in general ce sedih, gregetan juga kalo ada yg sbnrnya bisa dilakukan utk menunda kematian itu tapi tdk adanya SDM yg terampil dan pelayanan profesional SAAT ITU (para expert buanyak sekali disini) atau fasilitas(lagi2 nyalahin fasilitas) yg ga ada.
2 anggota keluarga terdekat ce jg meninggal disini, kakak dan nenek.
Nyawa milik Allah, ga bisa menggugat kapan Ia akan mengambilnya.

Kemaren, ada pasien yang tiba2 henti nafas, bergegas kami kesana, ternyata sdh terlambat, nothing to do(ini inplisit ya), hanya bisa memastikan kematian beliau dg mendengarkan degub jantungnya, rasakan nadi carotisnya dan melihat pupil matanya.
Bapak itu telah berpulang.
Tapi, yang meremukkan hati adalah ketika dokter yang merawat pasien itu merangkul istri pasien dan menangis terisak memohon maaf.
Ce pribadi, tak sanggup melihatnya. Dan tak sanggup membayangkan bila di posisi dokter tersebut, apakah akan berbesar hati mengakui kesalahan dan meminta maaf atau malah mengeraskan hati dan air muka dan berkata " maaf ibu, bapak sdh berpulang, tolong ikhlaskan"

Mana yang benar?
Mana yang benar?
Mana yang baik?

Ini kabar kematian, kawan..

Tidak ada komentar:

tweets

Follow by Email

temen-temen

Ada kesalahan di dalam gadget ini

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget