04 Januari 2010

Pemeriksaan Ancle-Brachial Index (ABI) pada PAD

Saturday, January 02, 2010, 9:18pm

Yuhuuu… akhirnya datengnya juga liburan (walo Cuma 3 hari T.T), alhamdulillah…

Nah, ada yang notice ga kalo c pernah bilang mo cerita2 tentang materi yang dikasih pas symposium Vascular Surgery Update kemaren ( FK Unand yang ngadain, tanggal 19-20 desember 2009 di Pangeran Beach Hotel) ni?

Ga ada ya?

Ya udah ga jadi…

.

.

.

Hehehe jei-ka, just kidding

C lagi mood nulis nih, tapi ga mungkin juga c ceritain semua materi yang c dengerin (ga semua juga, coz c ada sesi ngantuknya, jadi ga konsen 100% hehehe), ni ada yang lain, kata bapak Dr. Murnizal Dahlan Sp(K)V (dokter konsulen bagian bedah vaskuler di RSCM FKUI yang juga ketua Pesbevi-persatuan ahli bedah vaskuler indonesia-) ini ga terlalu familiar sama dokter2 yang senior yang baru2 mungkin, tetapi ni sangat efektif dalam pemeriksaan PAD, n ternyata bener loh, pas c tanya kakak ko-ass yang udah ngejalanin siklus bedah juga ga tau ABI ni, jadi… mungkin c mo menyampaikan dengan bahasa dan pemahaman c, jadi ada kemungkinan salah2 dikit, ga bisa jadi rujukan bgt lah.


 

ABI ni pemeriksaan untuk PAD, jadi c jelasin PAD dulu dunk?

Ho oh, sip.... lanjut..    

PAD or peripheral arterial disease tu ada juga sih yang nyebut PVD- peripheral venous disease- kenapa bisa gitu? Katanya sih, kan di perifer tu banyakan vena n dia sering ada masalah, jadi sering disamain, oia satu lagi namanya POAD (entah apa kepanjangannya, c ga sempet googling, maap yah). So….mukadimah panjang banget c…

PAD tu macetnya aliran darah or terjadi arteriosklerotik di aortoiliac (arteri iliaka kali ya?) dan atau arteri femoropoliteal(yang udah belajar system organ…inget2 ya…pasti inget dunk dimana nih letaknya arteri ni), jadi kawan2…. arteriosklerotik tu ga hanya di arteri koroner aja yang mnyebabkan PJK (penyakit jantung koroner), eh PAD yang terjadi bagian bawah tubuh ini juga bisa jadi cikal bakal PJK loh, menjadi pertanda awal malahan…

Gejala akutnya itu ; intermittent claudication (huayoo… terminology baru nih c…., hehe udah tau kok pas materi berikutnya), artinya nyeri kalo jalan dengan jarak tertentu , makin parah PAD makin pendek jarak tersebut (hmm.. c outbond ke Batu Busuk tahun lalu jalan juga, nyeri juga, serasa mo dicopot aja tu kaki, hehehe tapi emang tu jalan yang jauh kok, wajar)

Gejala kronisnya : kalo udah terjadi critical limb ischemic (nah lo nah lo, apa lagi nih?, bener2 parah nih bekal terminology seorang ice,kak Dati…..apa ni??? mana di sini ga ada Dorland lagi, gimana dunk?c ragu2 nih dg pemahaman c tentang ischemic tu, kayaknya pendarahan yang ga bener gitulah, aih jangan menyesatkan c… ya udah, googling aja ya kawan..) yang bisa itu ditandai dengan 'pain at rest' – nyeri di kaki saat istirahat, kalo 'noctural rest pain' tu tiba2 kaki kram dan nyeri banget pas lagi enak2 tidur, 'naiak batih' kata orang2 tua(c sering nih, kalo kecapean siangnya), nah gitu.. trus juga adanya gangrene , ni banyak pada kaki diabetes.


 

Tapi… itu kalo yang ada jelas2 dikeluhkan sama pasiennya, celakanya PAD ni kayak fenomena gunung es,hanya 10% yang symptomatic dan 90% yang asymptomatic, nah.. ketauan kan kenapa banyak orang yang arteriosclerotic trus sakit jantung, wong pertanda awalnya aja ga ketauan, ketauannya udah parah aja.

Oh iya…c belom nyebutin factor resikonya kan???

Hmm… udah lompat2 aja c…

Factor resiko yang ga bisa diubah;

laki-laki (kenapa coba?)

pertambahan usia (makin lama dipakai pembuluh darah tu, makin banyak aja yang numpuk sisa2 metabolisme yang tdk sempurna teralirkan, mampet dah)

riwayat keluarga

factor resiko yang bisa diubah (yang mayor);

merokok (no smoking please…. -_-, ga Cuma nyampah diluar tubuh, didalam tubuh juga)

hipertensi

diabetes (coz terjadi metabolic syndrome )

hiperlipidemia

(yang minor);

Homocystenemia

Obesity

Hypercoaguable state

Physical inactivity (olahraga..olagraga… sepeda..sepeda..hohoho..mentang2 :P)


 

Well, sekarang tentang ABI measurement ..

Kata bapak tu sih ni sangat mudah (tapi c belum nyobain pak… :P)

Hanya periksa systole di lengan (arteri brachialis) dan di kaki (arteri dorsalis pedis atau bisa juga arteri tibialis posterior ), trus dibandingin dah

ABI= Ankle SBP(PT or DP)/ Highest Arm SBP


 

ABI value


 

Indicates


 

<0.9


 

0.8-0.9


 

0.5-0.8


 

<0.5


 

<0.25


 

Abnormal


 

Mild PAD


 

Moderate PAD


 

Severe PAD


 

Very Severe PAD

Note: The ABI has limited use in evaluating calcified vessels that are not compressible as in Diabetics


 

So, ABI index tu harus diantara 0,9-1,2, kalo ternyata emang udah diindikasikan PAD maka bisa dilakukan pemeriksaan selanjutnya, kayak Non-invasive tests (arterial duplex, CTA, MRA) dan Invasive test (Conventional angiogram / angiography ) tu kalo symptomatic, kalo asymptomatic cukup ABI measurement aja.

Kalo diliat dari gambarnya ABI tu pake manset buat ngukur tensi darah itu trus pake Doppler (ngeee..ni keluar ujian kemaren nih), Doppler tu ngukur kecepatan aliran darah n juga diameter pembuluh darah.


 

Penatalaksanaan PAD?

Kalo belum parah sih, bisa dengan cara konservatif aja, dilancarin aliran darah tu dengan perbanyak pergerakan kaki yang bergantian, kalo lagi duduk lama2 sering digoyang2, biar darahnya bisa mudah balik lagi ke jantung, kalo abis bediri lama kalo bisa dinaikin kaki ke dinding bentar sebelum tidur atau disangga agar lebih tinggi dari jantung.

Kalo udah parah… serahkanlah pada ahlinya,

Ntar bisa di revaskularisasi, bisa jadi itu angioplasty atau stenting( buat pembuluh darah yang menyempit tu dikasih biomaterial yang bisa menjaga kelebaran normal pembuluh darah itulah) atau mungkin juga operasi by pass (nah, yang ini, entahlah karna c yang ga nyimak atau apa, c juga luput tentang hal ini)


 


 

Errr… ternyata susah juga bercerita kembali tentang hal2 berat kayak gini ya… lamaaa banget mikir2nya pas nulis, takut salah interpretasi, tapi mudah2an ada manfaatnya


 

Ps: c mau sih posting slide powerpoint-nya yang asli, tapi… apa boleh??kan belum izin sama yang bikin…

Ya udahlah, ga usahlah…

1 komentar:

Anonim mengatakan...

pertambahan usia (makin lama dipakai pembuluh darah tu, makin banyak aja yang numpuk sisa2 metabolisme yang tdk sempurna teralirkan, mampet dah)

khaadi stitched collection 2020
khaadi winter collection stitched

tweets

temen-temen

translate it

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian
Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish
Powered by
Grab this widget